RPP GAMBAR TEKNIK OTOMOTIF / TKR

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  SMK NUSANTARA
Kelas/Semester                   : X / I
Alokasi Waktu                    : 30 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  Dasar Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi          : 1.      Menginterprestaikan Gambar Teknik
Kompetensi Dasar              :  1.1    Menjelaskan standar menggambar teknik.

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
§  Ukuran - ukuran gambar dijelaskan sesuai aturan stándar ISO
§  Tanda-tanda atau simbol gambar  dijelaskan sesuai aturan stándar ISO
§  Gambar teknik dideskripsikan sesuai aturan proyeksi

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat menjelaskan standar menggambar teknik.

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami ukuran-ukuran gambar dijelaskan sesuai aturan stándar ISO
§  Siswa dapat memahami tanda-tanda atau simbol gambar  sesuai aturan stándar ISO
§  Siswa dapat memahami gambar teknik dideskripsikan sesuai aturan proyeksi
Afektif
§  Siswa dapat mengenal ukuran-ukuran gambar dijelaskan sesuai aturan stándar ISO
§  Siswa dapat mengenal tanda-tanda atau simbol gambar  sesuai aturan stándar ISO
§  Siswa dapat mengenal gambar teknik dideskripsikan sesuai aturan proyeksi
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan ukuran-ukuran gambar dijelaskan sesuai aturan stándar ISO
§  Siswa dapat menjelaskan tanda-tanda atau simbol gambar  sesuai aturan stándar ISO
§  Siswa dapat menjelaskan gambar teknik dideskripsikan sesuai aturan proyeksi

III.       Materi Pokok
§  Ukuran-ukura gambar
§  Simbol-simbol/tanda penggambaran
§  Proyeksi

IV.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Demostrasi
§  Tanya jawab
§  Diskusi
§  Praktek

V.          Langkahlangkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Salam pembuka
§  Berdoa sebelummemulai pelajaran
§  Memeriksa jumlahpeserta didik
§  Penjelasan singkat tentang materi yangakan diajarkan
§  Penjelasan tentang tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan ukuran-ukuran gambar (kertas, garis, huruf) dan alat-alat gambar dengan menggali informasi pada buku gambar
§  Mendeskripsikan tanda/simbol pengerjaan dan toleransi  dengan menggali informasi pada buku gambar
§  Mendeskripsikan teknik penggambaran proyeksi orthogonal berdasarkan gambar piktorial
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Melakukan latihan menggambar proyeksi dan pemberian tanda-tanda pengerjaan serta ukura mengacu Standar ISO Menggunakan alat gambar sesuai ketentuan

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi.
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama

VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Modul
§  Internet
§  Buku gambar teknik
§  Buku spect produk dari perusahaan
§  Alat 2 gambar
§  Alat bantu mengajar lain
VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Ukuran ukuran gambar dijelaskan sesuai aturan stándar ISO
§  Tanda-tanda atau simbol gambar  dijelaskan sesuai aturan stándar ISO
§  Gambar teknik dideskripsikan sesuai aturan proyeksi
Tes Tertulis
observasi
§  Jelaskan Ukuran ukuran gambar sesuai aturan stándar ISO
§  Jelaskan Tanda-tanda atau simbol gambar  sesuai aturan stándar ISO
§  Jelaskan Gambar teknik dideskripsikan sesuai aturan proyeksi


Mengetahui,
Kepala SMK NUSANTARA



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  2015
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  SMK NUSANTARA
Kelas/Semester                   : X / I
Alokasi Waktu                    : 30 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  Dasar Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi          : 1. Menginterprestaikan Gambar Teknik
Kompetensi Dasar              :  1.2 Menggambar perspektif, proyeksi, pandangan dan potongan

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
§  Pembaca gambar-gambar komponen sesuai standard operasional perusahaan otomotif.
§  Pembaca wiring diagram sesuai standard  operasional perusahaaan.

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat menjelaskan standar menggambar teknik.

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami gambar-gambar komponen sesuai standard operasional perusahaan otomotif.
§  Siswa dapat memahami wiring diagram sesuai standard  operasional perusahaaan
Afektif
§  Siswa dapat mengenal gambar-gambar komponen sesuai standard operasional perusahaan otomotif.
§  Siswa dapat mengenal wiring diagram sesuai standard  operasional perusahaaan
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan gambar-gambar komponen sesuai standard operasional perusahaan otomotif.
§  Siswa dapat menjelaskan wiring diagram sesuai standard  operasional perusahaaan


III.       Materi Pokok
§  Gambar-gambar komponen .
§  Gambar gambar potongan.
§  Wiring diagram.
§  Diagram alur fluida dan tenaga.

IV.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Demonstrasi
§  Tanya jawab
§  Diskusi
§  Praktek

V.          Langkahlangkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Salam pembuka
§  Berdoa sebelummemulai pelajaran
§  Memeriksa jumlahpeserta didik
§  Penjelasan singkattentang materi yangakan diajarkan
§  Penjelasan tentang tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Siswa mempelajari jenis- jenis gambar perspektis,proyeksi, pandangan danpotongan
§  Siswa menggambar perspektif, proyeksipandangan dan potongan
§  Interaksi dengan tanya jawab antara guru dan siswa.

KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Membuat gambar piktorial sesuai stándar penggambaran ISO
§  Membuat gambar ortogonal sesuai stándar penggambaran ISO
§  Membuat gambar perspektif sesuai stándar penggambaran ISO
§  Membuat gambar wiring sesuai kaidah penggambaran teknik
§  Membuat gambar diagram alur sesuai kaidah penggambaran teknik
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi.
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama

VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Modul
§  Internet
§  Buku gambar teknik
§  Buku spect produk dari perusahaan
§  Alat 2 gambar
§  Alat bantu mengajar lain


VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Pembaca gambar-gambar komponen sesuai standard operasional perusahaan otomotif.
§  Pembaca wiring diagram sesuai standard  operasional perusahaaan.
Tes Tertulis
observasi
§  Sebutkan gambar-gambar komponen sesuai standard operasional perusahaan otomotif.
§  Jelaskan wiring diagram sesuai standard  operasional perusahaaan.


Mengetahui,
Kepala SMK NUSANTARA



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  2015
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  SMK NUSANTARA
Kelas/Semester                   : X / I
Alokasi Waktu                    : 30 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  Dasar Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi          : 1.   Menginterprestaikan Gambar Teknik
Kompetensi Dasar              :  1.3 Menjelaskan symbol-simbol kelistrikan

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
§  Simbol-simbol kelistrikan dijelaskan sesuai standar kelistrikan otomotif
§  Penggambaran simbol-simbol kelistrikan dilakukan sesuai kaidah penggambaran teknik

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat menjelaskan symbol-simbol kelistrikan.

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami simbol-simbol kelistrikan dijelaskan sesuai standar kelistrikan otomotif
§  Siswa dapat memahami gambar simbol-simbol kelistrikan dilakukan sesuai kaidah penggambaran teknik
Afektif
§  Siswa dapat mengenal simbol-simbol kelistrikan dijelaskan sesuai standar kelistrikan otomotif
§  Siswa dapat mengenal gambar simbol-simbol kelistrikan dilakukan sesuai kaidah penggambaran teknik
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan simbol-simbol kelistrikan dijelaskan sesuai standar kelistrikan otomotif
§  Siswa dapat menjelaskan gambar simbol-simbol kelistrikan dilakukan sesuai kaidah penggambaran teknik


III.       Materi Pokok
§  Gambar-gambar simbol kelistrikan

IV.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Demonstrasi
§  Tanya jawab
§  Diskusi
§  Praktek

V.          Langkahlangkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Salam pembuka
§  Berdoa sebelummemulai pelajaran
§  Memeriksa jumlahpeserta didik
§  Penjelasan singkattentang materi yangakan diajarkan
§  Penjelasan tentang tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan simbol-simbol kelistrikan dengan menggali informasi pada wiring diagram kendaraan ringan
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Menggambar simbol-simbol pada wiring diagram sesuai lembaran kerja
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdo’a bersama
VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Modul
§  Internet
§  Buku gambar teknik
§  Buku spect produk dari perusahaan
§  Alat 2 gambar
§  Alat bantu mengajar lain

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Simbol-simbol kelistrikan dijelaskan sesuai standar kelistrikan otomotif
§  Penggambaran simbol-simbol kelistrikan dilakukan sesuai kaidah penggambaran teknik
Tes Tertulis
observasi
§  Jelaskan Simbol-simbol kelistrikan sesuai standar kelistrikan otomotif
§  Sebutkan gambaran simbol-simbol kelistrikan dilakukan sesuai kaidah penggambaran teknik


Mengetahui,
Kepala SMK NUSANTARA



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  2015
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  SMK NUSANTARA
Kelas/Semester                   : X / I
Alokasi Waktu                    : 30 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  Dasar Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi          : 4.   Menginterprestaikan Gambar Teknik
Kompetensi Dasar              :  4.4 Membaca wiring diagram

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
§  Teknik pembacaan wiring diagran dilakukan sesuai service manual
§  Pembacaan wiring diagram dilakukan melalui gambar

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat membaca wiring diagram.

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami teknik pembacaan wiring diagran dilakukan sesuai service manual
§  Siswa dapat memahami membacaan wiring diagram dilakukan melalui gambar
Afektif
§  Siswa dapat mengenal teknik pembacaan wiring diagran dilakukan sesuai service manual
§  Siswa dapat mengenal membacaan wiring diagram dilakukan melalui gambar
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan teknik pembacaan wiring diagran dilakukan sesuai service manual
§  Siswa dapat menjelaskan wiring diagram dilakukan melalui gambar


III.       Materi Pokok
§  Gambar Wiring diagram.
§  Diagram alur fluida dan tenaga.

IV.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Demonstrasi
§  Tanya jawab
§  Diskusi
§  Praktek

V.          Langkahlangkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Salam pembuka
§  Berdoa sebelummemulai pelajaran
§  Memeriksa jumlahpeserta didik
§  Penjelasan singkattentang materi yangakan diajarkan
§  Penjelasan tentang tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan pembacaan gambar wiring diagram melalui service manual
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Membuat gambar wiring piktorial sesuai lembaran kerja
§  Membuat gambar diagram alur secara piktorial sesuai lembaran kerja
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi.
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama

VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Modul
§  Internet
§  Buku gambar teknik
§  Buku spect produk dari perusahaan
§  Alat 2 gambar
§  Alat bantu mengajar lain

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Teknik pembacaan wiring diagran dilakukan sesuai service manual
§  Pembacaan wiring diagram dilakukan melalui gambar
Tes Tertulis
observasi
§  Sebutkan Teknik wiring diagran dilakukan sesuai service manual
§  Sebutkan wiring diagram dilakukan melalui gambar


Mengetahui,
Kepala SMK NUSANTARA



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  2015
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  SMK NUSANTARA
Kelas/Semester                   : X / I
Alokasi Waktu                    : 30 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  Dasar Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi          : 1.   Menginterprestaikan Gambar Teknik
Kompetensi Dasar              :  1.5 Menginter pretasikan gambar teknik dan rangakaian

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
§  Pembacaan gambar-gambar komponen dilakukan sesuai standard operasional perusahaan otomotif

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat menginter pretasikan gambar teknik dan rangakaian.

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami gambar-gambar komponen dilakukan sesuai standard operasional perusahaan otomotif
Afektif
§  Siswa dapat mengenal gambar-gambar komponen dilakukan sesuai standard operasional perusahaan otomotif
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan gambar-gambar komponen dilakukan sesuai standard operasional perusahaan otomotif


III.       Materi Pokok
§  Gambar-gambar bagian.
§  Gambar gambar potongan.

IV.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Demonstrasi
§  Tanya jawab
§  Diskusi
§  Praktek

V.          Langkahlangkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Salam pembuka
§  Berdoa sebelummemulai pelajaran
§  Memeriksa jumlahpeserta didik
§  Penjelasan singkattentang materi yangakan diajarkan
§  Penjelasan tentang tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Siswa menggaliinformasi mengenaigambar rangkaiankelistrikan
§  Guru mengevaluasisecara lisan hasilpenggalian informasi
§  Siswa mempelajarirangkaian kelistrikanotomotif 
§  Siswa menjelaskanmakna dan cara kerja dariwiring diagram
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Membuat gambar piktorial
§  Membuat gambar ortogonal
§  Membuat gambar perspektif
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi.
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama

VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Modul
§  Internet
§  Buku gambar teknik
§  Buku spect produk dari perusahaan
§  Alat 2 gambar
§  Alat bantu mengajar lain

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Pembacaan gambar-gambar komponen dilakukan sesuai standard operasional perusahaan otomotif
Tes Tertulis
observasi
§  Sebutkan gambar-gambar komponen dilakukan sesuai standard operasional perusahaan otomotif



Mengetahui,
Kepala SMK NUSANTARA



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  2015
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :

1 comment:

Terimah kasih sudah berkunjung, Silahkan tinggalkan komentar.