RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK Kr. Tagari
Kelas/Semester : XI / 1
Alokasi Waktu : 15 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian : Teknologi
Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian : Teknik
Otomotif
Kompetensi Keahlian : 1. Teknik Kendaraan Ringan (020)
Standar Kompetensi : 7. Memperbaiki unit kopling dan
komponen-komponen sistem pengoperasian.
Kompetensi
Dasar : 7.1.Memelihara/ servis unit kopling dan komponen-komponen sistem
pengoperasian
Indikator Pencapaian
Kompetensi* :
§ Prinsip kerja
kopling dijelaskan sesuai buku informasi.
§ Jenis dan
konstruksi kopling dijelaskan sesuai buku informasi
§ Teknik
pemeliharaan kopling dijelaskan sesuai service manual
§ Seluruh
kegiatan pemeliha-raan/servis unit kopling dilaksanakan berdasarkan SOP dan K3
I.
Tujuan Pembelajaran
§ Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat menggunakan
pelumas/cairan pembersih.
II.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§ Siswa dapat memahami Prinsip kerja dan jenis kopling
§ Siswa dapat memahami Konstruksi kopling
§ Siswa dapat memahami Pemeliharaan kopling
Afektif
§ Siswa dapat mengenal Prinsip kerja dan jenis kopling
§ Siswa dapat mengenal Konstruksi kopling
§ Siswa dapat mengenal Pemeliharaan kopling
Psikomotor
§ Siswa dapat menjelaskan Prinsip kerja dan jenis kopling
§ Siswa dapat menjelaskan Konstruksi kopling
§ Siswa dapat menjelaskan Pemeliharaan kopling
§ Siswa dapat memelihara/ servis unit kopling dan komponen-komponen sistem
pengoperasian
Nilai Karakter
Bangsa :
Disiplin ,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi ,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
Kewirausahaan/Ekonomi
Kreatif :
Percaya diri (keteguhan
hati, optimis).
Berorientasi tugas dan hasil (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Berani mengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin).
Berorientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
III. Materi Pokok
§
Prinsip kerja dan jenis
kopling
§
Konstruksi kopling
§
Pemeliharaan kopling
IV. Metode Pembelajaran
§
Informasi
§
Penugasan
§
Observasi
§
Diskusi
§
Demonstrasi
V.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§
Memberikan salam.
§
Memimpin do’a.
§
Melakukan apersepsi.
§
Menyampaikan materi.
Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§
Merumuskan ulang prinsip
kerja kopling melalui penggalian berbagai infomasi.
§
Mendeskripsikan jenis,
konstruksi dan komponen kopling melalui penggalian berbagai informasi. .
§
Mendeskripsikan teknik dan
prosedur pemeliharaan kopling dengan mempelajari service manual.
§
Melakukan
pemeliharaan/servis unit kopling dan mekanisme penggeraknya dengan mengikuti
prosedur pada service manual.
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§
Membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
§
Memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
§
Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
§
Memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
§
Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
§
Memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Memfasilitasi peserta didik
untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§
Memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§
Menyimpulkan tentang
hal-hal yang belum diketahui
§
Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§
Mendiskusikan materi.
Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§
Menyampaikan topik materi
yang akan datang. Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdo’a bersama
VI. Alat dan Sumber Belajar
§
Modul
§
Manual Book
§
Unit Kopling
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
§
Prinsip kerja kopling
dijelaskan sesuai buku informasi.
§
Jenis dan konstruksi kopling
dijelaskan sesuai buku informasi
§
Teknik pemeliharaan kopling
dijelaskan sesuai service manual
§
Seluruh kegiatan
pemeliha-raan/servis unit kopling dilaksanakan berdasarkan SOP dan K3
|
Tes
Tertulis
|
observasi
|
§
Jelaskan prinsip kerja
kopling dijelaskan sesuai buku informasi.
§
Jelaskan Jenis dan
konstruksi kopling
§
Jelaskan Teknik pemeliharaan
kopling dijelaskan sesuai service manual
§
Jelaskan seluruh kegiatan
pemeliha-raan/servis unit kopling dilaksanakan berdasarkan SOP dan K3
|
Mengetahui,
Kepala SMK Kr. Tagari
(Drs. A. Gallaran, MM)
|
Tagari, 13 Juli
2013
Guru Mata Pelajaran
(Rahim Untung, S.Pd.)
|