RPP POROS PENGGERAK RODA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  SMK Kr. Tagari
Kelas/Semester                   : XI / 4
Alokasi Waktu                    : 15 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  1.      Teknik Kendaraan Ringan (020)
Standar Kompetensi          : 10.   Memperbaiki poros penggerak roda.
Kompetensi Dasar              :  10.1. Memelihara/servis poros penggerak roda/drive shaft dan komponen-komponennya.


Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§  Prinsip kerja penggerak roda dijelaskan sesuai buku informasi
§  Jenis,Konstruksi dan komponen penggerak roda dijelaskan sesuai buku informasi
§  Prosedur pemeliharaan poros roda dijelaskan sesuai service manual
§  Pemeliharaan/servis poros penggerak roda dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya. 

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat memelihara /servis poros penggerak roda/drive shaft dan komponen-komponennya.

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami prinsip kerja penggerak roda
§  Siswa dapat memahami jenis,Konstruksi dan komponen penggerak roda
§  Siswa dapat memahami prosedur pemeliharaan poros roda.
Afektif
§  Siswa dapat mengenal prinsip kerja penggerak roda
§  Siswa dapat mengenal jenis,Konstruksi dan komponen penggerak roda
§  Siswa dapat mengenal prosedur pemeliharaan poros roda
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan prinsip kerja penggerak roda
§  Siswa dapat menjelaskan jenis,Konstruksi dan komponen penggerak roda
§  Siswa dapat menjelaskan prosedur pemeliharaan poros roda.

Nilai Karakter Bangsa :
  Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif :
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi tugas dan hasil (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Berani mengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin).
  Berorientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

III.       Materi Pokok
§  Jenis dan komponen penggerak roda
§  Pemeliharaan poros penggerak roda/drive shaft

IV.       Metode Pembelajaran
§  diskusi, penugasan,kerja kelompok dan Praktek.

V.          Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Memberikan salam.
§  Memimpin do’a.
§  Melakukan apersepsi.
§  Menyampaikan materi
Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan prinsip kerja penggerak roda melalui penggalian infomasi pada buku manual
§  Mendeskripsikan prosedur pemeliharaan poros penggerak roda melalui penggalian informasi buku manual
§  Memeriksa dust booth dan kebocoran pelumas penggerak roda. Memberikan pelumasan/greasing pada bearing.)
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  mendiskusikan prinsip kerja poros penggerak roda melalui penggalian infomasi pada buku manual
§  Kerja kelompok identifikasi fungsi bagian – bagian poros penggerak roda
§  Praktek memeriksa kebengkokan poros penggerak roda secara berkala sesuai petunjuk teknis pabrikPraktek memeriksa keausan alur-alur bagian dala, bantalan, seal minyak pelumas poros penggerak roda sesuai SOP.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi.
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdo’a bersama

VI.       Alat dan Sumber Belajar
§Modul servis poros penggerak
§Buku manual
§Unit Poros penggerak roda
§Unit kendaraan
§  Special tools

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Prinsip kerja penggerak roda dijelaskan sesuai buku informasi
§  Jenis,Konstruksi dan komponen penggerak roda dijelaskan sesuai buku informasi
§  Prosedur pemeliharaan poros roda dijelaskan sesuai service manual
§  Pemeliharaan/servis poros penggerak roda dilaksanakan tanpa menyebabkan keru-sakan terhadap komponen atau sistem lainnya. 
Tes Tertulis
observasi
§  Jelaskan prinsip kerja penggerak roda
§  Jelaskan Jenis,Konstruksi dan komponen penggerak roda
§  Jelaskan prosedur pemeliharaan poros roda dijelaskan sesuai service manual
§  Jelaskan Pemeliharaan/servis poros penggerak roda dilaksanakan tanpa menyebabkan keru-sakan terhadap komponen atau sistem lainnya. 


Mengetahui,
Kepala SMK KR. Tagari



(Drs. A. Gallaran, MM)


Tagari, 13 Juli  2013
Guru Mata Pelajaran



(Rahim Untung, S.Pd.)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  SMK Kr. Tagari
Kelas/Semester                   : XI / 4
Alokasi Waktu                    : 15 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  1.      Teknik Kendaraan Ringan (020)
Standar Kompetensi          : 10.   Memperbaiki poros penggerak roda.
Kompetensi Dasar              :  10.2. Memperbaiki poros penggerak roda/drive shaft dan komponen-komponennya.

Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§  Jenis gangguan dan penyebabnya dijelaskan sesuai buku informasi
§  Teknik pelepasan peggerak roda dijelaskan sesuai service manual
§  Pemeriksaan poros dan komponen dilakukan sesuai service manual
§  Penggantian komponen poros penggerak roda dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan
§  Memperbaiki poros penggerak roda dilaksanakan tanpa menyebabkan keru-sakan terhadap komponen atau sistem lainnya. 
§  Data yang tepat dilengkapi sesuai hasil pemeliharaan/ servis.
§  Seluruh kegiatan pemeliha-raan/ servis poros penggerak roda/drive shaft dan komponen-komponennya, dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan.

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat memperbaiki poros penggerak roda/drive shaft dan komponen-komponennya.

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami jenis gangguan dan penyebabnya
§  Siswa dapat memahami teknik pelepasan peggerak roda
§  Siswa dapat memahami pemeriksaan poros dan komponen dilakukan sesuai service manual
§  Siswa dapat memahami penggantian komponen poros penggerak roda dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan
§  Siswa dapat memahami memperbaiki poros penggerak roda dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
Afektif
§  Siswa dapat mengenal jenis gangguan dan penyebabnya
§  Siswa dapat mengenal teknik pelepasan peggerak roda
§  Siswa dapat mengenal pemeriksaan poros dan komponen dilakukan sesuai service manual
§  Siswa dapat mengenal penggantian komponen poros penggerak roda dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan
§  Siswa dapat mengenal memperbaiki poros penggerak roda dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan jenis gangguan dan penyebabnya
§  teknik pelepasan peggerak roda
§  Siswa dapat menjelaskan pemeriksaan poros dan komponen dilakukan sesuai service manual
§  Siswa dapat menjelaskan penggantian komponen poros penggerak roda dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan
§  Siswa dapat memperbaiki poros penggerak roda dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.

Nilai Karakter Bangsa :
  Disiplin , Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu. Cinta Tanah air, Menghargai prestasi , Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif :
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi tugas dan hasil (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Berani mengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin).
  Berorientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

III.       Materi Pokok
§  Poros penggerak roda/drive shaft

IV.       Metode Pembelajaran
§  diskusi, penugasan,kerja kelompok dan Praktek.

V.          Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Memberikan salam.
§  Memimpin do’a.
§  Menyampaikan materi.

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan jenis gangguan poros penggerak roda dan penyebabnya dengan menggali buku informasi. .  Mendeskripsikan teknik pelepasan poros dan bantalan sesuai service manual. . 
§  Memeriksa bantalan poros penggerak roda dengan pendengaran. Melakukan pemeriksaan kelurusan geometridan end play poros penggerak roda melalui pengukuran. . 
§  Melakukan penggantian bantalan roda sesuai SOP. . 
§  Melakukan penggantian poros roda penggerak berdasarkan hasil pengukuran. .  Memeriksa dan mengetes hasil perbaikan. . 
§  Melakukan pemeriksaan dan penggantian sil poros penggerak roda. 
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Mendiskusikan prinsip kerja poros penggerak roda melalui penggalian infomasi pada buku manual.
§  Kerja kelompok identifikasi fungsi bagian – bagian poros penggerak roda.
§  Praktek memeriksa kebengkokan poros penggerak roda secara berkala sesuai petunjuk teknis pabrikPraktek memeriksa keausan alur-alur bagian dala, bantalan, seal minyak pelumas poros penggerak roda sesuai SOP.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui

Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materiMenyimpulkan/rangkuman pembelajaran
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdo’a bersama
VI.       Alat dan Sumber Belajar
§Modul servis poros penggerak
§Buku manual
§Unit Poros penggerak roda
§Unit kendaraan
§  Special tools

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Jenis gangguan dan penyebabnya dijelaskan sesuai buku informasi
§  Teknik pelepasan peggerak roda dijelaskan sesuai service manual
§  Pemeriksaan poros dan komponen dilakukan sesuai service manual
§  Penggantian komponen poros penggerak roda dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan
§  Memperbaiki poros penggerak roda dilaksanakan tanpa menyebabkan keru-sakan terhadap komponen atau sistem lainnya. 
§  Data yang tepat dilengkapi sesuai hasil pemeliharaan/ servis.
§  Seluruh kegiatan pemeliha-raan/ servis poros penggerak roda/drive shaft dan komponen-komponennya, dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan.
Tes Tertulis
observasi
§  Jelaskan Jenis gangguan dan penyebabnya
§  Jelaskan teknik pelepasan peggerak roda dijelaskan sesuai service manual
§  Jelaskan pemeriksaan poros dan komponen dilakukan sesuai service manual
§  Jelaskan penggantian komponen poros penggerak roda dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan
§  Jelaskan memperbaiki poros penggerak roda dilaksanakan tanpa menyebabkan keru-sakan terhadap komponen atau sistem lainnya. 
§  Jelaskan data yang tepat dilengkapi sesuai hasil pemeliharaan/ servis.
§  Jelaskan seluruh kegiatan pemeliha-raan/ servis poros penggerak roda/drive shaft dan komponen-komponennya, dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan



Mengetahui,
Kepala SMK Kr. Tagari



(Drs. A. Gallaran, MM.)


Tagari, 13 Juli  2013
Guru Mata Pelajaran



(Rahim Untung, S.Pd.)