Nama Sekolah : SMK NUSANTARA
Kelas/Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 10 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian : Teknologi
Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian : Teknik
Otomotif
Kompetensi Keahlian : 1. Teknik
Kendaraan Ringan (020)
Standar Kompetensi : 1.
Memperbaiki
sistem hidraulik dan kompresor Udara
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengindentifikasi sistem hidraulik
Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§ Prinsip dasar sistem hydrolik dijelaskan sesuai buku informasi.
§ Grafik simbol sistem hidrolik dijelaskan
sesuai buku informasi
§ Komponen-komponen hidraulik peralatan
bengkel otomotif dijelaskan sesuai service manual
§ Trace flow sirkuit sistem hidrolik
dijelaskan sesuai buku informasi
§ Jenis cairan hidrolik dijelas kan sesuai spesifikasi
dan karakteristiknya
I.
Tujuan Pembelajaran
§
Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat mengindentifikasi
sistem hidraulik.
II.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§ Siswa dapat memahami prinsip dasar
sistem hydrolik.
§ Siswa dapat memahami grafik simbol sistem
hidrolik
§ Siswa dapat memahami komponen-komponen
hidraulik peralatan bengkel otomotif
§ Siswa dapat memahami trace flow sirkuit
sistem hidrolik
§ Siswa dapat memahami jenis cairan hidrolik
Afektif
§ Siswa dapat mengenal prinsip dasar
sistem hydrolik.
§ Siswa dapat mengenal grafik simbol sistem
hidrolik
§ Siswa dapat mengenal komponen-komponen
hidraulik peralatan bengkel otomotif
§ Siswa dapat mengenal trace flow sirkuit
sistem hidrolik
§ Siswa dapat mengenal jenis cairan hidrolik
Psikomotor
§ Siswa dapat menjelaskan prinsip dasar
sistem hydrolik.
§ Siswa dapat menjelaskan grafik simbol
sistem hidrolik
§ Siswa dapat menjelaskan komponen-komponen
hidraulik peralatan bengkel otomotif
§ Siswa dapat menjelaskan trace flow sirkuit
sistem hidrolik
§ Siswa dapat menjelaskan jenis cairan
hidrolik
III. Materi Pokok
§ Prinsip dasar kerja hidraulik
§ Grafik simbol
§ Komponen hidraulik
§ Jenis cairan hidrolik
IV. Metode Pembelajaran
§ Informasi
§ Penugasan
§ Observasi
§ Diskusi
§ Praktek
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§ Memberikan salam.
§ Memimpin doa.
§ Melakukan apersepsi.
§ Menyampaikan materi.
Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Mendeskripsikan pengertian satuan
besaran skalar dan besaran
vektor dengan menggali berbagai informasi
§ Mempelajari prinsip dasar mekanika statika
dengan cara mengali informasi dari Modul. Mempelajari menerapkan besaran vektor
dengan cara mengali imdomasi dari Modul Mempelajari pengertian konsep gaya
§ Mendeskripsikan momen dan kopel
§ Mendeskripsikan penjumlahan gaya melalui
pengerjaan soal-soal latihan.
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§ membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna
§ memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan
lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
§ memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan
masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
§ memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan
kolaboratif
§ memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar
§ memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
§ memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual
maupun kelompok
§ memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival,
serta produk yang dihasilkan
§
memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§
Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§ Mendiskusikan materi.
§ Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§ Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§ Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdo’a bersama
V.
Alat dan Sumber Belajar
§ Modul pemeliharaan kompressor
§ Buku manual
§ Unit kompressor
§ Alat-alat tangan
VI. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
§
Prinsip
dasar sistem hydrolik dijelaskan
sesuai buku informasi.
§
Grafik
simbol sistem hidrolik dijelaskan sesuai buku informasi
§
Komponen-komponen
hidraulik peralatan bengkel otomotif dijelaskan sesuai service manual
§
Trace
flow sirkuit sistem hidrolik dijelaskan sesuai buku informasi
§
Jenis
cairan hidrolik dijelas kan sesuai spesifikasi dan karakteristiknya
|
Tes Tertulis
|
observasi
|
§
Jelaskan
Prinsip dasar sistem hydrolik.
§
Jelaskan
Grafik simbol sistem hidrolik. (C1)
§
Jelaskan
Komponen-komponen hidraulik peralatan bengkel otomotif sesuai service manual (C1)
§
Jelaskan
Trace flow sirkuit sistem hidrolik. (C1)
§
Jelaskan
Jenis cairan hidrolik sesuai spesifikasi dan karakteristiknya (C1)
|
Mengetahui,
Kepala SMK ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
….…..,………………… 2015
Guru Mata Pelajaran
(_______________________)
NIP/NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMK NUSANTARA
Kelas/Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 10 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian : Teknologi
Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian : Teknik
Otomotif
Kompetensi Keahlian : 1. Teknik
Kendaraan Ringan (020)
Standar Kompetensi : 1.
Memperbaiki sistem
hidraulik dan kompresor Udara
Kompetensi Dasar : 1.2 Pemasangan sistem hidraulik
Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§ Gambar scematik sistem hidraulik benda
kerja (Hidrolik Press, lift car, floor jack, hand clift) dijelaskan sesuai
katalog produk
§ Teknik pemasangan unit hidrolik dilakukan
sesuai service manual
§ Peralatan pemasangan dipilih sesuai
tuntutan pekerjaan
§ Pemasangan unit hidrolik dilakukan sesuai
service manual
§ Pengoperasian sistem dilakukan sesuai SOP
I.
Tujuan Pembelajaran
§
Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat pemasangan sistem hidraulik.
II.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§ Siswa dapat memahami System hidrolik pada kendaraan
Afektif
§ Siswa dapat mengenal System hidrolik pada kendaraan
Psikomotor
§ Siswa dapat menjelaskan System hidrolik pada kendaraan
§ Siswa dapat memperbaiki sistem hidraulik dan kompresor Udara
III. Materi Pokok
§ System hidrolik pada
kendaraan
IV. Metode Pembelajaran
§ Informasi
§ Penugasan
§ Observasi
§ Diskusi
§ Demonstrasi
V.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§ Memberikan salam.
§ Memimpin doa.
§ Melakukan apersepsi.
§ Menyampaikan materi.
Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Mendeskripsikan gambar skematik sistem
hidrolik unit benda kerja dengan menggali informasi pada katalog produk
§ Mendeskripsikan teknik pemasangan sistem
hidrolik unit benda kerja dengan menggali informasi pada katalog produk.
§ Memilih peralatan pemasangan sesuai
tuntutan pekerjaan.
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§ Memasang komponen hidrolik unit benda kerja sesuai service manual.
§ Mengoperasikan unit hidrolik hasil pemasangan sesuai petunjuk
operasI.
§ membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna
§ memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan
lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
§ memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan
masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
§ memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
§ memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar
§ memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
§ memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual
maupun kelompok; memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen,
festival, serta produk yang dihasilkan
§ memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§
Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§ Mendiskusikan materi
§ Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§ Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§ Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdo’a bersama
VI. Alat dan Sumber Belajar
§ Modul pemeliharaan kompressor
§ Buku manual
§ Unit kompressor
§ Alat-alat tangan
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
§
Gambar
scematik sistem hidraulik benda kerja (Hidrolik Press, lift car, floor jack,
hand clift) dijelaskan sesuai katalog produk
§
Teknik
pemasangan unit hidrolik dilakukan sesuai service manual
§
Peralatan
pemasangan dipilih sesuai tuntutan pekerjaan
§
Pemasangan
unit hidrolik dilakukan sesuai service manual
§
Pengoperasian
sistem dilakukan sesuai SOP
|
Tes Tertulis
|
observasi
|
§
Jelaskan
gambar scematik sistem hidraulik benda kerja (Hidrolik Press, lift car, floor
jack, hand clift) (C1)
§
Jelaskan
cara teknik pemasangan unit hidrolik dilakukan sesuai service manual (C1)
§
Jelaskan
peralatan pemasangan dipilih sesuai tuntutan pekerjaan (C1)
§
Jelaskan cara pemasangan unit hidrolik dilakukan
sesuai service manual (C1)
§
Jelaskan
cara pengoperasian sistem dilakukan sesuai SOP (C1)
|
Mengetahui,
Kepala SMK ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
….…..,………………… 2015
Guru Mata Pelajaran
(_______________________)
NIP/NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMK NUSANTARA
Kelas/Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 10 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian : Teknologi
Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian : Teknik
Otomotif
Kompetensi Keahlian : 1. Teknik
Kendaraan Ringan (020)
Standar Kompetensi : 1.
Memperbaiki
sistem hidraulik dan kompresor Udara
Kompetensi Dasar : 1.3 Pengujian sistem hidraulik
Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§ Teknik pengujian sistem hidraolik
dijelaskan sesuai service manual
§ Pengoperasian hydraulic pessure gauge
dijelaskan sesuai lembaran operasi
§ Pengujian dilakukan dengandan tanpa beban
pada unit yang baru dipasang
I.
Tujuan Pembelajaran
§
Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat Pengujian sistem
hidraulik.
II.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§ Siswa dapat memahami Teknik pengujian
sistem hidraolik
Afektif
§ Siswa dapat mengenal Teknik pengujian
sistem hidraolik
Psikomotor
§ Siswa dapat menjelaskan Teknik pengujian
sistem hidraolik
§ Siswa dapat memperbaiki sistem hidraulik dan kompresor Udara
III. Materi Pokok
§ Teknik pengujian
§ Pengujian unit sistem hidrolik
IV. Metode Pembelajaran
§ Informasi
§ Penugasan
§ Observasi
§ Diskusi
§ Demonstrasi
V.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§ Memberikan salam.
§ Memimpin doa.
§ Melakukan apersepsi.
§ Menyampaikan materi.
Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Mendeskripsikan teknik pengujian unit sistem hidraulik dengan
menggali informasi pada service manual unit yang diuji.
§ Mendeskripsikanpenggunaan dan pembacaan alat uji sesuai SOP.
§ Menguji unit peralatan hidraulik pada bengkel otomotif sesuai
service manual
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§ Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna
§ Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan
lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
§ Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan
masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
§ Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan
kolaboratif;
§ Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar
§ Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
§ Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun
kelompok
§ Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival,
serta produk yang dihasilkan
§ Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§ Mendiskusikan materi.
§ Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§ Menyampaikan topik materi yang akan dating
§ Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
VI. Alat dan Sumber Belajar
§ Modul pemeliharaan kompressor
§ Buku manual
§ Unit kompressor
§ Alat-alat tangan
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
§
Teknik
pengujian sistem hidraolik dijelaskan sesuai service manual
§
Pengoperasian
hydraulic pessure gauge dijelaskan sesuai lembaran operasi
§
Pengujian
dilakukan dengandan tanpa beban pada unit yang baru dipasang
|
Tes Tertulis
|
observasi
|
§
Jelaskan
teknik pengujian sistem hidraolik dijelaskan sesuai service manual
§
Jelaskan
pengoperasian hydraulic pessure gauge dijelaskan sesuai lembaran operasi
§
Jelaskan
pengujian dilakukan dengandan tanpa beban pada unit yang baru dipasang
|
Mengetahui,
Kepala SMK ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
….…..,………………… 2015
Guru Mata Pelajaran
(_______________________)
NIP/NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMK NUSANTARA
Kelas/Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 10 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian : Teknologi
Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian : Teknik
Otomotif
Kompetensi Keahlian : 1. Teknik
Kendaraan Ringan (020)
Standar Kompetensi : 1.
Memperbaiki
sistem hidraulik dan kompresor Udara
Kompetensi Dasar : 1.4 Memelihara sistem
hidraulik.
Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§ Teknik pemeliharaan komponen unit hidrolik dijelaskan sesuai service manual
§ Pemeriksaan sambungan-sambungan dilakukan
sesuai service manual
§ Pemeriksaan volume pelumas dilakukan
sesuai service manual
§ Pemeriksaan tekanan kerja hidrolik
dilakukan sesuai service manual
I.
Tujuan Pembelajaran
§
Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat memelihara sistem
hidraulik.
II.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§ Siswa dapat memahami Teknik pemeliharaan
komponen unit hidrolik
Afektif
§ Siswa dapat mengenal Teknik pemeliharaan
komponen unit hidrolik
Psikomotor
§ Siswa dapat menjelaskan Teknik
pemeliharaan komponen unit hidrolik
§ Siswa dapat memperbaiki sistem hidraulik dan kompresor Udara
III.
Materi Pokok
§ Teknik pemeliharaan komponen
§ Pemeliharaan komponen
IV.
Metode Pembelajaran
§ Informasi
§ Penugasan
§ Observasi
§ Diskusi
§ Demonstrasi
V.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§ Memberikan salam.
§ Memimpin doa.
§ Melakukan apersepsi.
§ Menyampaikan materi.
Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Mendeskripsikan teknik pemeliharaan komponen unit hidarolik dengan
menggali informasi pada service manual.
§ Memeriksa sambungan-sambungan pada unit hidrolik dari kebocoran.
§ Memeriksa volume pelumas pada tanki sesuai service manual.
§ Memeriksa tekanan hidrolik sesuai service
manual.
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§ Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna
§ Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan
lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
§ Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan
masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
§ Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan
kolaboratif;
§ Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar
§ Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
§ Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual
maupun kelompok
§ Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival,
serta produk yang dihasilkan
§ Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§
Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§ Mendiskusikan materi.
§ Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§ Menyampaikan topik materi yang akan dating
§ Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
VI.
Alat dan Sumber Belajar
§ Modul pemeliharaan kompressor
§ Buku manual
§ Unit kompressor
§ Alat-alat tangan
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
||||||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|||||
§
Teknik
pemeliharaan komponen unit hidrolik
dijelaskan sesuai service manual
§
Pemeriksaan
sambungan-sambungan dilakukan sesuai service manual
§
Pemeriksaan
volume pelumas dilakukan sesuai service manual
§
Pemeriksaan
tekanan kerja hidrolik dilakukan sesuai service manual
|
Tes Tertulis
|
observasi
|
§
Jelaskan
cara teknik pemeliharaan komponen unit
hidrolik dijelaskan sesuai service manual
§
Jelaskan
cara pemeriksaan sambungan-sambungan dilakukan sesuai service manual
§
Jelaskan
cara pemeriksaan volume pelumas dilakukan sesuai service manual
§
Jelaskan
cara pemeriksaan tekanan kerja hidrolik dilakukan sesuai service manual
|
||||
Mengetahui,
Kepala SMK ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
….…..,………………… 20 …….
Guru Mata Pelajaran
(_______________________)
NIP/NIK :
|
|||||
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMK NUSANTARA
Kelas/Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 10 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian : Teknologi
Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian : Teknik
Otomotif
Kompetensi Keahlian : 1. Teknik
Kendaraan Ringan (020)
Standar Kompetensi : 1.
Memperbaiki
sistem hidraulik dan kompresor Udara
Kompetensi Dasar : 1.5 Pemeliharaan kompresor udara
dan komponen-komponennya.
Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§ Klasifikasi jenis kompresor udara
dijelaskan sesuai buku informasi
§ Pinsip kerja kompresor udara dijelaskan
sesuai buku informasi dan klasifikasi kompressor
§ Komponen-komponen kompresor udara
dijelaskan sesuai buku informasi
§ Teknik pemeliharaan kompresor udara
dijelaskan sesuai service manual
§ Pemeriksaan kompressor dilakukan sesuai
service manual
I.
Tujuan Pembelajaran
§
Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat pemeliharaan kompresor udara
dan komponen-komponennya.
II.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§ Siswa dapat memahami Klasifikasi kompresor
§ Siswa dapat memahami Prinsip kerja dan komponen
§ Siswa dapat memahami Pemeliharaan
kompressor
Afektif
§ Siswa dapat mengenal Klasifikasi kompresor
§ Siswa dapat mengenal Prinsip kerja dan komponen
§ Siswa dapat mengenal Pemeliharaan
kompressor
Psikomotor
§ Siswa dapat menjelaskan Klasifikasi kompresor
§ Siswa dapat menjelaskan Prinsip kerja dan komponen
§ Siswa dapat menjelaskan Pemeliharaan
kompressor
§ Siswa dapat memperbaiki sistem hidraulik dan kompresor Udara
III. Materi Pokok
§ Klasifikasi kompresor
§ Prinsip kerja dan komponen
§ Pemeliharaan kompressor
IV. Metode Pembelajaran
§ Informasi
§ Penugasan
§ Observasi
§ Diskusi
§ Praktek
V.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§ Memberikan salam.
§ Memimpin doa.
§ Melakukan apersepsi.
§ Menyampaikan materi.
Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Mendeskripsikan klasifikasi kompresor udara dengan menggali berbagai
informasi. Mendeskripsikan prinsip kerja kompresor udara dengan menggali
berbagai informasi.
§ Mendeskripsikan komponen-komponen kompresor udara (Premover,
kompressor, reservoir tank, pressure switch, pully) dengan menggali berbagai
informasi. Mendeskripsikan teknik pemeliharaan terjadwal kompresor udara dengan
menggali informasi pada service manual.
§ Memelihara kompresor udara meliputi pemeriksaan pelumas, air cleaner
dan belt.
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§ Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna
§ Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan
lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
§ Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan
masalah, dan bertindak tanpa rasa takutMemfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
§ Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar
§ Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual
maupun kelompok;
§ Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival,
serta produk yang dihasilkan
§ Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§
Menyimpulkan tentang hal-hal
yang belum diketahui
§
Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§ Mendiskusikan materi.
§ Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§ Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§ Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
VI. Alat dan Sumber Belajar
§ Modul pemeliharaan kompressor
§ Buku manual
§ Unit kompressor
§ Alat-alat tangan
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
§
Klasifikasi
jenis kompresor udara dijelaskan sesuai buku informasi
§
Pinsip
kerja kompresor udara dijelaskan sesuai buku informasi dan klasifikasi
kompressor
§
Komponen-komponen
kompresor udara dijelaskan sesuai buku informasi
§
Teknik
pemeliharaan kompresor udara dijelaskan sesuai service manual
§
Pemeriksaan
kompressor dilakukan sesuai service manual
|
Tes Tertulis
|
observasi
|
§
Jelaskan
klasifikasi jenis kompresor udara.
§
Jelaskan
pinsip kerja kompresor udara
§
Jelaskan
komponen-komponen kompresor udara
§
Jelaskan
teknik pemeliharaan kompresor udara dijelaskan sesuai service manual
§
Jelaskan
pemeriksaan kompressor dilakukan sesuai service manual
|
Mengetahui,
Kepala SMK ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
….…..,………………… 20 …….
Guru Mata Pelajaran
(_______________________)
NIP/NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMK NUSANTARA
Kelas/Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 10 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian : Teknologi
Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian : Teknik
Otomotif
Kompetensi Keahlian : 1. Teknik
Kendaraan Ringan (020)
Standar Kompetensi : 1.
Memperbaiki
sistem hidraulik dan kompresor Udara
Kompetensi Dasar : 1.6 Memperbaiki kompresor udara
dan komponen-komponennya.
Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§ Jenis gangguan pada kompressor udara
dijelaskan sesuai service manual
§ Teknik perbaikan komponen kompresor udara
dijelaskan sesuai service manual
§ Pemilihan peralatan perbaikan dilakukan
sesuai tuntutan pekerjaan
§ Perbaikan komponen kompresor udara
dilakukan sesuai service manual
I.
Tujuan Pembelajaran
§
Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat memperbaiki kompresor udara dan
komponen-komponennya.
II.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§ Siswa dapat memahami Jenis gangguan pada
kompressor udara
§ Siswa dapat memahami Teknik perbaikan
komponen kompresor udara
§ Siswa dapat memahami Pemilihan peralatan
perbaikan dilakukan sesuai tuntutan pekerjaan
§ Siswa dapat memahami Perbaikan komponen
kompresor udara dilakukan sesuai service manual
Afektif
§ Siswa dapat mengenal Jenis gangguan pada
kompressor udara
§ Siswa dapat mengenal Teknik perbaikan
komponen kompresor udara
§ Siswa dapat mengenal Pemilihan peralatan
perbaikan dilakukan sesuai tuntutan pekerjaan
§ Siswa dapat mengenal Perbaikan komponen
kompresor udara dilakukan sesuai service manual
Psikomotor
§ Siswa dapat menjelaskan Jenis gangguan
pada kompressor udara
§ Siswa dapat menjelaskan Teknik perbaikan
komponen kompresor udara
§ Siswa dapat menjelaskan Pemilihan
peralatan perbaikan dilakukan sesuai tuntutan pekerjaan
§ Siswa dapat menjelaskan Perbaikan komponen
kompresor udara dilakukan sesuai service manual
§ Siswa dapat menjelaskan Siswa dapat memperbaiki sistem hidraulik dan kompresor Udara
§ Siswa dapat memperbaiki sistem hidraulik dan kompresor Udara
III. Materi Pokok
§ Jenis gangguan
§ Teknik perbaikan
§ Perbaikan kompresor udara
IV. Metode Pembelajaran
§ Informasi
§ Penugasan
§ Observasi
§ Diskusi
§ Demonstrasi
V.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§ Memberikan salam.
§ Memimpin doa.
§ Melakukan apersepsi.
§ Menyampaikan materi.
Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Mendeskripsikan jenis gangguan kompresor udara dan penyebabnya
dengan menggali berbagai informasi.
§ Mendeskripsikan Teknik perbaikan
kompresor udara dengan menggali berbagai informasi.
§ Menentukan kerusakan kompresor udara berdasarkan pemeriksaan.
§ Menentukan peralatan yang dipergunakan sesuai runrutan pekerjaan.
§ Memperbaiki komponen kompresor udara sesuai service manual.
§ Menguji coba hasil perbaikan sesuai service manual.
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§ Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna
§ Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan
lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
§ Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan
masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
§ Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan
kolaboratif;
§ Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar
§ Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual
maupun kelompok
§ Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival,
serta produk yang dihasilkan
§ Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§
Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§ Mendiskusikan materi
§ Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§ Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§ Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
VI. Alat dan Sumber Belajar
§ Modul pemeliharaan kompressor
§ Buku manual
§ Unit kompressor
§ Alat-alat tangan
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
§
Jenis
gangguan pada kompressor udara dijelaskan sesuai service manual
§
Teknik
perbaikan komponen kompresor udara dijelaskan sesuai service manual
§
Pemilihan
peralatan perbaikan dilakukan sesuai tuntutan pekerjaan
§
Perbaikan
komponen kompresor udara dilakukan sesuai service manual
|
Tes Tertulis
|
observasi
|
§
Jelaskan
Jenis gangguan pada kompressor udara
§
Jelaskan
teknik perbaikan komponen kompresor udara
§
Jelaskan
pemilihan peralatan perbaikan dilakukan sesuai tuntutan pekerjaan
§
Jelaskan
berbaikan komponen kompresor udara dilakukan sesuai service manual
|
Mengetahui,
Kepala SMK ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
….…..,………………… 2015
Guru Mata Pelajaran
(_______________________)
NIP/NIK :
|
No comments:
Post a Comment
Terimah kasih sudah berkunjung, Silahkan tinggalkan komentar.