SOAL SISTEM REM

A. PILIHAN GANDA
1. Berikut adalah yang bukan merupakan fungsi sistem rem pada kendaraan bermotor
          a. Mengurangi kecepatan
          b. Menghentikan kendaraan
          c. Memungkinkan parker pada tempat yang menurun
          d. Sebagai alat pengaman dan menjamin pengendaraan yang aman
          e. Sebagai peredam getaran akibat jalan tidak rata

2. Salah satu Konstruksi master selinder  adalah tipe ...........
          a. Semi floating
          b. Ganda
          c. Full floating
          d. Multpli
          e. Duo servo

3. Berikut ini yang bukan merupakan tipe rem tromol adalah .........
          a. Leading trailing                                        d. Uni servo
          b. Two leading                                              e. Trio servo
          c. Dual two leading         

4. Komponen pada rem yang berfungsi untuk melipatgandakan daya penekanan pedal rem,
    sehingga pengemudi tidak memerlukan penekanan pedal rem yang kuat adalah .......
          a. Master selinder                                        d. Backing plate
          b. Selinder roda                                           e. Booster rem
          c. Caliper    

5. Pada gambar disamping adalah jenis rem tromol tipe .........
          a. Leading trailing
          b. Two leading
          c. Uni servo
          d. Dual two leading
          e. Duo servo

6. Jika pada rem hidrolik kemasukan udara / angin,  maka tindakan yang dilakukan pada
    rem tersebut adalah ...........
          a. Membiarkan karena akan angin akan keluar sendiri
          b. Mengolesi dengan minyak angin
          c. Melakukan pengukuran tebal kanvas rem
          d. Melakukan bleeding
          e. Melakukan overhaul rem

7. Pemeriksaan komponen rem cakram menggunakan dial indicator adalah untuk mengetahui ?
          a. Tebal pad rem                                          d. Lama penggunaan rem
          b. Tebal piringan / cakram                           e. Kebocoran rem
          c. Run out / keolengan cakram          

8. Spesifikasi limit / batas ketebalan minimal kanvas rem yang di ijinkan adalah .......
          a. 1 mm                                                       c. 3 mm                          e. 5 mm
          b. 2 mm                                                       d. 4 mm
         
9. Komponen rem yang berfungsi untuk mengurangi tekanan hidrolik pada roda belakang agar
    kendaraan tidak terseret / ngepot adalah ......
          a. Booster rem                                             d. Katup pengimbang
          b. Master selinder                                        e. Outlet check valve
          c. Selinder roda    

10. Dibawah ini adalah komponen-komponen rem tromol, kecuali ......
          a. Tromol rem                                              d. Backing plate    
          b. Sepatu rem / kanvas rem                         e. Kaliper
          c. Selinder roda    

11. Pada saat mengganti sepatu rem, maka pekerjaan pertama yang dilakukan adalah ......
          a. Mendongkrak mobil
          b. Memasang jack stand / penyangga
          c. Melonggarkan baut roda
          d. Melepas roda
          e. Memasang sepatu rem yang baru

12. Rem tangan / parkir bekerja dengan sistem .........
          a. Hidrolik                                                   d. Pragmatik
          b. Mekanik                                                   e. Akrobatik
          c. Pneumatik     
   
13. Dibawah ini adalah tipe-tipe Floating caliper, kecuali......
          a. Tipe FS                                                    d. Tipe XL
          b. Tipe F                                                      e. Tipe PD   
          c. Tipe AD   

14. Nama alat ukur untuk mengukur kerataan cakram / piringan adalah ......
          a. Vernier caliper                                              d. Micrometer
          b. Feeler gauge                                                 e. Bore gauge
          c. Dial indikator

15. Disc brake adalah nama lain dari ......................
          a. Rem tangan                                             d. Rem cakram
          b. Rem tromol                                              e. Rem angin
          c. Rem kaki

16.Diketahui diameter standar tromol adalah 228,6 mm, sedangkan hasil pengukuran adalah
     229,5 mm. Maka kesimpulannya adalah ..........
          a. Tromol harus diperbaiki                                    d. Tromol rem harus diamplas
          b. Masih layak digunakan                                      e.Tromol rem harus diganti yang baru
          c. Tidak ada masalah

17. Pada saat diinjak, pedal rem terasa dalam. Hal ini disebabkan oleh ..............
          a. Kanvas rem sudah tipis
          b. Rem masuk angin
          c. Ada kebocoran minyak rem
          d. Booster rem rusak
          e. Kanvas kopling sudah tipis

18. Bila anda membuka rem tromol dan melihat kanvas rem sangat kotor oleh debu, maka
      sebagai mekanik tindakan yang anda lakukan adalah ........
          a. Membersihkan kanvas rem dengan oli
          b. Membersihkan kanvas rem dengan solar
          c. Membersihkan kanvas rem dengan kain lap
          d. Membersihkan kanvas  rem menggunakan air bersih dan sabun
          e. Semua jawaban benar

19. Komponen rem yang berfungsi mengubah gerak pedal rem ke dalam tekanan hidrolik adalah ?
          a. Booster rem                                             d. Selinder roda
          b. Master selinder                                        e. Kaliper
          c. Pipa-pipa rem

20. Tempat memasang rem tromol adalah ............
          a. Tromol rem                                              d. Kaliper
          b. Booster rem                                              e. Backing plate

          c. Selinder roda 

JOB SHEET SISTEM STATER


RPP PROSES DASAR PEMBENTUKAN LOGAM

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  ………........................
Kelas/Semester                   : X / I
Alokasi Waktu                    : 12 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  Dasar Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi          : 1.   Memahami Proses-Proses Dasar Pembentukan Logam
Kompetensi Dasar              :  1.1 Menjelaskan Proses Pengecoran.

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
§  Pemahaman Teknik pengecoran dengan cetakan pasir dijelaskan sesuai buku informasi
§  Pembuatan  model dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Pembuatan Rangka cetak dilaksanakan
§  Teknik pengecoran dengan cetakan khusus dijelaskan sesuai buku informasi
§  Metode pengecoran khusus dijelaskan sesuai buku informasi

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat menjelaskan Proses Pengecoran.

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami Pemahaman Teknik pengecoran dengan cetakan pasir
§  Siswa dapat memahami Pembuatan  model.
§  Siswa dapat memahami Pembuatan Rangka cetak dilaksanakan
§  Siswa dapat memahami Teknik pengecoran dengan cetakan khusus
§  Siswa dapat memahami Metode pengecoran khusus.
Afektif
§  Siswa dapat mengenal Jenis- Pemahaman Teknik pengecoran dengan cetakan pasir
§  Siswa dapat mengenal Pembuatan  model.
§  Siswa dapat mengenal Pembuatan Rangka cetak dilaksanakan
§  Siswa dapat mengenal Teknik pengecoran dengan cetakan khusus
§  Siswa dapat mengenal Metode pengecoran khusus.
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan Pemahaman Teknik pengecoran dengan cetakan pasir
§  Siswa dapat menjelaskan Pembuatan  model.
§  Siswa dapat menjelaskan Pembuatan Rangka cetak dilaksanakan
§  Siswa dapat menjelaskan Teknik pengecoran dengan cetakan khusus
§  Siswa dapat menjelaskan Metode pengecoran khusus.
§  Siswa dapat memyebutkn Proses pembuatan cetakan pasir termasuk proses persiapan dan pengolahan pasir cetak serta alat bantu yang dipakai


III.       Materi Pokok
§  Proses pembuatan cetakan pasir termasuk proses persiapan dan pengolahan pasir cetak serta alat bantu yang dipakai.
§  Berbagai teknik pengecoran khusus seperti: pengecoran dengan menggunakan cetakan logam, pengecoran sentrifugal, pengecoran presisi dan pengecoran kontinu.

IV.       Metode Pembelajaran
§  Informasi
§  Penugasan
§  Observasi
§  Diskusi
§  Demonstrasi

V.          Langkahlangkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Memberikan salam.
§  Memimpin doa
§  Melakukan apersepsi
§  Menyampaikan materi

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan teknik pengecoran dengan cetakan pasir dengan cara mengali imformasidari Buku Manual
§  Membuat cetakan dan melakukan pengecoran dengan cetakan pasir.
§  Mendeskripsikan  jenis pengecoran yang sesuai dengan jenis material dan pe-makaiannya dengan cara mengali imformasidari Buku Manual
§  Mendeskripsikan Pengertian tentang ber-bagai metode pengecor-an dan pemakaiannya dengan cara mengali imformasidari Buku Manual
§  KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Menentukan jenis proses pengecoran yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis material

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi.
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan dating
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama

VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Tes tertulis
§  Observasi/ pengamatan
§  Interview

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Pemahaman Teknik pengecoran dengan cetakan pasir dijelaskan sesuai buku informasi
§  Pembuatan  model dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Pembuatan Rangka cetak dilaksanakan
§  Teknik pengecoran dengan cetakan khusus dijelaskan sesuai buku informasi
§  Metode pengecoran khusus dijelaskan sesuai buku informasi
Tes Tertulis
observasi
§  Jelaskan Teknik pengecoran dengan cetakan pasir
§  Jelaskan Pembuatan  model
§  Jelaskan Pembuatan Rangka cetak dilaksanakan
§  Jelaskan Teknik pengecoran dengan cetakan khusus
§  Jelaskan Metode pengecoran khusus


Mengetahui,
Kepala SMK ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  20 …….
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  ………........................
Kelas/Semester                   : X / I
Alokasi Waktu                    : 12 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  Dasar Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi          : 2.   Memahami Proses-Proses Dasar Pembentukan Logam
Kompetensi Dasar              :  2.2 Menjelaskan Proses Pembentukan.

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
§  Proses perlakuan panas dijelaskan sesuai buku informasi
§  Proses pembentukan dengan panas dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Proses pembentukan dengan cara dingin dijelaskan sesuai buku informasi.
§  proses pembentukan dingin dilakukan sesuai gambar kerja

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat menjelaskan Proses Pembentukan.

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami proses perlakuan panas
§  Siswa dapat memahami proses pembentukan dengan panas.
§  Siswa dapat memahami proses pembentukan dengan cara dingin.
§  Siswa dapat memahami proses pembentukan dingin dilakukan sesuai gambar kerja.
Afektif
§  Siswa dapat mengenal proses perlakuan panas
§  Siswa dapat mengenal proses pembentukan dengan panas.
§  Siswa dapat mengenal proses pembentukan dengan cara dingin.
§  Siswa dapat mengenal proses pembentukan dingin dilakukan sesuai gambar kerja..
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan proses perlakuan panas
§  Siswa dapat menjelaskan proses pembentukan dengan panas.
§  Siswa dapat menjelaskan proses pembentukan dengan cara dingin.
§  Siswa dapat menyimpulkan proses pembentukan dingin dilakukan sesuai gambar kerja.


III.       Materi Pokok
§  Proses pembentukan panas seperti: rolling, forging, ekstrusi, pembuatan pipa, pembuatan tabung, penarikan dan pemutaran panas.
§  Proses pembentukan dingin seperti: penarikan, penekanan, pelengkungan, pengguntingan, proses pembentukan berenergi tinggi, hobb, ekstrusi dan penumbukan peluru.

IV.       Metode Pembelajaran
§  Informasi
§  Penugasan
§  Observasi
§  Diskusi
§  Demonstrasi

V.          Langkahlangkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Memberikan salam.
§  Memimpin doa
§  Melakukan apersepsi
§  Menyampaikan materi


Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan proses pembentukan panas dengan cara menggali imformasi dari  Modul.
§  Mendeskripsikan Pengertian tentang ber-bagai metode pemben-tukan panas dengan cara menggali imformasi dari  Modul.

KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Menentukan metode terbaik untuk mem-bentuk bahan baku menjadi produk dengan proses pengerjaan panas Mempelajari  proses pembentuk-an dingin dengan cara menggali imformasi dari  Modul.
§  Mendeskripsikan Pengertian tentang berbagai metode pemben-tukan dingin dengan cara menggali imformasi dari  Modul.
§  Menentukan metode terbaik untuk membentuk bahan baku menjadi produk dengan proses pengerjaan dingin 

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui

Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi.
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama

VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Tes tertulis
§  Observasi/ pengamatan
§  Interview

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Proses perlakuan panas dijelaskan sesuai buku informasi
§  Proses pembentukan dengan panas dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Proses pembentukan dengan cara dingin dijelaskan sesuai buku informasi.
§  proses pembentukan dingin dilakukan sesuai gambar kerja
Tes Tertulis
observasi
§  Jelaskan Proses perlakuan panas
§  Jelaskan Proses pembentukan dengan panas.
§  Jelaskan Proses pembentukan dengan cara dingin.
§  Jelaskan proses pembentukan dingin dilakukan sesuai gambar kerja


Mengetahui,
Kepala SMK ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  20 …….
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  ………........................
Kelas/Semester                   : X / I
Alokasi Waktu                    : 12 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  Dasar Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi          : 2.   Memahami Proses-Proses Dasar Pembentukan Logam
Kompetensi Dasar              :  2.3 Menjelaskan Proses permesinan.

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
§  Tatacara kerja bangku yang benar dikenal dan dilaksanakan
§  Perlengkapan kerja bangku disebutkan.
§  Proses pemesinan. dijelaskan sesuai buku informasi
§  parameter-parameter mesin dan alat potong. dijelaskan sesuai buku informasi
§  pengaturan putaran mesin. dijelaskan sesuai buku informasi
§  proses pembuatan roda gigi dijelaskan sesuai buku informasi
§   pisau cutter modul dijelaskan sesuai buku informasi
§  macam- macam roda gigi dijelaskan sesuai buku informasi
§  metode pembagian kepala pembagi dijelaskan sesuai buku informasi

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat menjelaskan Proses permesinan.

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami Proses permesinan.
Afektif
§  Siswa dapat mengenal Proses permesinan
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan Proses permesinan.
§  Siswa dapat menyimpulkan Proses permesinan.



III.       Materi Pokok
§  Tata cara kerja bangku seperti: palu, ragum, gergaji, pahat tangan, kikir, tap dan keling dingin.
§  Jenis-jenis proses pemesinan seperti; proses bubut, sekrap, boor, frais dan gerinda.
§  Pengenalan gerak potong dan gerak makan.
§  Pengenalan material pahat.
§  Nomer cutter roda gigi.
§  Metode pembuatan roda gigi.

IV.       Metode Pembelajaran
§  Informasi
§  Penugasan
§  Observasi
§  Diskusi
§  Demonstrasi

V.          Langkahlangkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Memberikan salam.
§  Memimpin doa
§  Melakukan apersepsi
§  Menyampaikan materi

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan proses tatacara kerja bangku dengan cara menggali imformasi dari  Modul.
§  Mendeskripsikan Pengertian tentang tata-cara kerjabangku.
§  Menerapkan teknik yang benar dalam melakukan kerja bangku.
§  Mempelajari  proses pemesinan dengan cara menggali imformasi dari  Modul.
§  Mengerti tentang berbagai proses pemesinan.
§  Mempelajari Parameter-parameter yang harus diatur dalam proses pemesinan.
§  Mengoperasikan dan mengatur parameter- parameter mesin proses pemesinan.
§  Mempelajari  proses pembuatan roda gigi.
§  Mempelajari Pengetahuan tentang proses pembuatan roda gigi.
§  Mempelajari Penentuan metode pembuatan roda gigi yang paling sesuai dengan kebutuhan.
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Membuat berbagai macam roda gigi dengan mesin dan metode yang sesuai.
§  Membuat berbagai roda gigi dengan kepala pembagi.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi.
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama

VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Tes tertulis
§  Observasi/ pengamatan
§  Interview

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Tatacara kerja bangku yang benar dikenal dan dilaksanakan
§  Perlengkapan kerja bangku disebutkan.
§   proses pemesinan. dijelaskan sesuai buku informasi
§  parameter-parameter mesin dan alat potong. dijelaskan sesuai buku informasi
§  pengaturan putaran mesin. dijelaskan sesuai buku informasi
§  proses pembuatan roda gigi dijelaskan sesuai buku informasi
§   pisau cutter modul dijelaskan sesuai buku informasi
§  macam- macam roda gigi dijelaskan sesuai buku informasi
§  metode pembagian kepala pembagi dijelaskan sesuai buku informasi
Tes Tertulis
observasi
§  Bagaimana tatacara kerja bangku yang benar dikenal dan dilaksanakan
§  Sebutkan Perlengkapan kerja bangku.
§  Jelaskan proses pemesinan.
§  Jelaskan parameter-parameter mesin dan alat potong.
§  Jelaskan pengaturan putaran mesin.
§  Jelaskan proses pembuatan roda gigi
§  Jelaskan pisau cutter modul
§  Jelaskan macam- macam roda gigi
§  Jelaskan metode pembagian kepala pembagi



Mengetahui,
Kepala SMK ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  20 …….
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :