RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ………........................
Kelas/Semester : XII /V
Alokasi Waktu : 15 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian : Teknologi
Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian : Teknik
Otomotif
Kompetensi Keahlian : Teknik Kendaraan Ringan (
Standar Kompetensi : Memperbaiki sistem kemudi.
Kompetensi Dasar : Mengindetifikasi berbagai
jenis sytem kemudi.
Indikator Pencapaian
Kompetensi* :
§
Fungsi system kemudi
dijelaskan sesuai buku informasi.
§
Jenis, konstruksi dan
karakteristik sistem kemudi dijelaskan sesuai buku informasi
§
Kondisi sistem/ komponen
kemudi ditentukan dengan membandingkan kondisi komponen yang sebenar-nya
(standar) pada spesifikasi pabrik untuk batasan/ toleransi sesuai
perundang-undangan kelaikan kendaraan.
I.
Tujuan Pembelajaran
§ Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat mengindetifikasi berbagai jenis sytem kemudi
II.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§ Siswa dapat memahami Fungsi system kemudi.
§ Siswa dapat memahami Jenis, konstruksi dan karakteristik sistem
kemudi
§ Siswa dapat memahami Kondisi sistem/ komponen kemudi ditentukan
dengan membandingkan kondisi komponen yang sebenar-nya (standar) pada
spesifikasi pabrik untuk batasan/ toleransi sesuai perundang-undangan kelaikan kendaraan.
Afektif
§ Siswa dapat mengenal Fungsi system kemudi.
§ Siswa dapat mengenal Jenis, konstruksi dan karakteristik sistem kemudi
§ Siswa dapat mengenal Kondisi sistem/ komponen kemudi ditentukan dengan
membandingkan kondisi komponen yang sebenar-nya (standar) pada spesifikasi
pabrik untuk batasan/ toleransi sesuai perundang-undangan kelaikan kendaraan.
Psikomotor
§ Siswa dapat menjelaskan Fungsi system kemudi.
§ Siswa dapat menjelaskan Jenis, konstruksi dan karakteristik
sistem kemudi
§
Siswa dapat menjelaskan Kondisi sistem/ komponen kemudi ditentukan dengan membandingkan kondisi
komponen yang sebenar-nya (standar) pada spesifikasi pabrik untuk batasan/
toleransi sesuai perundang-undangan kelaikan kendaraan.
III. Materi Pokok
§
Jenis dan konstruksi sistem
kemudi kendaraan
IV. Metode Pembelajaran
§
Diskusi, penugasan,kerja
kelompok dan Praktek.
V.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§
Memberikan salam.
§
Memimpin doa.
§
Melakukan apersepsi
§
Menyampaikan materi
Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§
Mendeskripsikan prinsip
kerja sistem kemudi mekanik dan power steering melalui penggalian infomasi pada
buku manual.
§
Mendeskripsikan berbagai
jenis konstruksi sistem kemudi mekaniak dan komponen-komponennya melalui
penggalian informasi buku manual dan
observasi benda kerja.
§
Mendeskripsikan konstruksi
sistem kemudi power steering dan komponennya melalui penggalian informasi pada
buku manual dan observasi benda kerja.
§
Mendeskripsikan jenis dan
kegunaan minyak pelumas pada sistem kemudi dengan menggali informasi.
§
Mendeskripsikan teknik
melepas komponen steering dengan mengikuti service manual. Melepas komponen
steering mengikuti langkah pada service manual.
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§
Mendiskusikan berbagai
jenis sytem kemudi.
§
Siswa melaksanakan praktek
Jenis dan konstruksi sistem kemudi kendaraan
§
Tugas-tugas.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§
Menyimpulkan tentang
hal-hal yang belum diketahui
§
Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§
Mendiskusikan materi.
§
Menyimpulkan/rangkuman
pembelajaran.
§
Menyampaikan topik materi
yang akan datang.
§
Menutup kegiatan
pembelajaran dengan berdoa bersama
VI. Alat dan Sumber Belajar
§
Modul Sistem steering
§
Buku manual
§
Steering Mekanik :
-
rack & pinion
-
Circulating ball
-
Warm & Roll
§
Power steering
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
§
Fungsi system kemudi
dijelaskan sesuai buku informasi.
§
Jenis, konstruksi dan
karakteristik sistem kemudi dijelaskan sesuai buku informasi
§
Kondisi sistem/ komponen
kemudi ditentukan dengan membandingkan kondisi komponen yang sebenar-nya
(standar) pada spesifikasi pabrik untuk batasan/ toleransi sesuai
perundang-undangan kelaikan kendaraan.
|
Tes
Tertulis
|
observasi
|
§
Jelaskan fungsi system
kemudi dijelaskan sesuai buku informasi.
§
Sebutkan Jenis, konstruksi
dan karakteristik sistem kemudi dijelaskan sesuai buku informasi
§
Jelaskan kondisi sistem/
komponen kemudi ditentukan dengan membandingkan kondisi komponen yang
sebenar-nya (standar) pada spesifikasi pabrik untuk batasan/ toleransi sesuai
perundang-undangan kelaikan kendaraan.
|
Mengetahui,
Kepala SMK ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
….…..,………………… 20 …….
Guru Mata Pelajaran
(_______________________)
NIP/NIK :
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ………........................
Kelas/Semester : XII /1
Alokasi Waktu : 15 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian : Teknologi
Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian : Teknik
Otomotif
Kompetensi Keahlian : 1. Teknik
Kendaraan Ringan (020)
Standar Kompetensi : 1.3. Memperbaiki sistem kemudi.
Kompetensi Dasar : 13.2 Memeriksa kondisi system/komponen kemudi.
Indikator Pencapaian
Kompetensi* :
§
Komponen-komponen sistem
kemudi yang diperiksa dijelaskan sesuai jadwal perawatan berkala pada service
manual
§
Pemeriksaan laras imbang
roda dilakukan sesuai service manual
§
Pemeliharaan/servis system
kemudi dan komponennya sistem pengope-rasian dilaksanakan tanpa menyebabkan
kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§
Semua prosedur
pemeliha-raan/servis dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi
terhadap pabrik.
I.
Tujuan Pembelajaran
§ Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat memeriksa kondisi system/komponen kemudi
II.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§
Siswa dapat memahami Komponen-komponen sistem
kemudi yang diperiksa dijelaskan sesuai jadwal perawatan berkala pada service
manual
§
Siswa dapat memahami Pemeriksaan laras imbang roda
dilakukan sesuai service manual
§
Siswa dapat memahami Pemeliharaan/servis system
kemudi dan komponennya sistem pengope-rasian dilaksanakan tanpa menyebabkan
kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§ Siswa dapat memahami Semua
prosedur pemeliha-raan/servis dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan
toleransi terhadap pabrik.
Afektif
§
Siswa dapat mengenal
Komponen-komponen sistem kemudi yang diperiksa dijelaskan sesuai jadwal
perawatan berkala pada service manual
§
Siswa dapat mengenal
Pemeriksaan laras imbang roda dilakukan sesuai service manual
§
Siswa dapat mengenal
Pemeliharaan/servis system kemudi dan komponennya sistem pengope-rasian
dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§ Siswa dapat mengenal Semua prosedur pemeliha-raan/servis
dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi terhadap pabrik.
Psikomotor
§
Siswa dapat menjelaskan
Komponen-komponen sistem kemudi yang diperiksa dijelaskan sesuai jadwal
perawatan berkala pada service manual
§
Siswa dapat menjelaskan
Pemeriksaan laras imbang roda dilakukan sesuai service manual
§
Siswa dapat menjelaskan
Pemeliharaan/servis system kemudi dan komponennya sistem pengope-rasian
dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§ Siswa dapat menjelaskan Semua prosedur pemeliha-raan/servis
dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi terhadap pabrik.
III. Materi Pokok
§
System kemudi kendaraan
IV. Metode Pembelajaran
§
Ceramah, demonstrasi.
V.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§
Memberikan salam.
§
Memimpin doa.
§
Melakukan apersepsi.
§
Menyampaikan materi.
Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§
Mendeskripsikan item-item
pemeriksaan komponen sistem kemudi
mekanik dan power steering melalui penggalian infomasi pada buku manual.
§
Mendeskripsikan pengaruh
kedudukan roda pada sistem kemudi melalui penggalian berbagai informasi
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§
Memeriksa minyak pelumas
pada steering gear dan oil reservoir steering dan menambahkannya mengikuti
service manual
§
Memeriksa ketegangan tali
kipas steering pump power steering.
§
Melakukan pemeriksaan terhadap kolom kemudi
dan poros utama sesuai SOP
§
Melakukan pemeriksaan
terhadap bantalan utama sesuai SOPMelakukan pemeriksan keausan roda gigi sistem
kemudi dengan cara membandingkan dengan spesifikasi.
§
Melakukan pemeriksaan terhadap
sambungan fleksibel sesuai SOP.
§
Memeriksa dan menyetel Toe
In, Toe Out dan Kinpin Inclination dengan mengikuti service
manual
§
Tugas-tugas.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§
Menyimpulkan tentang
hal-hal yang belum diketahui
§
Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§
Mendiskusikan materi. Menyimpulkan/rangkuman
pembelajaran.
§
Menyampaikan topik materi
yang akan datang.
§
Menutup kegiatan
pembelajaran dengan berdoa bersama
VI. Alat dan Sumber Belajar
§
Modul Sistem steering
§
Buku manual
§
Steering Mekanik :
-
rack & pinion
-
Circulating ball
-
Warm & Roll
§
Power steering
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
§
Komponen-komponen sistem
kemudi yang diperiksa dijelaskan sesuai jadwal perawatan berkala pada service
manual
§
Pemeriksaan laras imbang
roda dilakukan sesuai service manual
§
Pemeliharaan/servis system
kemudi dan komponennya sistem pengope-rasian dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§
Semua prosedur
pemeliha-raan/servis dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi
terhadap pabrik.
|
Tes
Tertulis
|
observasi
|
§
Jelaskan komponen-komponen sistem kemudi yang diperiksa
dijelaskan sesuai jadwal perawatan berkala pada service manual
§
Jelaskan pemeriksaan laras
imbang roda dilakukan sesuai service manual
§
Jelaskan pemeliharaan/servis
system kemudi dan komponennya sistem pengope-rasian dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§
Jelaskan Semua prosedur pemeliha-raan/servis dilaksanakan berdasarkan
spesifikasi dan toleransi terhadap pabrik.
|
Mengetahui,
Kepala SMK ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
….…..,………………… 20 …….
Guru Mata Pelajaran
(_______________________)
NIP/NIK :
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ………........................
Kelas/Semester : XII /V
Alokasi Waktu : 15 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian : Teknologi
Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian : Teknik
Otomotif
Kompetensi Keahlian : 1. Teknik
Kendaraan Ringan (020)
Standar Kompetensi : 1.3. Memperbaiki sistem kemudi.
Kompetensi Dasar : 1.3.3 Memperbaiki berbagai jenis system kemudi.
Indikator Pencapaian
Kompetensi* :
§
Jenis gangguan dan penyebab
sistem kemudi mekanik dan power steering dijelaskan sesuai buku informasi
§
Teknik melepas komponen
kemudi dijelaskan sesuai service manual
§
Penggantian komponen kemudi
dijelaskan berdasakan hasil pemeriksaan
§
Penggantian komponen sistem
kemudi dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem
lainnya.
§
Semua prosedur perbaikan
dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi pabrik.
I.
Tujuan Pembelajaran
§ Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat memperbaiki berbagai jenis system kemudi.
II.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§
Siswa dapat memahami gangguan sistem kemudi
kendaraan
§ Siswa dapat memahami perbaikan
sistem kemudi.
Afektif
§
Siswa dapat mengenal gangguan sistem kemudi kendaraan
§ Siswa dapat mengenal perbaikan sistem kemudi.
Psikomotor
§
Siswa dapat menjelaskan gangguan sistem kemudi kendaraan
§
Siswa dapat menjelaskan
perbaikan sistem kemudi.
III. Materi Pokok
§
Gangguan sistem kemudi
kendaraan
§
Perbaikan sistem kemudi
IV. Metode Pembelajaran
§
Ceramah, demonstrasi.
V.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§
Memberikan salam.
§
Memimpin doa.
§
Melakukan apersepsi.
§
Menyampaikan materi
Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§
Mendeskripsikan gangguan
dan penyebab pada sistem kemudi mekanik dan power steering melalui penggalian
infomasi pada buku manual.
§
Mendeskripsikan teknik
pelepasan komponen sistem kemudi dengan mempelajari service manual.
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§
Menentukan kondisi komponen
steering melalui pemeriksaan visual dan
pengukuran.
§
Melakukan penggantian
terhadap komponen (gear box, ball joint, Tie rod dan sambungan flexible) kemudi
berdasarkan hasil pemeriksaan.
§
Menyetel tie rod sesuai
spesifikasi pada service manual
§
Menguji kerja sistem kemudi
pada kendaraan sesuai prosedur.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§
Menyimpulkan tentang
hal-hal yang belum diketahui
§
Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§
Mendiskusikan materi.
§
Menyimpulkan/rangkuman
pembelajaran.
§
Menyampaikan topik materi
yang akan datang
§
Menutup kegiatan
pembelajaran dengan berdoa bersama
VI. Alat dan Sumber Belajar
§
Modul Sistem steering
§
Buku manual
§
Steering Mekanik :
-
rack & pinion
-
Circulating ball
-
Warm & Roll
§
Power steering
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
§
Jenis gangguan dan
penyebab sistem kemudi mekanik dan power steering
dijelaskan sesuai buku informasi
§
Teknik melepas komponen
kemudi dijelaskan sesuai service manual
§
Penggantian komponen kemudi dijelaskan
berdasakan hasil pemeriksaan
§
Penggantian komponen sistem
kemudi dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§
Semua prosedur perbaikan
dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi pabrik.
|
Tes
Tertulis
|
observasi
|
§
Jelaskan Jenis gangguan dan penyebab sistem kemudi mekanik
dan power steering
§
Jelaskan teknik melepas
komponen kemudi dijelaskan sesuai service manual
§
Jelaskan penggantian
komponen kemudi dijelaskan berdasakan hasil pemeriksaan
§
Jelaskan Penggantian komponen
sistem kemudi dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§
Jelaskan semua prosedur perbaikan dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan
toleransi pabrik.
|