RPP SISTEM STATER DAN PENGISIAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  ………........................
Kelas/Semester                   : XII /V
Alokasi Waktu                    : 18 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  Teknik Kendaraan Ringan
Standar Kompetensi          : 1.      Memperbaiki Sistem Starter dan Pengisian.
Kompetensi Dasar              :  1.1.   Mengidentifikasi system starter.

Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§  Fungsi dan prinsip kerja sistem starter dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Jenis dan komponen  sistem starter dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Prosedur pelepasan motor  starter dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Indentikasi komponen-komponen Sistem starter diuji dan hasilnya dicatat menurut prosedur dan kebiJakan perusahaan.

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat mengidentifikasi system starter

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami fungsi dan prinsip kerja sistem starter
§  Siswa dapat memahami jenis dan komponen  sistem starter
§  Siswa dapat memahami prosedur pelepasan motor  starter
Afektif
§  Siswa dapat mengenal fungsi dan prinsip kerja sistem starter
§  Siswa dapat mengenal jenis dan komponen  sistem starter
§  Siswa dapat mengenal prosedur pelepasan motor  starter
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan fungsi dan prinsip kerja sistem starter
§  Siswa dapat menjelaskan jenis dan komponen  sistem starter
§  Siswa dapat menjelaskan prosedur pelepasan motor  starter



III.       Materi Pokok
§  Wiring sistem starter
§  Jenis dan konstruksi Motor staster

IV.       Metode Pembelajaran
§  Teori, diskusi, penugasan,kerja kelompok  dan Praktek

V.          Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Memberikan salam.
§  Memimpin doa.
§  Melakukan apersepsi.
§  Menyampaikan materi

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan fungsi dan prinsip kerja sistem starter   melalui penggalian berbagai infomasi
§  Membaca simbol dan wiring sistem starter pada wiring diagram kelistrikan kendaraan. Mengidentifikasi teknik pelepasan motor starter dengan mempelajari service manual.
§  Mengidentifikasi jenis dan  komponen sistem starter melalui penggalian infomasi pada buku manual dan observasi benda kerja.
§   Mencatat hasil indentifikasi komponen motor starter dan spesifikasi pada lembaran kerja.
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Mendiskusikan komponen utama system starter  dan fungsinya.
§  Mendiskusikan cara kerja pelepasan motor  starter
§  Praktek teknik pelepasan motor starter

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi.
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan dating
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Modul
§  Stater
§  Alternator

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Fungsi dan prinsip kerja sistem starter dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Jenis dan komponen  sistem starter dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Prosedur pelepasan motor  starter dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Indentikasi komponen-komponen Sistem starter diuji dan hasilnya dicatat menurut prosedur dan kebiJakan perusahaan.
Tes Tertulis
Urain
§  Jelaskan fungsi dan prinsip kerja sistem starter.
§  Jelaskan Jenis dan komponen  sistem starter.
§  Jelaskan Prosedur pelepasan motor  starter.
§  Jelaskan Indentikasi komponen-komponen Sistem starter diuji dan hasilnya dicatat menurut prosedur dan kebiJakan perusahaan.







Mengetahui,
Kepala SMK ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  20 …….
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  ………........................
Kelas/Semester                   : XII / V
Alokasi Waktu                    : 18 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  Teknik Kendaraan Ringan
Standar Kompetensi          : 1 Memperbaiki Sistem Starter dan Pengisian.
Kompetensi Dasar              :  1.2    Mengidentifikasi system pengisian.

Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§  Fungsi dan prinsip kerja sistem pengisian dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Jenis dan komponen  pengisian dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Prosedur pelepasan Alternator dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Indentikasi komponen-komponen Sistem starter diuji dan hasilnya dicatat menurut prosedur dan kebiJakan perusahaan.

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat mengidentifikasi system pengisian

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami fungsi dan prinsip kerja sistem pengisian
§  Siswa dapat memahami jenis dan komponen  sistem pengisian
§  Siswa dapat memahami prosedur pelepasan Alternator
Afektif
§  Siswa dapat mengenal fungsi dan prinsip kerja sistem pengisian
§  Siswa dapat mengenal jenis dan komponen  sistem pengisian
§  Siswa dapat mengenal prosedur pelepasan Alternator
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan fungsi dan prinsip kerja sistem pengisian
§  Siswa dapat menjelaskan jenis dan komponen  sistem pengisian
§  Siswa dapat menjelaskan prosedur pelepasan Alternator




III.       Materi Pokok
§  Wiring sistem pengisian
§  Jenis dan konstruksi Alternator

IV.       Metode Pembelajaran
§  Teori, diskusi, penugasan,kerja kelompok  dan Praktek

V.          Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Memberikan salam.
§  Memimpin doa.
§  Melakukan apersepsi.
§  Menyampaikan materi.

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan fungsi dan prinsip kerja sistem pengisian   melalui penggalian berbagai infomasi.
§  Membaca simbol dan wiring sistem pengisian pada wiring diagram kelistrikan kendaraan.
§  Mengidentifikasi teknik pelepasan Alternator dengan mempelajari service manual.
§  Mengidentifikasi jenis dan  komponen sistem pengisian  melalui penggalian infomasi pada buku manual dan observasi benda kerja.
§  Mencatat hasil indentifikasi komponen Alternator dan spesifikasi pada lembaran kerja.

 KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Praktek merangkai sistem pengisian.
§  Praktek pemeriksaan perbaikan dan pengantian komponen system starter

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Modul
§  Stater
§  Alternator

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Fungsi dan prinsip kerja sistem pengisian dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Jenis dan komponen  pengisian dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Prosedur pelepasan Alternator dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Indentikasi komponen-komponen Sistem starter diuji dan hasilnya dicatat menurut prosedur dan kebiJakan perusahaan
Tes Tertulis
Urain
§  Jelaskan fungsi dan prinsip kerja sistem pengisian.
§  Jelaskan Jenis dan komponen  pengisian.
§  Jelaskan Prosedur pelepasan Alternator.
§  Sebutkan beberapa penyebab sistem pengisian tidak bekerja.

Mengetahui,
Kepala SMK ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  20 …….
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  ………........................
Kelas/Semester                   : XII / V
Alokasi Waktu                    : 18 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  Teknik Kendaraan Ringan
Standar Kompetensi          : 1 Memperbaiki Sistem Starter dan Pengisian.
Kompetensi Dasar              :  1.3.   Memperbaiki sistem starter dan komponen-komponennya.

Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§  Jenis gangguan sistem starter dan penyebabnya dijelaskan berdasarkan  buku informasi
§  Penentuan penggantian komponen  ditentukan berdasarkan pemeriksaan sesuai service manual
§  Penggantian komponen system starter dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya
§  Tes/pengujian dilakukan untuk menentukan sistem telah bekerja sesuai pada service manual

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat memperbaiki sistem starter dan komponen-komponennya

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami jenis gangguan sistem starter dan penyebabnya
§  Siswa dapat memahami perbaikan motor starter dan komponen-komponennya
Afektif
§  Siswa dapat mengenal jenis gangguan sistem starter dan penyebabnya
§  Siswa dapat mengenal perbaikan motor starter dan komponen-komponennya
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan jenis gangguan sistem starter dan penyebabnya
§  Siswa dapat menjelaskan perbaikan motor starter dan komponen-komponennya



III.       Materi Pokok
§  Gangguan motor starter
§  Perbaikan motor starter

IV.       Metode Pembelajaran
§  Teori, diskusi, penugasan,kerja kelompok  dan Praktek

V.          Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Memberikan salam.
§  Memimpin doa.
§  Melakukan apersepsi.
§  Menyampaikan materi
Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan gangguan-gangguan sistem starter  dan penyebabnya melalui penggalian berbagai informasi.
§  Menentukan gangguan pada komponen sistem starter melalui pemeriksaan visual dan pengukuran spesifikasi.
§  Mendeskripsikan peralatan dan  prosedur pengujian sistem starter   melalui buku        manual
§  Memeriksa kehilangan tegangan rangkaian sistem starter melalui pengukuran. .

KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Memeriksa besar arus yang mengalir saat starter melalui pengukuran.
§  Memeriksa kerja selenoid melalui pengujian
§  Membongkar, memeriksa dan memperbaiki motor starter.
§  Menguji kerja starter tanpa dan dengan beban sesuai SOP
§  Mendiskusikan Jenis gangguan sistem starter dan penyebabnya.
§  Praktek pemeriksaan perbaikan sistem starter dan komponen

 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Modul
§  Stater
§  Alternator

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Jenis gangguan sistem starter danpenyebabnyadijelaskan berdasarkan  buku informasi
§  Penentuan penggantian komponen  ditentukan berdasarkan pemeriksaan sesuai service manual
§  Penggantian komponen system starter dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya
§  Tes/pengujian dilakukan untuk menentukan sistem telah bekerja sesuai pada service manual
Tes Tertulis
Urain
§  Jelaskan Jenis gangguan sistem starter dan
§  Jelaskan Penentuan penggantian komponen  ditentukan berdasarkan pemeriksaan sesuai service manual
§  Jelaskan Penggantian komponen system starter dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya
§  Jelaskan tes/pengujian dilakukan untuk menentukan sistem telah bekerja sesuai pada service manual



Mengetahui,
Kepala SMK ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  20 …….
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  ………........................
Kelas/Semester                   : XII / V
Alokasi Waktu                    : 18 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  1. Teknik Kendaraan Ringan
Standar Kompetensi          : 1.  Memperbaiki Sistem Starter dan Pengisian.
Kompetensi Dasar              :  1.4Memperbaiki system pengisian dan komponen komponennya.

Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§  Jenis gangguan sistem starter dan penyebabnya dijelaskan berdasarkan  buku informasi
§  Penentuan penggantian komponen  ditentukan berdasarkan pemeriksaan sesuai service manual
§  Perbaikan system pengisisan dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya
§  Tes/pengujian dilakukan untuk menentukan kesalahan/kerusakan dengan menggunakan peralatan dan teknik yang sesuai.
§  Seluruh kegiatan pengujian  dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Kese-lamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusahaa

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat memperbaiki sistem pengisian dan komponen-komponennya

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami jenis gangguan sistem pengisian
§  Siswa dapat memahami perbaikan motor pengisian dan komponen-komponennya
Afektif
§  Siswa dapat mengenal jenis gangguan sistem pengisian
§  Siswa dapat mengenal perbaikan motor pengisian dan komponen-komponennya
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan jenis gangguan sistem pengisian
§  Siswa dapat menjelaskan perbaikan pengisian dan komponen-komponennya


III.       Materi Pokok
§  Gangguan sistem pengisian
§  Perbaikan sistem pengisian

IV.       Metode Pembelajaran
§  Teori, diskusi, penugasan,kerja kelompok  dan Praktek

V.          Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Memberikan salam.
§  Memimpin doa.
§  Melakukan apersepsi.
§  Menyampaikan materi.

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan gangguan-gangguan sistem pengisian  dan penyebabnya melalui penggalian berbagai informasi.
§  Menentukan gangguan pada komponen sistem pengisian melalui pemeriksaan visual dan pengukuran spesifikasi.
§  Mendeskripsikan peralatan dan  prosedur pengujian sistem starter   melalui buku manual.  
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Memeriksa  tegangan rangkaian sistem pengisian melalui pengukuran.
§  Memeriksa kerja regulator melalui pengujian.
§  Mengukur kehilangan tegangan rangkaian sistem pengisian sesuai SOP.
§  Memperbaiki Alternator berdasarkan hasil pemeriksaan.
§  Menguji kerja system pengisian tanpa beban sesuai SOP.
§  Menguji output alternator pada alternator  test bench mengikuti service manual/SOP. Menganalisis dan menentukan gangguan pada sistem pengisian.
§  Mempelajari prosedur perbaikan  sistem pengisian   melalui buku manual.
§  Melepas motor  alternator dari mesin sesuai prosedur.
§  Membongkar komponen motor altenator sesuai SOP

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi.
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Modul
§  Stater
§  Alternator


VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Jenis gangguan sistem starter dan penyebabnya dijelaskan berdasarkan  buku informasi
§  Penentuan penggantian komponen  ditentukan berdasarkan pemeriksaan sesuai service manual
§  Perbaikan system pengisisan dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya
§  Tes/pengujian dilakukan untuk menentukan kesalahan/kerusakan dengan menggunakan peralatan dan teknik yang sesuai.
§  Seluruh kegiatan pengujian  dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Kese-lamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusahaa
Tes Tertulis
Urain
§  Jelaskan Jenis gangguan sistem starter dan penyebabnya
§  Jelaskan Penentuan penggantian komponen  ditentukan berdasarkan pemeriksaan sesuai service manual
§  Jelaskan Perbaikan system pengisisan dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya
§  Jelaskan Tes/pengujian dilakukan untuk menentukan kesalahan/kerusakan dengan menggunakan peralatan dan teknik yang sesuai.
§  Jelaskan Seluruh kegiatan pengujian  dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Kese-lamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusahaan








Mengetahui,
Kepala SMK ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  20 …….
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :

SOAL SISTEM PENGAPIAN

Pilihan ganda
1. Sistem pada kendaraan yang berfungsi untuk memercikkan bungan api pada busi untuk membakar     campuran bahan bakar dalam ruang bakar pada akhir langkah kompresi adalah .........
    a. Sistem stater
    b. Sistem pengisian
    c. Sistem pemindah tenaga
    d. Sistem penerangan
    e. Sistem pengapian

2. Nama rangkaian didalam coil pengapian adalah ......
a. Primer
b. Sekunder
c. Listrik
d. Sekunder dan resistor
e. Primer dan sekunder 


3. Coil dalam system pengapian berfungsi untuk:
a. Menaikan tegangan dari baterai
b. Menurunkan tegangan dari baterai
c. Menstabilkan tegangan dari baterai
d. Mengecilkan tegangan dari baterai
e. Mengalirkan tegangan dari baterai

4. Didalam coil dengan external resistor terdapat ...... terminal.
a. 1 teminal
b. 2 terminal
c. 3 terminal
d. 4 treminal
e. 5 terminal

5. Pada coil dengan type external resistor terdapat tiga terminal yaitu:
a. Terminal positif,negative dan R
b. Terminal positif,negative dan B
c. Terminal positif,negative dan S
d. Terminal possitif,negative dan T
e. Terminal positif,negative dan E

6. Proses naiknya tegangan didalam coil sering disebut dengan proses .......
a. Elektrik
b. Elektrodinamik
c. Elektroinduction
d. Elektromagnetik
e. Elektronika

 7. Salah satu komponen dari system pengapian yang berfungsi menghasilkan bunga api dengan  bertegangan tinggi yang dihasilkan coil adalah ......
a. Baterai
b. Resistor
c. Busi
d. Distributor
e. Coil

8. Pada busi terdapat dua buah elektroda yaitu:
a. Atas dan bawah
b. Atas dan samping
c. Tengah dan samping
d. Bawah dan tengah
e. Bawah dan samping

9. Salah satu dari elektroda pada busi yang berfungsi mengalirkan arus listrik dari distributor adalah...
a. Atas
b. Tengah
c. Bawah
d. Samping
e. Dalam

10. Salah satu bagian dari busi yang berfungsi untuk mencegah bocornya arus listrik tegangan tinggi adalah:
a. Konduktor
b. Regulator
c. Komutator
d. Isolator
e. Selector

11. Kemampuan meradiasikan sejumlah panas oleh busi merupakan pengertian dari
a. Nilai panas busi
b. Nilai busi
c. Kapasitas busi
d. Daya kerja busi
e. Nilai isolator busi


12. Mekanisme untuk memajukan pengapian yang terdiri dari dua buah pemberat yang mempunyai titik tumpu pada bagian bawah distributor adalah:
a. Pengendali pengapian vacuum
b. Pengendali pengapian centrifugal
c. Pengendali pengapian potensial
d. Pengendali pengapian advancer
e. Pengendali sistem pengapian

13. Mekanisme untuk memajukan pengapian yang terdiri atas unit diaphragma vacuum adalah:
a. Pengendali pengapian vacuum
b. Pengendali pengapian centrifugal
c. Penendali pengapian potensial
d. Pengendali pengapian advancer
e. Pengendali pengapian elektrik

14. Jika campuran bahan bakar kaya dan tekanan kompresi tinggi maka pada waktu terjadi proses pengapian menyebabkan.......?
a. Merambat kesegala arah
b. Terbakar sebagian
c. Tidak terbakar
d. Cepat terbakar
e. Susah terbakar

15. Jika campuran bahan bakar miskin dan tekanan kompresi rendah maka pada waktu pengapian menyebabkan .....?
a. Terbakar sebagian
b. Tidak terbakar
c. Mudah terbakar
d. Cepat terbakar
e. Lambat terbakar 

16. Bila beban mesin ringan maka pembukaan throttle valve juga kecil sehingga kevacuman didalam intake manifold menjadi ......
a. Berkurang
b. Bertambah
c. Tetap
d. Berubah
e. Pasif

 17. Sudut dwell adalah besarnya sudut putar cam distributor yang dibentuk saat platina mulai.....
a. Membuka kemudian menutup
b. Menutup sampai membuka pada tonjolan berikutnya
c. Membuka dan menutup pada tonjolan berikutnya
d. Membuka
e. Menutup

.
18. Apabila celah kontak point besar maka sudut dwell....... ?
a. Besar
b. Kecil
c. Tetap
d. Berubah
e. Mengecil

19. Apabila celah kontak point kecil maka sudut dwell .....?
a. Besar
b. Kecil
c. Tetap
d. Berubah
e. Stabil

20. Besarnya sudut dwell dapat dicari dengan rumus:
a. 100% x 360/n  (n = jumlah silinder)
b. 75% x 180/n   (n = jumlah silinder)
c. 60% x 180/n   (n = jumlah silinder)
d. 60% x360/n    (n = jumlah silinder)
e. 50% x 360/n  (n = jumlah silinder)

21. Bila celah kontak point sempit maka sudut dwell besar, ini akan menyebabkan .....
a. Kontak point terbuka lebih cepat
b. Kontak point terbuka lebih lambat
c. Kontak point tetutup cepat
d. Kontak point tertutup lambat
e. Kontak point terbuka dan tertutup lebih cepat

22. Berikut adalah urutan kerja dalam sistem pengapian yang benar adalah:
a. Baterai – kuncikontak – fuse – resistor – coil – distributor – busi
b. Baterai – fuse – kuncikontak – coil – distributor – busi
c. Baterai – fuse – resistor – coil – distributor – busi
d. Baterai – kuncikontak – coil – distributor – busi
e. Baterai – kuncikontak – resistor – coill – distributor – busi

23. Dibawah ini adalah komponen – komponen system pengapian,kecuali.......
a. Bateray
b. Lampu
c. Distributor
d. Kondensor
e. Busi