RPP PROSES DASAR PEMBENTUKAN LOGAM

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  ………........................
Kelas/Semester                   : X / I
Alokasi Waktu                    : 12 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  Dasar Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi          : 1.   Memahami Proses-Proses Dasar Pembentukan Logam
Kompetensi Dasar              :  1.1 Menjelaskan Proses Pengecoran.

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
§  Pemahaman Teknik pengecoran dengan cetakan pasir dijelaskan sesuai buku informasi
§  Pembuatan  model dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Pembuatan Rangka cetak dilaksanakan
§  Teknik pengecoran dengan cetakan khusus dijelaskan sesuai buku informasi
§  Metode pengecoran khusus dijelaskan sesuai buku informasi

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat menjelaskan Proses Pengecoran.

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami Pemahaman Teknik pengecoran dengan cetakan pasir
§  Siswa dapat memahami Pembuatan  model.
§  Siswa dapat memahami Pembuatan Rangka cetak dilaksanakan
§  Siswa dapat memahami Teknik pengecoran dengan cetakan khusus
§  Siswa dapat memahami Metode pengecoran khusus.
Afektif
§  Siswa dapat mengenal Jenis- Pemahaman Teknik pengecoran dengan cetakan pasir
§  Siswa dapat mengenal Pembuatan  model.
§  Siswa dapat mengenal Pembuatan Rangka cetak dilaksanakan
§  Siswa dapat mengenal Teknik pengecoran dengan cetakan khusus
§  Siswa dapat mengenal Metode pengecoran khusus.
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan Pemahaman Teknik pengecoran dengan cetakan pasir
§  Siswa dapat menjelaskan Pembuatan  model.
§  Siswa dapat menjelaskan Pembuatan Rangka cetak dilaksanakan
§  Siswa dapat menjelaskan Teknik pengecoran dengan cetakan khusus
§  Siswa dapat menjelaskan Metode pengecoran khusus.
§  Siswa dapat memyebutkn Proses pembuatan cetakan pasir termasuk proses persiapan dan pengolahan pasir cetak serta alat bantu yang dipakai


III.       Materi Pokok
§  Proses pembuatan cetakan pasir termasuk proses persiapan dan pengolahan pasir cetak serta alat bantu yang dipakai.
§  Berbagai teknik pengecoran khusus seperti: pengecoran dengan menggunakan cetakan logam, pengecoran sentrifugal, pengecoran presisi dan pengecoran kontinu.

IV.       Metode Pembelajaran
§  Informasi
§  Penugasan
§  Observasi
§  Diskusi
§  Demonstrasi

V.          Langkahlangkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Memberikan salam.
§  Memimpin doa
§  Melakukan apersepsi
§  Menyampaikan materi

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan teknik pengecoran dengan cetakan pasir dengan cara mengali imformasidari Buku Manual
§  Membuat cetakan dan melakukan pengecoran dengan cetakan pasir.
§  Mendeskripsikan  jenis pengecoran yang sesuai dengan jenis material dan pe-makaiannya dengan cara mengali imformasidari Buku Manual
§  Mendeskripsikan Pengertian tentang ber-bagai metode pengecor-an dan pemakaiannya dengan cara mengali imformasidari Buku Manual
§  KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Menentukan jenis proses pengecoran yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis material

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi.
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan dating
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama

VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Tes tertulis
§  Observasi/ pengamatan
§  Interview

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Pemahaman Teknik pengecoran dengan cetakan pasir dijelaskan sesuai buku informasi
§  Pembuatan  model dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Pembuatan Rangka cetak dilaksanakan
§  Teknik pengecoran dengan cetakan khusus dijelaskan sesuai buku informasi
§  Metode pengecoran khusus dijelaskan sesuai buku informasi
Tes Tertulis
observasi
§  Jelaskan Teknik pengecoran dengan cetakan pasir
§  Jelaskan Pembuatan  model
§  Jelaskan Pembuatan Rangka cetak dilaksanakan
§  Jelaskan Teknik pengecoran dengan cetakan khusus
§  Jelaskan Metode pengecoran khusus


Mengetahui,
Kepala SMK ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  20 …….
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  ………........................
Kelas/Semester                   : X / I
Alokasi Waktu                    : 12 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  Dasar Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi          : 2.   Memahami Proses-Proses Dasar Pembentukan Logam
Kompetensi Dasar              :  2.2 Menjelaskan Proses Pembentukan.

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
§  Proses perlakuan panas dijelaskan sesuai buku informasi
§  Proses pembentukan dengan panas dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Proses pembentukan dengan cara dingin dijelaskan sesuai buku informasi.
§  proses pembentukan dingin dilakukan sesuai gambar kerja

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat menjelaskan Proses Pembentukan.

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami proses perlakuan panas
§  Siswa dapat memahami proses pembentukan dengan panas.
§  Siswa dapat memahami proses pembentukan dengan cara dingin.
§  Siswa dapat memahami proses pembentukan dingin dilakukan sesuai gambar kerja.
Afektif
§  Siswa dapat mengenal proses perlakuan panas
§  Siswa dapat mengenal proses pembentukan dengan panas.
§  Siswa dapat mengenal proses pembentukan dengan cara dingin.
§  Siswa dapat mengenal proses pembentukan dingin dilakukan sesuai gambar kerja..
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan proses perlakuan panas
§  Siswa dapat menjelaskan proses pembentukan dengan panas.
§  Siswa dapat menjelaskan proses pembentukan dengan cara dingin.
§  Siswa dapat menyimpulkan proses pembentukan dingin dilakukan sesuai gambar kerja.


III.       Materi Pokok
§  Proses pembentukan panas seperti: rolling, forging, ekstrusi, pembuatan pipa, pembuatan tabung, penarikan dan pemutaran panas.
§  Proses pembentukan dingin seperti: penarikan, penekanan, pelengkungan, pengguntingan, proses pembentukan berenergi tinggi, hobb, ekstrusi dan penumbukan peluru.

IV.       Metode Pembelajaran
§  Informasi
§  Penugasan
§  Observasi
§  Diskusi
§  Demonstrasi

V.          Langkahlangkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Memberikan salam.
§  Memimpin doa
§  Melakukan apersepsi
§  Menyampaikan materi


Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan proses pembentukan panas dengan cara menggali imformasi dari  Modul.
§  Mendeskripsikan Pengertian tentang ber-bagai metode pemben-tukan panas dengan cara menggali imformasi dari  Modul.

KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Menentukan metode terbaik untuk mem-bentuk bahan baku menjadi produk dengan proses pengerjaan panas Mempelajari  proses pembentuk-an dingin dengan cara menggali imformasi dari  Modul.
§  Mendeskripsikan Pengertian tentang berbagai metode pemben-tukan dingin dengan cara menggali imformasi dari  Modul.
§  Menentukan metode terbaik untuk membentuk bahan baku menjadi produk dengan proses pengerjaan dingin 

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui

Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi.
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama

VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Tes tertulis
§  Observasi/ pengamatan
§  Interview

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Proses perlakuan panas dijelaskan sesuai buku informasi
§  Proses pembentukan dengan panas dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Proses pembentukan dengan cara dingin dijelaskan sesuai buku informasi.
§  proses pembentukan dingin dilakukan sesuai gambar kerja
Tes Tertulis
observasi
§  Jelaskan Proses perlakuan panas
§  Jelaskan Proses pembentukan dengan panas.
§  Jelaskan Proses pembentukan dengan cara dingin.
§  Jelaskan proses pembentukan dingin dilakukan sesuai gambar kerja


Mengetahui,
Kepala SMK ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  20 …….
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  ………........................
Kelas/Semester                   : X / I
Alokasi Waktu                    : 12 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  Dasar Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi          : 2.   Memahami Proses-Proses Dasar Pembentukan Logam
Kompetensi Dasar              :  2.3 Menjelaskan Proses permesinan.

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
§  Tatacara kerja bangku yang benar dikenal dan dilaksanakan
§  Perlengkapan kerja bangku disebutkan.
§  Proses pemesinan. dijelaskan sesuai buku informasi
§  parameter-parameter mesin dan alat potong. dijelaskan sesuai buku informasi
§  pengaturan putaran mesin. dijelaskan sesuai buku informasi
§  proses pembuatan roda gigi dijelaskan sesuai buku informasi
§   pisau cutter modul dijelaskan sesuai buku informasi
§  macam- macam roda gigi dijelaskan sesuai buku informasi
§  metode pembagian kepala pembagi dijelaskan sesuai buku informasi

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat menjelaskan Proses permesinan.

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami Proses permesinan.
Afektif
§  Siswa dapat mengenal Proses permesinan
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan Proses permesinan.
§  Siswa dapat menyimpulkan Proses permesinan.



III.       Materi Pokok
§  Tata cara kerja bangku seperti: palu, ragum, gergaji, pahat tangan, kikir, tap dan keling dingin.
§  Jenis-jenis proses pemesinan seperti; proses bubut, sekrap, boor, frais dan gerinda.
§  Pengenalan gerak potong dan gerak makan.
§  Pengenalan material pahat.
§  Nomer cutter roda gigi.
§  Metode pembuatan roda gigi.

IV.       Metode Pembelajaran
§  Informasi
§  Penugasan
§  Observasi
§  Diskusi
§  Demonstrasi

V.          Langkahlangkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Memberikan salam.
§  Memimpin doa
§  Melakukan apersepsi
§  Menyampaikan materi

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan proses tatacara kerja bangku dengan cara menggali imformasi dari  Modul.
§  Mendeskripsikan Pengertian tentang tata-cara kerjabangku.
§  Menerapkan teknik yang benar dalam melakukan kerja bangku.
§  Mempelajari  proses pemesinan dengan cara menggali imformasi dari  Modul.
§  Mengerti tentang berbagai proses pemesinan.
§  Mempelajari Parameter-parameter yang harus diatur dalam proses pemesinan.
§  Mengoperasikan dan mengatur parameter- parameter mesin proses pemesinan.
§  Mempelajari  proses pembuatan roda gigi.
§  Mempelajari Pengetahuan tentang proses pembuatan roda gigi.
§  Mempelajari Penentuan metode pembuatan roda gigi yang paling sesuai dengan kebutuhan.
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Membuat berbagai macam roda gigi dengan mesin dan metode yang sesuai.
§  Membuat berbagai roda gigi dengan kepala pembagi.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi.
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama

VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Tes tertulis
§  Observasi/ pengamatan
§  Interview

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Tatacara kerja bangku yang benar dikenal dan dilaksanakan
§  Perlengkapan kerja bangku disebutkan.
§   proses pemesinan. dijelaskan sesuai buku informasi
§  parameter-parameter mesin dan alat potong. dijelaskan sesuai buku informasi
§  pengaturan putaran mesin. dijelaskan sesuai buku informasi
§  proses pembuatan roda gigi dijelaskan sesuai buku informasi
§   pisau cutter modul dijelaskan sesuai buku informasi
§  macam- macam roda gigi dijelaskan sesuai buku informasi
§  metode pembagian kepala pembagi dijelaskan sesuai buku informasi
Tes Tertulis
observasi
§  Bagaimana tatacara kerja bangku yang benar dikenal dan dilaksanakan
§  Sebutkan Perlengkapan kerja bangku.
§  Jelaskan proses pemesinan.
§  Jelaskan parameter-parameter mesin dan alat potong.
§  Jelaskan pengaturan putaran mesin.
§  Jelaskan proses pembuatan roda gigi
§  Jelaskan pisau cutter modul
§  Jelaskan macam- macam roda gigi
§  Jelaskan metode pembagian kepala pembagi



Mengetahui,
Kepala SMK ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  20 …….
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :

SOAL TRANSMISI

Beri tanda silang pada jawaban yang kamu anggap paling benar.
1.  Berfungsi untuk mengatur tingkat kecepatan dalam proses pemindahan tenaga       dari  sumber tenaga ke roda kendaraan adalah…
a.     Kopling                                                 d. Differensial
b.    Transmisi                                              e. Universal Joint
c.     Propeller shaft

2.  Roda gigi yang bentuk giginya miring terhadap poros dan digunakan untuk      roda gigi  tetap disebut…
a.     Roda gigi jenis spur
b.    Roda gigi jenis helical
c.     Roda gigi jenis double helical
d.    Roda gigi jenis epicyclic
e.     Roda gigi hypoid

3.  Roda gigi bentuk giginya dobel miring terhadap porosnya disebut…
a.     Roda gigi jenis spur
b.    Roda gigi jenis helical
c.     Roda gigi jenis double helical
d.    Roda gigi jenis epicyclic

4.  Jenis transmisi manual yang  banyak dipergunakan pada kendaraan        modern adalah…
a.     Sliding mesh type
b.    Constant mesh type
c.     Synchromesh type
d.    Overdrive
e.      Automatic transmission

5. Dibawah ini yang tidak termasuk komponen-komponen utama transmisi       otomatis  adalah…
a.     Poros primer (input shaft)
b.    Poros perantara (counter shaft)
c.     Poros utama (output shaft)
d.    Transaxle
e.     Roda-roda gigi termasuk synchromesh

6. Befungsi untuk menyesuaikan putaran sehingga putaran menjadi      sama /serempak adalah…
a.     Synchromesh                                      d. Interlock system
b.    Caunter gear                                        e. Main gear
c.     Reverse ldle gear

7.  Komponen synchromesh dimana diameter luarnya dibuat alur untuk tempat       kedudukan shift fork adalah…
a.     Clutch hub                                           d. Shifiing key
b.    Clutch heal sleeve                                e. Key spring
c.     Synchornizer ring

8. Pada setiap roda gigi berkaitan dengan roda gigi yang digerakkan dan      berputar       bebas terhadap porosnya disebut…
a.     Tahap pertama                         d. Netral
b.    Tahap kedua                             e. Mundur
c.     Tahap ketiga

9.  Komponen transmisi yang berhubungan dengan kopling adalah…
a.     Input shaft transmission
b.    Output shaft transmission
c.     Counter shaft
d.    Counter gear
e.     Shift fork

10.  Berfungsi melingkupi poros output transmisi dan menahan seal oli belakang       juga menyokang poros output disebut…
a.     Extension housing
b.    Output shaft transmission
c.     Counter shaft
d.    Counter gear
e.     Shift fork

11.  Bagian synchromesh yag dipasangkan di tiga tempat di bagian luar diameter        clutch hub adalah…
a.     Output shaft                                        d. Synchormesh shifing key
b.    Clutch hub slave                                  e. Synchormizer ring
c.     Shift fork

12.  Untuk mengoperasikan transmisi yaitu merubah dari kecepatan yang satu        ke  kecepatan yang lain, maka pada transmisi dipasang….
a.     Mekanisme selector                             d. Shift fork lock
b.    Shift lever                                            e. shift fork head
c.     Shift fork

13. Sistem / komponen pada kendaraan perpindahan giginya terjadi secara      otomatis       berdasarkan beban mesin       adalah fungsi dari…
a.     Automatic transmission
b.    Sliding mesh transmission
c.     Synchormesh transmission
d.    Coustant mesh transmission
e.     Overdrive

14. Transmsi otomatis yang waktu perpindahan gigi dan eaktu lock upnya diatur        secara elektronik disebut…
a.     Full hydraulic
b.    Electronic control transmission
c.     Torque converter
d.    Overdrive
e.     Synchromesh transmission

15.  Pada automatic transmission tipe ECT menggunakan data (shift and lock        pattern) yang tersimpan dalam…
a.     ECU                                               d. Pulsation damper
b.    Actuator                                          e. Air flow
c.     Delivery valve

16. Yang bukan merupakan keuntungan dari transmissi otomatis tipe ECT       adalah….
a.     Pengemudi dapat memilih mode pengendaraan
b.    Mengurangi getaran perpindahan gigi
c.     Pemakaian bahan bakar lebih irit
d.    Mempunyai fungsi diagnosa dan memori
e.     Mampu mengeluarkan minyak pelumas dengan baik

17. Dibawah Ini yang tidak termasuk keuntungan-keuntungan dari transmisi       otomatis adalah…
a.     Mengurangi kelelahan pengemudi karena tidak ada pengoperasian pedal         kopling dan pemindahan gigi
b.    Perpindahan gigi terjadi secara otomatis
c.     Putaran mesin lebih halus dan lembut
d.    Tenaga yang dihasilkan lebih besar dan irit bahan bakar
e.     Mengurangi beban mesin karena mesin dan pemindah daya dihubungkan         melalui fluida secara hidrolis

18.  Transmisi otomatis tipe automatis transaxle digunakan pada kendaraan tipe….
a.     Front engine-front wheel drive (FF)
b.    Front engine-rear wheel drive (FR)
c.     Front engine-rear wheel drive (RR)
d.    Four wheel drive (4WD)
e.     Bus dan truk

19.  Di bawah ini yang tidak termasuk komponen-komponen transmisi otomatis        adalah
a.     Torque converter                             d.  Automatic transmission fluid
b.    Planetary gear                                   e.  Counter gear
c.     Hydraulic control unit

20. Bagian torgue converter yang berfungsi untuk menyearahkan aliran fluida dari       turbine  runner adalah…
a.    Turbine runner                                                      d. One-way clutch
b.    Stator                                                                     e. Drive plate   
c.     Pump inpeller         
                             
21. Agar putaran mesin dapat dipindahkan 100% ke transmisi maka dipasang       komponen…
a.     Lock up clutch                                                        d. Planetary gear
b.    One-way clutch                                                        e. converter case
c.     Drive plate

22. Dibawah ini yang tidak termasuk  fungsi planetary gear adalah…
a.     Merubah perbandingan gigi
b.    Untuk merubah momen dan kecepatan
c.     Memungkinkan gerakan mundur
d.    Memungkinkan gigi mundur
e.     Menambah dan mengurangi kecepatan

23.  Dibawah ini adalah komponen-komponen planetary gear, kecuali .......
a.     Ring gear                                                                d. Pinion shaft
b.    Sun gear                                                                   e. Drive shaft

c.     Pinion gear