Tips Merawat Aki Kering pada Motor

Pada sepeda motor aki  bertugas untuk menyimpan dan menyuplai listrik pada sistim penerangan, stater, ataupun klakson. Aki  dibedakan atas 2 yaitu aki basah dan aki kering, disebut aki kering karena aki ini tidak menggunakan cairan elektrolit sehingga tidak membutuhkan pemeliharaan seperti aki basah. Sekarang ini aki kering sudah banyak digunakan pada sepeda motor, dan bagi pemilik sepeda motor yang menggunakan aki kering berikut ini saya tuliskan beberapa tips perawatannya :
1. Gunakan sepeda motor anda sesering mungkin agar proses pengisian listrik pada aki tetap terjadi dan aki  pun selalu siap digunakan. Jika motor tidak digunakan maka usahakan untuk memanaskan motor sekitar 2-5menit tiap hari.
2. Tetap gunakan electric stater tiap hari kecuali saat memanaskan mesin pada pagi hari direkomendasikan menggunakan stater kaki supaya membantu memompa oleh ke seluruh komponen dalam mesin sepeda motor.
3..Pada saat menggunakan elektrik stater dan motor tidak mau hidup jangan menekan saklar stater terus menerus tapi berikan waktu jeda sekitar 5 detik agar daya dalam aki kembali stabil sebelum digunakan.
4. Hindari lubang atau jalan rusak ketika berkendara untuk menghindari goncangan karena bila sepeda motor sering mendapat goncangan yang berlebihan maka sel-sel dalam aki akan cepat rusak.


5. Cek posisi kabel terminal aki, usahakan tertutup rapat sebab bila terlalu lembab akan menyebabkan hubung singkat (korslet).