RPP GAMBAR TEKNIK OTOMOTIF / TKR

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  SMK NUSANTARA
Kelas/Semester                   : X / I
Alokasi Waktu                    : 30 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  Dasar Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi          : 1.      Menginterprestaikan Gambar Teknik
Kompetensi Dasar              :  1.1    Menjelaskan standar menggambar teknik.

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
§  Ukuran - ukuran gambar dijelaskan sesuai aturan stándar ISO
§  Tanda-tanda atau simbol gambar  dijelaskan sesuai aturan stándar ISO
§  Gambar teknik dideskripsikan sesuai aturan proyeksi

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat menjelaskan standar menggambar teknik.

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami ukuran-ukuran gambar dijelaskan sesuai aturan stándar ISO
§  Siswa dapat memahami tanda-tanda atau simbol gambar  sesuai aturan stándar ISO
§  Siswa dapat memahami gambar teknik dideskripsikan sesuai aturan proyeksi
Afektif
§  Siswa dapat mengenal ukuran-ukuran gambar dijelaskan sesuai aturan stándar ISO
§  Siswa dapat mengenal tanda-tanda atau simbol gambar  sesuai aturan stándar ISO
§  Siswa dapat mengenal gambar teknik dideskripsikan sesuai aturan proyeksi
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan ukuran-ukuran gambar dijelaskan sesuai aturan stándar ISO
§  Siswa dapat menjelaskan tanda-tanda atau simbol gambar  sesuai aturan stándar ISO
§  Siswa dapat menjelaskan gambar teknik dideskripsikan sesuai aturan proyeksi

III.       Materi Pokok
§  Ukuran-ukura gambar
§  Simbol-simbol/tanda penggambaran
§  Proyeksi

IV.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Demostrasi
§  Tanya jawab
§  Diskusi
§  Praktek

V.          Langkahlangkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Salam pembuka
§  Berdoa sebelummemulai pelajaran
§  Memeriksa jumlahpeserta didik
§  Penjelasan singkat tentang materi yangakan diajarkan
§  Penjelasan tentang tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan ukuran-ukuran gambar (kertas, garis, huruf) dan alat-alat gambar dengan menggali informasi pada buku gambar
§  Mendeskripsikan tanda/simbol pengerjaan dan toleransi  dengan menggali informasi pada buku gambar
§  Mendeskripsikan teknik penggambaran proyeksi orthogonal berdasarkan gambar piktorial
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Melakukan latihan menggambar proyeksi dan pemberian tanda-tanda pengerjaan serta ukura mengacu Standar ISO Menggunakan alat gambar sesuai ketentuan

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi.
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama

VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Modul
§  Internet
§  Buku gambar teknik
§  Buku spect produk dari perusahaan
§  Alat 2 gambar
§  Alat bantu mengajar lain
VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Ukuran ukuran gambar dijelaskan sesuai aturan stándar ISO
§  Tanda-tanda atau simbol gambar  dijelaskan sesuai aturan stándar ISO
§  Gambar teknik dideskripsikan sesuai aturan proyeksi
Tes Tertulis
observasi
§  Jelaskan Ukuran ukuran gambar sesuai aturan stándar ISO
§  Jelaskan Tanda-tanda atau simbol gambar  sesuai aturan stándar ISO
§  Jelaskan Gambar teknik dideskripsikan sesuai aturan proyeksi


Mengetahui,
Kepala SMK NUSANTARA



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  2015
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  SMK NUSANTARA
Kelas/Semester                   : X / I
Alokasi Waktu                    : 30 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  Dasar Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi          : 1. Menginterprestaikan Gambar Teknik
Kompetensi Dasar              :  1.2 Menggambar perspektif, proyeksi, pandangan dan potongan

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
§  Pembaca gambar-gambar komponen sesuai standard operasional perusahaan otomotif.
§  Pembaca wiring diagram sesuai standard  operasional perusahaaan.

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat menjelaskan standar menggambar teknik.

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami gambar-gambar komponen sesuai standard operasional perusahaan otomotif.
§  Siswa dapat memahami wiring diagram sesuai standard  operasional perusahaaan
Afektif
§  Siswa dapat mengenal gambar-gambar komponen sesuai standard operasional perusahaan otomotif.
§  Siswa dapat mengenal wiring diagram sesuai standard  operasional perusahaaan
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan gambar-gambar komponen sesuai standard operasional perusahaan otomotif.
§  Siswa dapat menjelaskan wiring diagram sesuai standard  operasional perusahaaan


III.       Materi Pokok
§  Gambar-gambar komponen .
§  Gambar gambar potongan.
§  Wiring diagram.
§  Diagram alur fluida dan tenaga.

IV.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Demonstrasi
§  Tanya jawab
§  Diskusi
§  Praktek

V.          Langkahlangkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Salam pembuka
§  Berdoa sebelummemulai pelajaran
§  Memeriksa jumlahpeserta didik
§  Penjelasan singkattentang materi yangakan diajarkan
§  Penjelasan tentang tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Siswa mempelajari jenis- jenis gambar perspektis,proyeksi, pandangan danpotongan
§  Siswa menggambar perspektif, proyeksipandangan dan potongan
§  Interaksi dengan tanya jawab antara guru dan siswa.

KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Membuat gambar piktorial sesuai stándar penggambaran ISO
§  Membuat gambar ortogonal sesuai stándar penggambaran ISO
§  Membuat gambar perspektif sesuai stándar penggambaran ISO
§  Membuat gambar wiring sesuai kaidah penggambaran teknik
§  Membuat gambar diagram alur sesuai kaidah penggambaran teknik
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi.
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama

VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Modul
§  Internet
§  Buku gambar teknik
§  Buku spect produk dari perusahaan
§  Alat 2 gambar
§  Alat bantu mengajar lain


VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Pembaca gambar-gambar komponen sesuai standard operasional perusahaan otomotif.
§  Pembaca wiring diagram sesuai standard  operasional perusahaaan.
Tes Tertulis
observasi
§  Sebutkan gambar-gambar komponen sesuai standard operasional perusahaan otomotif.
§  Jelaskan wiring diagram sesuai standard  operasional perusahaaan.


Mengetahui,
Kepala SMK NUSANTARA



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  2015
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  SMK NUSANTARA
Kelas/Semester                   : X / I
Alokasi Waktu                    : 30 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  Dasar Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi          : 1.   Menginterprestaikan Gambar Teknik
Kompetensi Dasar              :  1.3 Menjelaskan symbol-simbol kelistrikan

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
§  Simbol-simbol kelistrikan dijelaskan sesuai standar kelistrikan otomotif
§  Penggambaran simbol-simbol kelistrikan dilakukan sesuai kaidah penggambaran teknik

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat menjelaskan symbol-simbol kelistrikan.

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami simbol-simbol kelistrikan dijelaskan sesuai standar kelistrikan otomotif
§  Siswa dapat memahami gambar simbol-simbol kelistrikan dilakukan sesuai kaidah penggambaran teknik
Afektif
§  Siswa dapat mengenal simbol-simbol kelistrikan dijelaskan sesuai standar kelistrikan otomotif
§  Siswa dapat mengenal gambar simbol-simbol kelistrikan dilakukan sesuai kaidah penggambaran teknik
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan simbol-simbol kelistrikan dijelaskan sesuai standar kelistrikan otomotif
§  Siswa dapat menjelaskan gambar simbol-simbol kelistrikan dilakukan sesuai kaidah penggambaran teknik


III.       Materi Pokok
§  Gambar-gambar simbol kelistrikan

IV.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Demonstrasi
§  Tanya jawab
§  Diskusi
§  Praktek

V.          Langkahlangkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Salam pembuka
§  Berdoa sebelummemulai pelajaran
§  Memeriksa jumlahpeserta didik
§  Penjelasan singkattentang materi yangakan diajarkan
§  Penjelasan tentang tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan simbol-simbol kelistrikan dengan menggali informasi pada wiring diagram kendaraan ringan
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Menggambar simbol-simbol pada wiring diagram sesuai lembaran kerja
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdo’a bersama
VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Modul
§  Internet
§  Buku gambar teknik
§  Buku spect produk dari perusahaan
§  Alat 2 gambar
§  Alat bantu mengajar lain

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Simbol-simbol kelistrikan dijelaskan sesuai standar kelistrikan otomotif
§  Penggambaran simbol-simbol kelistrikan dilakukan sesuai kaidah penggambaran teknik
Tes Tertulis
observasi
§  Jelaskan Simbol-simbol kelistrikan sesuai standar kelistrikan otomotif
§  Sebutkan gambaran simbol-simbol kelistrikan dilakukan sesuai kaidah penggambaran teknik


Mengetahui,
Kepala SMK NUSANTARA



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  2015
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  SMK NUSANTARA
Kelas/Semester                   : X / I
Alokasi Waktu                    : 30 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  Dasar Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi          : 4.   Menginterprestaikan Gambar Teknik
Kompetensi Dasar              :  4.4 Membaca wiring diagram

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
§  Teknik pembacaan wiring diagran dilakukan sesuai service manual
§  Pembacaan wiring diagram dilakukan melalui gambar

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat membaca wiring diagram.

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami teknik pembacaan wiring diagran dilakukan sesuai service manual
§  Siswa dapat memahami membacaan wiring diagram dilakukan melalui gambar
Afektif
§  Siswa dapat mengenal teknik pembacaan wiring diagran dilakukan sesuai service manual
§  Siswa dapat mengenal membacaan wiring diagram dilakukan melalui gambar
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan teknik pembacaan wiring diagran dilakukan sesuai service manual
§  Siswa dapat menjelaskan wiring diagram dilakukan melalui gambar


III.       Materi Pokok
§  Gambar Wiring diagram.
§  Diagram alur fluida dan tenaga.

IV.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Demonstrasi
§  Tanya jawab
§  Diskusi
§  Praktek

V.          Langkahlangkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Salam pembuka
§  Berdoa sebelummemulai pelajaran
§  Memeriksa jumlahpeserta didik
§  Penjelasan singkattentang materi yangakan diajarkan
§  Penjelasan tentang tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan pembacaan gambar wiring diagram melalui service manual
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Membuat gambar wiring piktorial sesuai lembaran kerja
§  Membuat gambar diagram alur secara piktorial sesuai lembaran kerja
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi.
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama

VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Modul
§  Internet
§  Buku gambar teknik
§  Buku spect produk dari perusahaan
§  Alat 2 gambar
§  Alat bantu mengajar lain

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Teknik pembacaan wiring diagran dilakukan sesuai service manual
§  Pembacaan wiring diagram dilakukan melalui gambar
Tes Tertulis
observasi
§  Sebutkan Teknik wiring diagran dilakukan sesuai service manual
§  Sebutkan wiring diagram dilakukan melalui gambar


Mengetahui,
Kepala SMK NUSANTARA



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  2015
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  SMK NUSANTARA
Kelas/Semester                   : X / I
Alokasi Waktu                    : 30 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  Dasar Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi          : 1.   Menginterprestaikan Gambar Teknik
Kompetensi Dasar              :  1.5 Menginter pretasikan gambar teknik dan rangakaian

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
§  Pembacaan gambar-gambar komponen dilakukan sesuai standard operasional perusahaan otomotif

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat menginter pretasikan gambar teknik dan rangakaian.

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami gambar-gambar komponen dilakukan sesuai standard operasional perusahaan otomotif
Afektif
§  Siswa dapat mengenal gambar-gambar komponen dilakukan sesuai standard operasional perusahaan otomotif
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan gambar-gambar komponen dilakukan sesuai standard operasional perusahaan otomotif


III.       Materi Pokok
§  Gambar-gambar bagian.
§  Gambar gambar potongan.

IV.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Demonstrasi
§  Tanya jawab
§  Diskusi
§  Praktek

V.          Langkahlangkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Salam pembuka
§  Berdoa sebelummemulai pelajaran
§  Memeriksa jumlahpeserta didik
§  Penjelasan singkattentang materi yangakan diajarkan
§  Penjelasan tentang tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Siswa menggaliinformasi mengenaigambar rangkaiankelistrikan
§  Guru mengevaluasisecara lisan hasilpenggalian informasi
§  Siswa mempelajarirangkaian kelistrikanotomotif 
§  Siswa menjelaskanmakna dan cara kerja dariwiring diagram
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Membuat gambar piktorial
§  Membuat gambar ortogonal
§  Membuat gambar perspektif
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi.
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama

VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Modul
§  Internet
§  Buku gambar teknik
§  Buku spect produk dari perusahaan
§  Alat 2 gambar
§  Alat bantu mengajar lain

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Pembacaan gambar-gambar komponen dilakukan sesuai standard operasional perusahaan otomotif
Tes Tertulis
observasi
§  Sebutkan gambar-gambar komponen dilakukan sesuai standard operasional perusahaan otomotif



Mengetahui,
Kepala SMK NUSANTARA



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  2015
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :

Cara Merawat Gardan Mobil Agar Tak Cepat Rusak

Image result for differential leak
f150forum.com

Perawatan adalah suatu pekerjaan yang perlu dilakukan pada mobil atau kendaraan,  tujuannya adalah agar mobil atau kendaraan yang kita miliki tidak cepat mengalami kerusakan atau dengan kata lain awet kita gunakan, salah satu perawatan yang perlu diperhatikan pada mobil anda adalah dengan merawat gardan mobil.

Berikut ini beberapa tips perawatan yang bisa Anda lakukan :

1. Jaga kualitas oli gardan.

2. Ganti oli gardan secara rutin,bisa dengan mengganti setiap 10.000 km atau sesuai petunjuk service     manual book mobil anda.

3. Jika oli gardan bocor apalagi sampai habis akibatnya bisa fatal. Perhatikan selalu apakah ada       kebocoran oli pada gardan atau tidak, jika ada segera diperbaiki.

4. Selalu gunakan oli serta suku cadang yang asli agar terjamin kualitasnya.

             Demikian beberapa tips perawatan gardan mobil agar tidak cepat rusak, semoga     membantu.

     

SENSOR-SENSOR TEMPERATUR EFI

SENSOR-SENSOR TEMPERATUR



Macam-macam Sensor Temperatur sesuai dengan fungsinya digambarkan dalam Fig. 2-14

1.    Engine Coolant Temperature (ECT) Sensor


Fungsi:
Mengukur temperature coolant mesin agar ECM mengetahui nilai rata-rata dari temperature mesin secara keseluruhan.

Penempatan:     
ECT biasanya dipasang pada saluran coolant sebelum dan/atau berdekatan dengan thermostat.

Koneksi ke ECM:
ECT dihubungkan dengan terminal THW (khusus ECM Toyota dan sejenisnya) pada ECM.

Perhatian:
ECT merupakan sensor yang sangat penting guna mengaktifkan banyak fungsi dari ECM, seperti fugsi fuel injection, ignition timing, variable valve timing, transmission shifting, dsb. Lakukanlah pengecekan guna melihat apakah mesin berada pada temperatur operasi dan apakah ECT secara aktual melakukan report temperatur ke ECM? Rangkaian diperlihatkan pada Fig.2-15.

2.       Intake Air Temperature (IAT) Sensor


Fungsi:
Mendeteksi perubahan temperature udara masuk.

Penempatan:
1.   Pada kendaraan yang dilengkapi dengan sebuah MAP Sensor, IAT ditempatkan pada saringan udara.
2.   Pada kendaraan yang dilengkapi dengan Mass Air Flow sensor, IAT merupakan bagian satu kesatuan dari MAF sensor.

Koneksi ke ECM:
IAT sensor dihubungkan dengan terminal THA pada ECM.

Perhatian:
IAT sensor dipakai untuk mendeteksi ambient temperature pada kondisi cold start dan udara masuk akibat kenaikan temperature mesin.

Catatan:
Satu strategi pada pemakaian ECM dalam menentukan kondisi cold engine start adalah dengan membandingkan sinyal ECT dan sinyal IAT. Jika kedua sinyal berada pada 8'C (15'F) dari masing-masing sinyal, maka ECM mengasumsikan kondisi ini cold start. Strategi ini jadi sangat penting karena diperlukan dalam keperluan beberapa monitoring dalam proses diagnosis, misalnya EVAP monitor yang didasarkan pada kondisi cold start.
Gambar 2-16 menunjukkan Bentuk IAT sensor dan rangkaian koneksinya

3.    Exhaust Gas Recirculation (EGR) Temperature Sensor

Fungsi:
Mengukur temperature EGR

Penempatan:
EGR temperatur sensor dipasangkan pada saluran EGR

Koneksi ke ECM:
Dihubungkan ke ECM dengan terminal THG

Catatan:
Ketika katup EGR membuka, temperature akan meningkat. Sebagai akibat peningkatan dalam temperature ini maka ECM mengetahui bahwa katup EGR sedang dalam kondisi membuka dan ini berarti gas hasil pembakaran sedang mengalir. Gambar penempatan dan grafik keluarannya diperlihatkan dalam Fig. 2-17. dan Fig. 2-18.

Prinsip Kerja Sensor-sensor ECT, IAT, dan EGR Temperatur.
Guna mengukur temperatur yang berbeda-beda, tetapi mereka beroperasi dengan cara yang sama. Dari tegangan sinyal sensor-sensor temperature inilah ECM mengetahui nilai-nilai temperature mesin. Jika sensor mendeteksi adanya kenaikan temperature, maka sinyal tegangan keluarannya akan menurun. Penurunan dalam sinyal tegangan ini disebabkan oleh menurunnya nilai resistansi. Perubahan nilai resistansi inilah yang menyebabkan sinyal tegangan menurun.

Sensor temperature dihubungkan secara serial dengan sebuah fixed resistor tetap di dalam ECM. ECM memberikan tegangan 5 volts pada rangkaian dan mengukur perubahan tegangan diantara fixed resistor dan sensor temperature.

Ketika sensor dalam kondisi dingin, nilai resistansi dari sensor tinggi, dan sinyal tegangan juga tinggi. Sebagai adanya proses penghangatan (warms up), nilai resistansi menurun dan sinyal tegangan juga menurun. Dari sinyal tegangan inilah ECM dapat menentukan nilai temperature dari coolat, intake air, atau temperature exhaust gas.

Kabel masa dari sensor-sensor temperature tersebut selalu dihubungkan dengan terminal bumi, E2 pada ECM. Semua jenis sensor di atas diklasifikasikan sebagai Thermistor.

Diagnosa Sensor Temperatur

Rangkaian-rangkaian sensor temperature ditest guna menentukan parameter-parameter:
• rangkaian terbuka (opens circuit);
• rangkaian-rangkaian terhubung singkat (shorts);
• tegangan yang diperkenankan.
• nilai resistansi sensor.
Daftar uji dari alat uji diagnosa dapat dijadikan patokan untuk jenis-jenis masalahnya. Sebuah rangkaian terbuka (resistansi tinggi) akan diartikan dan/atau dibaca sebagai kemungkinan temperature yang sangat dingin. Sebuah rangkaian terhubung singkat (resistansi rendah) akan diartikan dan/atau dibaca sebagai kemungkinan temperature yang sangat tinggi. Prosedur diagnosa diterapkan guna mengisolasi dan mengidentifikasi sensor temperatur dari rangkaianya dan ECM.

Nilai resistansi tinggi dalam rangkaian temperature akan menyebabkan ECM mengartikan bahwa kondisi temperature dingin, dan memang sejatinya begitu. Nilai resistansi yang ekstra tinggi akan menyebabkan ECM mengartikan bahwa mesin memiliki kedinginan senilai 20’F = 30’F lebih dingin dari temperature yang sebenarnya. Hal ini akan menyebabkan pada kinerja mesin yang jelek, dan konsumsi bahan bakar yang boros, dan mungkin juga mesin menjadi overheating.

Pemecahan masalah rangkaian terbuka

Seutas kabel jumper dan alat uji diagnosa biasanya dipakai untuk menentukan lokasi masalah dalam rangkaian terbuka, seperti diperlihatkan dalam Fig. 2-19 dan 2-20.

Pemecahan masalah rangkaian terhubung singkat

Dengan memutus di titik-titik sambungan tertentu dalam rangkaian temperature akan mengisolasi hubungansingkat yang terjadi. Temperatur akan beranjak naik sangat rendah ketika terjadi pemutusan, seperti yang diperlihatkan dalam Fig. 2-21 dan 2-22.



RPP MEMELIHAARA SISTEM HIDROLIK DAN KOMPRESOR UDARA - RPP OTOMOTIF

Nama Sekolah                    : SMK NUSANTARA
Kelas/Semester                   : X / 2
Alokasi Waktu                    : 10 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  1.   Teknik Kendaraan Ringan (020)
Standar Kompetensi          : 1.   Memperbaiki sistem hidraulik dan kompresor Udara
Kompetensi Dasar              :  1.1 Mengindentifikasi sistem hidraulik

Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§  Prinsip dasar sistem  hydrolik dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Grafik simbol sistem hidrolik dijelaskan sesuai buku informasi
§  Komponen-komponen hidraulik peralatan bengkel otomotif dijelaskan sesuai service manual
§  Trace flow sirkuit sistem hidrolik dijelaskan sesuai buku informasi
§  Jenis cairan hidrolik dijelas kan sesuai spesifikasi dan karakteristiknya

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat mengindentifikasi sistem hidraulik.

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami prinsip dasar sistem  hydrolik.
§  Siswa dapat memahami grafik simbol sistem hidrolik
§  Siswa dapat memahami komponen-komponen hidraulik peralatan bengkel otomotif
§  Siswa dapat memahami trace flow sirkuit sistem hidrolik
§  Siswa dapat memahami jenis cairan hidrolik
Afektif
§  Siswa dapat mengenal prinsip dasar sistem  hydrolik.
§  Siswa dapat mengenal grafik simbol sistem hidrolik
§  Siswa dapat mengenal komponen-komponen hidraulik peralatan bengkel otomotif
§  Siswa dapat mengenal trace flow sirkuit sistem hidrolik
§  Siswa dapat mengenal jenis cairan hidrolik
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan prinsip dasar sistem  hydrolik.
§  Siswa dapat menjelaskan grafik simbol sistem hidrolik
§  Siswa dapat menjelaskan komponen-komponen hidraulik peralatan bengkel otomotif
§  Siswa dapat menjelaskan trace flow sirkuit sistem hidrolik
§  Siswa dapat menjelaskan jenis cairan hidrolik