RPP PEMELIHARAAN UNIT FINAL DRIVE / GARDAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  SMK Kr. Tagari
Kelas/Semester                   : XII / 5
Alokasi Waktu                    : 12 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  Teknik Kendaraan Ringan
Standar Kompetensi          : Pemeliharaan/servis unit final drive / gardan.
Kompetensi Dasar              :  Mengindentifikasi unit final drive : penggerak, roda depan, belakang dan four wheel drive.

Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§  Prinsip kerja final drive roda depan dan belakang dijelaskan sesuai buku informasi
§  Prinsip kerja final drive four wheel drive dijelaskan sesuai buku informasi
§  Komponen final drive front wheel drive dijelaskan sesuai buku informasi
§  Komponen final drive rear wheel drive dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Komponen final drive four wheel drive dijelaskan sesuai buku informasi

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat mengindentifikasi unit final drive : penggerak, roda depan, belakang dan four wheel drive

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami Prinsip kerja final drive
§  Siswa dapat memahami komponen final drive.
Afektif
§  Siswa dapat mengenal Prinsip kerja final drive
§  Siswa dapat mengenal komponen final drive.
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan Prinsip kerja final drive
§ Siswa dapat menjelaskan komponen final drive.

III.       Materi Pokok
§  Prinsip kerja final drive
§  Komponen final drive

IV.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah, tanya jawab, dikusi, praktek.

V.          Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Memberikan salam.
§  Memimpin doa.
§  Melakukan apersepsi.
§   Menyampaikan materi

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan prinsip kerja final drive penggerak roda depan dan belakang dengan menggali berbagai informasi.
§  Mendeskripsikan prinsip kerja transfer case penggerak empat roda dengan menggali berbagai informasi.
§  Mengidentifikasi komponen final drive penggerak roda depan dengan menggali informasi
§  Mengidentifikasi komponen final drive penggerak roda belakang dengan menggali informasi
§  Mengidentifikasi komponen transfer case four wheel drive dengan menggali informasi.
§  Mengidentifikasi pelumas final drive sesuai spesikasi pada service manual.

KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
§  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi.
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdo’a bersama
VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Modul
§  manual
§  Defrential unit


VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Prinsip kerja final drive roda depan dan belakang dijelaskan sesuai buku informasi
§  Prinsip kerja final drive four wheel drive dijelaskan sesuai buku informasi
§  Komponen final drive front wheel drive dijelaskan sesuai buku informasi
§  Komponen final drive rear wheel drive dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Komponen final drive four wheel drive dijelaskan sesuai buku informasi
Tes Tertulis
observasi
§  Jelaskan prinsip kerja final drive roda depan dan belakang
§  Jelaskan prinsip kerja final drive four wheel drive
§  Jelaskan komponen final drive front wheel drive
§  Jelaskan komponen final drive rear wheel drive
§  Jelaskan komponen final drive four wheel drive


Mengetahui,
Kepala SMK Kr. Tagari



(_________________)


Tagari, 13 Juli  2015
Guru Mata Pelajaran



(________________)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  SMK Kr. Tagari
Kelas/Semester                   : XII / 5
Alokasi Waktu                    : 11 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  Teknik Kendaraan Ringan
Standar Kompetensi          : Pemeliharaan/servis unit final drive / gardan.
Kompetensi Dasar              :  Memelihara/ servis unit final drive Penggerak roda depan.

Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§  Teknik pemeliharaan/servis sistem unit final drive penggerak roda depan dan komponen-komponennya dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Teknik pembongkaran unit final drive roda depan dijelaskan sesuai service manual
§  Pemeriksaan minyak pelumas final drive dilakukan sesuai service manual
§  Pemeriksaan final drive dilakukan berdasarkan bunyi suara dan pengukuran
§  Penggantian komponen final drive dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan
§  Penyetelan final drive dilakukan sesuai service manual.

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat memelihara/ servis unit final drive Penggerak roda depan.

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami teknik pemeliharaan final drive roda depan
§  Siswa dapat memahami penyetelan final drive.
Afektif
§  Siswa dapat mengenal teknik pemeliharaan final drive roda depan
§  Siswa dapat mengenal penyetelan final drive.
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan teknik pemeliharaan final drive roda depan
§  Siswa dapat menjelaskan penyetelan final drive.



III.       Materi Pokok
§  Teknik pemeliharaan final drive roda depan
§  Penyetelan final drive

IV.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah, tanya jawab, dikusi, praktek.

V.          Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Memberikan salam.
§  Memimpin doa. .
§        Menyampaikan materi

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan Teknik pemeliharan final drive dengan menggali informasi pada service manual.
§  Mendeskripsikan teknik pelepasan dan pembongkaran final drive dengan menggali informasi pada service manual.
§  Memeriksa suara dan volume minyak pelumas final drive mengikuti service manual.
§  Melepas final drive dari kendaraan sesuai SOP.)
§  Membongkar komponen final drive  mengikuti prosedur service manual..)
§  Memeriksa kebalingan ring gear  sesuai service manual.
§  Memeriksa keausan pegas ring side gear, pinion gear jenis limiting slip dan porosnya sesuai service manual
§  Memeriksa ring gear dan pinion gear sesuai service manual
§  Menyetel back lash antara side gear dan pinion gear diferential sesuai SOP
§  Mengganti komponen yang rusak berdasarkan hasil pemeriksaan.
§  Menyetel free load pinion gear sesuai SOP
§  Menyetel posisi perkaitan  pinion gear dan ring gear sesuai SOP.
§  Menyetel back lash antara  ring gear secara berkala sesuai SOP
§  Menyetel pre load bantalan samping secara berkala sesuai SOP
§   
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
§  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
§  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui
Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi.
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran. Menyampaikan topik materi yang akan datang
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdo’a bersama

VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Modul
§  manual
§  Defrential unit

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Teknik pemeliharaan/servis sistem unit final drive penggerak roda depan dan komponen-komponennya dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Teknik pembongkaran unit final drive roda depan dijelaskan sesuai service manual
§  Pemeriksaan minyak pelumas final drive dilakukan sesuai service manual
§  Pemeriksaan final drive dilakukan berdasarkan bunyi suara dan pengukuran
§  Penggantian komponen final drive dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan
§  Penyetelan final drive dilakukan sesuai service manual.
Tes Tertulis
observasi
§  Jelaskan teknik pemeliharaan/servis sistem unit final drive penggerak roda depan dan komponen-komponennya
§  Jelaskan teknik pembongkaran unit final drive roda depan dijelaskan sesuai service manual
§  Jelaskan pemeriksaan minyak pelumas final drive dilakukan sesuai service manual
§  Jelaskan pemeriksaan final drive dilakukan berdasarkan bunyi suara dan pengukuran
§  Jelaskan penggantian komponen final drive dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan
§  Jelaskan penyetelan final drive dilakukan sesuai service manual.


Mengetahui,
Kepala SMK Kr. Tagari



(Drs. A. Gallaran, MM)


Tagari , 13 Juli  2015
Guru Mata Pelajaran



(Rahim Untung, S.Pd.)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  SMK Kr. Tagari
Kelas/Semester                   : XII / 5
Alokasi Waktu                    : 11 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  Teknik Kendaraan Ringan
Standar Kompetensi          : Pemeliharaan/servis unit final drive / gardan.
Kompetensi Dasar              :  Memelihara unit final drive penggerak roda belakang.

Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§  Teknik pemeliharaan/servis sistem unit final drive penggerak roda belakang dan komponen-komponennya dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Teknik pembongkaran unit final drive roda belakang dijelaskan sesuai service manual
§  Pemeriksaan minyak pelumas final drive dilakukan sesuai service manual
§  Pemeriksaan final drive dilakukan berdasarkan bunyi suara dan pengukuran
§  Penggantian komponen final drive dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan
§  Penyetelan final drive dilakukan sesuai service manual.

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat memelihara unit final drive penggerak roda belakang.

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami teknik pemeliharaan final drive roda belakang
§  Siswa dapat memahami penyetelan final drive roda belakang.
Afektif
§  Siswa dapat mengenal teknik pemeliharaan final drive roda belakang
§  Siswa dapat mengenal penyetelan final drive roda belakang.
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan teknik pemeliharaan final drive roda belakang
§  Siswa dapat menjelaskan penyetelan final drive roda belakang.


III.       Materi Pokok
§  Teknik pemeliharaan final drive roda belakang
§  Penyetelan final drive roda belakang

IV.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah, tanya jawab, dikusi, praktek.

V.          Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Memberikan salam.
§  Memimpin doa.
§  Menyampaikan materi

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan Teknik pemeliharan final drive dengan menggali informasi pada service manual.
§  Mendeskripsikan teknik pelepasan dan pembongkaran final drive dengan menggali informasi pada service manual
§  Memeriksa suara dan volume minyak pelumas final drive mengikuti service manual. Melepas final drive dari kendaraan sesuai SOP
§  Membongkar komponen final drive  mengikuti prosedur service manual..)
§  Memeriksa kebalingan ring gear  sesuai service manual
§  Memeriksa keausan pegas ring side gear, pinion gear jenis limiting slip dan porosnya sesuai service manual.
§  Memeriksa ring gear dan pinion gear sesuai service manual
§  Menyetel back lash antara side gear dan pinion gear diferential sesuai SOP. Mengganti komponen yang rusak berdasarkan hasil pemeriksaan.
§   Menyetel free load pinion gear sesuai SOP.
§  Menyetel posisi perkaitan  pinion gear dan ring gear sesuai SOP.
§  Menyetel back lash antara  ring gear secara berkala sesuai SOP
§  Menyetel pre load bantalan samping secara berkala sesuai SOP

KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
§  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
§  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
§  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
§  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.)

Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi.
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama


VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Modul
§  manual
§  Defrential unit

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Teknik pemeliharaan/servis sistem unit final drive penggerak roda depan dan komponen-komponennya dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Teknik pembongkaran unit final drive roda depan dijelaskan sesuai service manual
§  Pemeriksaan minyak pelumas final drive dilakukan sesuai service manual
§  Pemeriksaan final drive dilakukan berdasarkan bunyi suara dan pengukuran
§  Penggantian komponen final drive dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan
§  Penyetelan final drive dilakukan sesuai service manual.
Tes Tertulis
observasi
§  Jelaskan teknik pemeliharaan/servis sistem unit final drive penggerak roda depan dan komponen-komponennya
§  Jelaskan teknik pembongkaran unit final drive roda depan dijelaskan sesuai service manual
§  Jelaskan pemeriksaan minyak pelumas final drive dilakukan sesuai service manual
§  Jelaskan pemeriksaan final drive dilakukan berdasarkan bunyi suara dan pengukuran
§  Jelaskan penggantian komponen final drive dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan
§  Jelaskan penyetelan final drive dilakukan sesuai service manual.


Mengetahui,
Kepala SMK Kr. Tagari



(_________________)


Tagari, 13 Juli  2015
Guru Mata Pelajaran



(________________)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  SMK Kr. Tagari
Kelas/Semester                   : XII / 5
Alokasi Waktu                    : 11 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  Teknik Kendaraan Ringan
Standar Kompetensi          : Pemeliharaan/servis unit final drive / gardan.
Kompetensi Dasar              :  Memelihara unit final drive empat roda.

Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§  Teknik pemeliharaan transfer case dijelaskan sesuai service manual.
§  Teknik pelepasan dan pembongkaran transfer case dari kendaraan dijelaskan sesuai service manual
§  Pelepasan dan pembongkaran transfer case dilakukan sesuai service manual
§  Pemeriksaan komponen transfer case dilakukan secara visual dan pengukuran
§  Penggantian komponen dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan
§  Perakitan transfer case dilakukan sesuai service manual
§  Pemasangan transfer case pada kendaraan dilakukan sesuai service manual.

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat memelihara unit final drive empat roda.

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami teknik pemeliharaan transfer case
§  Siswa dapat memahami teknik pelepasan dan pembongkaran transfer case dari kendaraan
§  Siswa dapat memahami Penggantian komponen transfer case.
Afektif
§  Siswa dapat mengenal teknik pemeliharaan transfer case
§  Siswa dapat mengenal teknik pelepasan dan pembongkaran transfer case dari kendaraan
§  Siswa dapat mengenal Penggantian komponen transfer case.
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan teknik pemeliharaan transfer case
§  Siswa dapat menjelaskan teknik pelepasan dan pembongkaran transfer case dari kendaraan
§  Siswa dapat menjelaskan Penggantian komponen transfer case.


III.       Materi Pokok
§  Pemeliharaan transfer case
§  Penggantian komponen transfer case

IV.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah, tanya jawab, dikusi, praktek.

V.          Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Memberikan salam. Memimpin doa.
§  Melakukan apersepsi.
§  Menyampaikan materi.


Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan Teknik pemeliharan final drive dengan menggali informasi pada service manual.
§  Mendeskripsikan teknik pelepasan dan pembongkaran final drive dengan menggali informasi pada service manual
§  Memeriksa suara dan volume minyak pelumas final drive mengikuti service manual. Melepas final drive dari kendaraan sesuai SOP.
§  Membongkar komponen final drive  mengikuti prosedur service manual
§  Memeriksa kebalingan ring gear  sesuai service manual
§  Memeriksa keausan pegas ring side gear, pinion gear jenis limiting slip dan porosnya sesuai service manual.
§  Memeriksa ring gear dan pinion gear sesuai service manual. Menyetel back lash antara side gear dan pinion gear diferential sesuai SOP.
§   Mengganti komponen yang rusak berdasarkan hasil pemeriksaan.
§   Menyetel free load pinion gear sesuai SOP
§  Menyetel posisi perkaitan  pinion gear dan ring gear sesuai SOP.
§  Menyetel back lash antara  ring gear secara berkala sesuai SOP.
§  Menyetel pre load bantalan samping secara berkala sesuai SOP

KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
§  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
§  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
§  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui

Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi. Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama

VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Modul
§  manual
§  Defrential unit

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Teknik pemeliharaan transfer case dijelaskan sesuai service manual.
§  Teknik pelepasan dan pembongkaran transfer case dari kendaraan dijelaskan sesuai service manual
§  Pelepasan dan pembongkaran transfer case dilakukan sesuai service manual
§  Pemeriksaan komponen transfer case dilakukan secara visual dan pengukuran
§  Penggantian komponen dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan
§  Perakitan transfer case dilakukan sesuai service manual
§  Pemasangan transfer case pada kendaraan dilakukan sesuai service manual.
Tes Tertulis
observasi
§  Jelaskan teknik pemeliharaan transfer case dijelaskan sesuai service manual.
§  Jelaskan teknik pelepasan dan pembongkaran transfer case dari kendaraan dijelaskan sesuai service manual
§  Jelaskan pelepasan dan pembongkaran transfer case dilakukan sesuai service manual
§  Jelaskan pemeriksaan komponen transfer case dilakukan secara visual dan pengukuran
§  Jelaskan penggantian komponen dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan
§  Jelaskan perakitan transfer case dilakukan sesuai service manual
§  Jelaskan pemasangan transfer case pada kendaraan dilakukan sesuai service manual.

Mengetahui,
Kepala SMK Kr. Tagari



(____________________)


Tagari, 13 Juli  2015
Guru Mata Pelajaran



( ___________________.)




SENSOR-SENSOR POSISI DAN KECEPATAN

Fungsi:

Memberitahukan kepada ECM tentang posisi, kecepatan dan perubahan dari kecepatan suatu komponen.

Jenis-jenis:
1.           Sensor Posisi Camshaft (disebut juga G-sensor), mendeteksi posisi camshaft.
2.           Sensor Posisi Crankshaft (disebut juga Ne-sensor), mendeteksi posisi crankshaft.
3.           Sensor Kecepatan Kendaraan (Vehicle speed sensor), mendeteksi perubahan kecepatan kendaraan.

Gambar penempatan:

Sensor-sensor jenis di atas memiliki sebuah magnet permanen, yoke, dan lilitan. Sensor-sensor ini dipasangkan berhadapan dengan sebuah gigi dari gear. Setiap ada pergerakan dari gigi gear ini akan menimbulkan sebuah pulsa tegangan AC sebagai hasil dari induksi lilitan dengan magnet. ECM menentukan kecepatan komponen berdasarkan putaran dari banyakanya pulsa. Banyaknya pulsa per detik merupakan frekuensi dari sinyal.

Sensor Reluktance Pick-up Coil (Variable reluctance)

Suatu hal yang sangat penting dalam pemasangan sensor reluktan adalah jarak antara rotor dan lilitan pick-upnya. Semakin renggang jarak antar keduanya maka sinyal AC yang keluar semakin lemah.

Tidak semua rotor memiliki gigi. Kadang-kadang diberikan lubang lekukan yang memiliki efek yang sama dengan gigi.

Seperti yang telah dijelaskan bahwa sensor reluktans memproduksi sinyal tegangan AC, dan dia tidak memerlukan catu tegangan dari luar. Ciri yang umum dan mudah di lihat adalah sensor ini memiliki dua buah kabel penghubung sinyal AC.

Kabelnya dirancang khusus secara kembar dan terlindungi dari interferensi listrik luar yang mungkin dapat mempengaruhi sinyal.

Sensor Camshaft (Sensor G)

Dengan mengetahui posisi camshaft, ECM dapat menentukan kapan siinder nomor I berada pada langkah kompresi. ECM memanfaatkan informasi ini untuk menentukan waktu:
·                 penginjeksian bahan bakar;
·                 sistem pengapian; dan
·                 sistem pengontrolan katup variable.
Sensor ini dipasang dekat salah satu dari camshaft. Pada mesin jenis V dipasang satu sensor untuk setiap bank silinder. Pada mesin dengan sistem pengapian distributor, sensor ini disebut sensor G dan ditematkan di dalam distributor.

Sinyal tegangan AC yang dihasilkan adalah proporsional dengan kecepatan camshaft. Oleh sebab itu semakin cepat camshaft berputar semakin tinggi frekuensi yang dihasilkan.


Terminal untuk sensor camshaft pada ECM diberi tanda dengan huruf G, dan pada beberapa model huruf G diikti dengan huruf sepsifik misalnya G22.

Variable Valve Position Sensor

Pada sistem VVT-I, sensor camshaft disebut sebagai sensor posisi katup variable (Variable Valve Position Sensor)


Sensor Posisi Crankshaft (Crankshaft Position Sensor - NE Sensor

ECM memanfaatkan sinyal crankshaft untuk menentukan:
  • RPM mesin;
  • Posisi crankshaft; dan
  • engin misfire.
Sinyal ini (yang biasa disebut sinyal NE) dikombinasikan dengan sinyal G (yang mengindikasikan silinder dalam langkah kompresi), dari kedua sinyal ini ECM dapat menentukan pemerogramman urutan pengapian mesin (firing order). 




Sensor kecepatan kendaraan (Vehicle Speed Sensor-VSS)
ECM memakai sinyal VSS untuk memodifikasi fungsi-sungsi mesin dan melakukan diagnosa rutin. Sinyal VSS bersumber dari sebuah sensor yang mengukur kecepatan transmisi/transaxle atau kecepatan roda. Beberapa perbedaan dari sensor yang digunakan tergantung pada model kendaraannya.

Pada beberapa kendaraan, sinyal VSS diproses dalam meter kombinasi dan kemudian dikirimkan ke ECM. Di dalam beberapa kendaraan yang dilengkapi dengan sistem pengereman ABS, sinyal diproses di dalam sistem computer ABS, dan kemudian computer ABS mengirimkannya ke meter kombinasi dan ke ECM. Keterangan lebih rinci dapat dilihat pada setiap wiring diagram masing-masing kendaraan.


VSS jenis lilitan Pick-Up (Variable Reluctance)
VSS jensi ini beroperasi berdasarkan pada teknik reluktansi variable seperti yang telah kita bahas terdahulu. Dia dipakai untuk mengukur kecepatan yang dihasilkan oleh transmisi/transaxle atau roda tergantung pada dimana dia ditempatkan.

VSS Magnetic Resistance Element (MRE)
VSS jenis MRE digerakkan dengan shaft keluaran pada sebuah transmisi atau gear keluaran pada transaxle. Sensor ini menggunakan sebuah cincin magnetic yang berputar ketika shaft keluaran berputar. MRE mendeteksi perubahan medan magnet disekitarnya. Sinyal ini dikondisikan di dalam VSS diproses sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah sinyal digital. Sinyal digital ini kemudian dikirimkan ke meter kombiasi dan ke ECM. Sensor MRE memerlukan catu daya luar oleh sebab itu ciri khasnya adalah dia memiliki tiga kabel; satu ground, satu catu daya IGN, dan satu kabel keluaran digital.


VSS Jenis Reed Switch
VSS jenis Reed switch digerakkan oleh kabel speedometer, komponen utamanya adalah sebuah magnet, reed switch, dan kabel speedometer. Magnet berputar menggerakkan reed switch untuk membuka atau menutup kontaktor sebanyak empat kali setiap putarannya. Aksi ini menghasilkan 4 pulsa setiap putaran. Kemudian sinyal ini dikirim ke ECM guna menentukan kecepatan kendaraan.
-------------------------------------------