RPP OTOMOTIF, TIPS OTOMOTIF,SISTEM EFI, JOBSHEET OTOMOTIF, PERANGKAT PEMBELAJARAN OTOMOTIF.
Tips Merawat Aki Kering pada Motor
Pada sepeda motor aki bertugas untuk menyimpan dan menyuplai listrik
pada sistim penerangan, stater, ataupun klakson. Aki dibedakan atas 2 yaitu aki basah dan aki kering, disebut aki kering karena aki
ini tidak menggunakan cairan elektrolit sehingga tidak membutuhkan pemeliharaan
seperti aki basah. Sekarang ini aki kering sudah banyak digunakan pada sepeda
motor, dan bagi pemilik sepeda motor yang menggunakan aki kering berikut ini
saya tuliskan beberapa tips perawatannya :
1. Gunakan sepeda motor anda
sesering mungkin agar proses pengisian listrik pada aki tetap terjadi dan aki pun selalu siap digunakan. Jika motor tidak
digunakan maka usahakan untuk memanaskan motor sekitar 2-5menit tiap hari.
2. Tetap gunakan electric stater
tiap hari kecuali saat memanaskan mesin pada pagi hari direkomendasikan
menggunakan stater kaki supaya membantu memompa oleh ke seluruh komponen dalam
mesin sepeda motor.
3..Pada saat menggunakan
elektrik stater dan motor tidak mau hidup jangan menekan saklar stater terus
menerus tapi berikan waktu jeda sekitar 5 detik agar daya dalam aki kembali
stabil sebelum digunakan.
4. Hindari lubang atau jalan
rusak ketika berkendara untuk menghindari goncangan karena
bila sepeda motor sering mendapat goncangan yang berlebihan maka sel-sel dalam
aki akan cepat rusak.
5. Cek posisi kabel terminal
aki, usahakan tertutup rapat sebab bila terlalu lembab akan menyebabkan hubung
singkat (korslet).
Tips Merawat Motor Injeksi
Perkembangan teknologi saat ini begitu
pesat diberbagai bidang, dan salah satu yang bidang yang mengalami perkembangan
yang cukup pesat adalah bidang otomotif, berbagai alat atau sistem kini
ditemukan dan diaplikasikan pada kendaraan otomotif yang tentu saja mempunyai
beberapa maksud atau tujuan diantaranya untuk meningkatkan efesiensi, performa
yang tinggi, dan ramah lingkungan.
Sebagai
masyarakat pengguna kendaraan yang menggunakan teknologi canggih, mau tidak mau
harus mengikuti perkembangan yang ada. Contohnya pada sepeda motor yang sudah
menggunakan sistem injeksi bahan bakar (Fuel Injektion) yang dikontrol oleh
komputer (ECU) yang didukung dengan pemasangan beberapa sensor untuk mendukung
kinerja sistem tersebut. Bagaimana
dengan cara perawatan motor injeksi ? perawatan motor injeksi tentu sedikit
berbeda dengan motor yang menggunakan karburator. Berikut ini beberapa tips
dari saya tentang perawatan sepeda motor
injeksi :
1. Lakukan service berkala secara
rutin dibengkel resmi sesuai petunjuk buku manual untuk mengganti atau
memperbaiki komponen yang sudah habis masa pakai atau mengalami kerusakan
seperti ganti oli, busi, pembersihan saringan udara, dll.
2. Gunakan bahan bakar berkualitas
baik, bahan bakar yang dianjurkan adalah bahan bakar beroktan 90 keatas karena
bahan bakar berkualitas rendah akan mempengaruhi performa mesin dan dapat
mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin.
3. Perhatikan selalu level bahan
bakar, jangan biarkan bahan bakar dalam tangki habis karena dapat menyebabkan
pompa bahan bakar terbakar.
4. Selalu rutin memeriksa kondisi aki,
sepeda motor injeksi dikontrol secara elektronik dan suplay arus listrik yang
tidak sesuai dengan kebutuhan ECU (Electronik Control Unit) akan mempengaruhi
kinerja ecu dalam mengatur sistim penginjeksian bahan bakar.
5. Hindari penambahan aksesoris motor
yang menggunakan listrik berlebihan seperti klakson atau lampu karena akan
membuat kerja dari ECU bertambah berat. Bila hal itu terjadi maka akan
menyebabkan ECU motor cepat rusak.
6. Periksa ECU secara berkala
dibengkel resmi motor anda, karena ECU adalah otak dari pengoperasian sistem
injeksi bahan bakar dan bila ECU rusak maka dipastikan motor tidak dapat
dihidupkan / mogok.
Subscribe to:
Posts (Atom)