RPP SISTEM KEMUDI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  ………........................
Kelas/Semester                   : XII /V
Alokasi Waktu                    : 15 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  Teknik Kendaraan Ringan (
Standar Kompetensi          :  Memperbaiki sistem kemudi.
Kompetensi Dasar              :  Mengindetifikasi berbagai jenis sytem kemudi.

Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§  Fungsi system kemudi dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Jenis, konstruksi dan karakteristik sistem kemudi dijelaskan sesuai buku informasi
§  Kondisi sistem/ komponen kemudi ditentukan dengan membandingkan kondisi komponen yang sebenar-nya (standar) pada spesifikasi pabrik untuk batasan/ toleransi sesuai perundang-undangan kelaikan kendaraan.

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat mengindetifikasi berbagai jenis sytem kemudi

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami Fungsi system kemudi.
§  Siswa dapat memahami Jenis, konstruksi dan karakteristik sistem kemudi
§  Siswa dapat memahami Kondisi sistem/ komponen kemudi ditentukan dengan membandingkan kondisi komponen yang sebenar-nya (standar) pada spesifikasi pabrik untuk batasan/ toleransi sesuai perundang-undangan kelaikan kendaraan.
Afektif
§  Siswa dapat mengenal Fungsi system kemudi.
§  Siswa dapat mengenal Jenis, konstruksi dan karakteristik sistem kemudi
§  Siswa dapat mengenal Kondisi sistem/ komponen kemudi ditentukan dengan membandingkan kondisi komponen yang sebenar-nya (standar) pada spesifikasi pabrik untuk batasan/ toleransi sesuai perundang-undangan kelaikan kendaraan.
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan Fungsi system kemudi.
§  Siswa dapat menjelaskan Jenis, konstruksi dan karakteristik sistem kemudi
§  Siswa dapat menjelaskan Kondisi sistem/ komponen kemudi ditentukan dengan membandingkan kondisi komponen yang sebenar-nya (standar) pada spesifikasi pabrik untuk batasan/ toleransi sesuai perundang-undangan kelaikan kendaraan.


III.       Materi Pokok
§  Jenis dan konstruksi sistem kemudi kendaraan

IV.       Metode Pembelajaran
§  Diskusi, penugasan,kerja kelompok dan Praktek.

V.          Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Memberikan salam.
§  Memimpin doa.
§  Melakukan apersepsi
§  Menyampaikan materi

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan prinsip kerja sistem kemudi mekanik dan power steering melalui penggalian infomasi pada buku manual.
§  Mendeskripsikan berbagai jenis konstruksi sistem kemudi mekaniak dan komponen-komponennya melalui penggalian informasi  buku manual dan observasi benda kerja.
§  Mendeskripsikan konstruksi sistem kemudi power steering dan komponennya melalui penggalian informasi pada buku manual dan observasi benda kerja.
§  Mendeskripsikan jenis dan kegunaan minyak pelumas pada sistem kemudi dengan menggali informasi.
§  Mendeskripsikan teknik melepas komponen steering dengan mengikuti service manual. Melepas komponen steering mengikuti langkah pada service manual.

KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Mendiskusikan berbagai jenis sytem kemudi.
§  Siswa melaksanakan praktek Jenis dan konstruksi sistem kemudi kendaraan
§  Tugas-tugas.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi.
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama

VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Modul Sistem steering
§  Buku manual
§  Steering Mekanik :
-      rack & pinion
-      Circulating ball
-      Warm & Roll
§  Power steering

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Fungsi system kemudi dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Jenis, konstruksi dan karakteristik sistem kemudi dijelaskan sesuai buku informasi
§  Kondisi sistem/ komponen kemudi ditentukan dengan membandingkan kondisi komponen yang sebenar-nya (standar) pada spesifikasi pabrik untuk batasan/ toleransi sesuai perundang-undangan kelaikan kendaraan.
Tes Tertulis
observasi
§  Jelaskan fungsi system kemudi dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Sebutkan Jenis, konstruksi dan karakteristik sistem kemudi dijelaskan sesuai buku informasi
§  Jelaskan kondisi sistem/ komponen kemudi ditentukan dengan membandingkan kondisi komponen yang sebenar-nya (standar) pada spesifikasi pabrik untuk batasan/ toleransi sesuai perundang-undangan kelaikan kendaraan.


Mengetahui,
Kepala SMK ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  20 …….
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  ………........................
Kelas/Semester                   : XII /1
Alokasi Waktu                    : 15 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  1.      Teknik Kendaraan Ringan (020)
Standar Kompetensi          : 1.3.      Memperbaiki sistem kemudi.
Kompetensi Dasar              :  13.2  Memeriksa kondisi system/komponen kemudi.

Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§  Komponen-komponen sistem kemudi yang diperiksa dijelaskan sesuai jadwal perawatan berkala pada service manual
§  Pemeriksaan laras imbang roda dilakukan sesuai service manual
§  Pemeliharaan/servis system kemudi dan komponennya sistem pengope-rasian dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§  Semua prosedur pemeliha-raan/servis dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi terhadap pabrik.

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat memeriksa kondisi system/komponen kemudi

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami Komponen-komponen sistem kemudi yang diperiksa dijelaskan sesuai jadwal perawatan berkala pada service manual
§  Siswa dapat memahami Pemeriksaan laras imbang roda dilakukan sesuai service manual
§  Siswa dapat memahami Pemeliharaan/servis system kemudi dan komponennya sistem pengope-rasian dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§  Siswa dapat memahami Semua prosedur pemeliha-raan/servis dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi terhadap pabrik.
Afektif
§  Siswa dapat mengenal Komponen-komponen sistem kemudi yang diperiksa dijelaskan sesuai jadwal perawatan berkala pada service manual
§  Siswa dapat mengenal Pemeriksaan laras imbang roda dilakukan sesuai service manual
§  Siswa dapat mengenal Pemeliharaan/servis system kemudi dan komponennya sistem pengope-rasian dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§  Siswa dapat mengenal Semua prosedur pemeliha-raan/servis dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi terhadap pabrik.
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan Komponen-komponen sistem kemudi yang diperiksa dijelaskan sesuai jadwal perawatan berkala pada service manual
§  Siswa dapat menjelaskan Pemeriksaan laras imbang roda dilakukan sesuai service manual
§  Siswa dapat menjelaskan Pemeliharaan/servis system kemudi dan komponennya sistem pengope-rasian dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§  Siswa dapat menjelaskan Semua prosedur pemeliha-raan/servis dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi terhadap pabrik.


III.       Materi Pokok
§  System kemudi kendaraan

IV.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah, demonstrasi.

V.          Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Memberikan salam.
§  Memimpin doa.
§  Melakukan apersepsi.
§  Menyampaikan materi.

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan item-item pemeriksaan komponen  sistem kemudi mekanik dan power steering melalui penggalian infomasi pada buku manual.
§  Mendeskripsikan pengaruh kedudukan roda pada sistem kemudi melalui penggalian berbagai  informasi

KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Memeriksa minyak pelumas pada steering gear dan oil reservoir steering dan menambahkannya mengikuti service manual
§  Memeriksa ketegangan tali kipas steering pump power steering.
§   Melakukan pemeriksaan terhadap kolom kemudi dan poros utama sesuai SOP
§  Melakukan pemeriksaan terhadap bantalan utama sesuai SOPMelakukan pemeriksan keausan roda gigi sistem kemudi dengan cara membandingkan dengan spesifikasi.
§  Melakukan pemeriksaan terhadap sambungan fleksibel sesuai SOP.
§  Memeriksa dan menyetel Toe In, Toe Out dan Kinpin Inclination dengan mengikuti       service manual
§  Tugas-tugas.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi. Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama

VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Modul Sistem steering
§  Buku manual
§  Steering Mekanik :
-      rack & pinion
-      Circulating ball
-      Warm & Roll
§  Power steering

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Komponen-komponen sistem kemudi yang diperiksa dijelaskan sesuai jadwal perawatan berkala pada service manual
§  Pemeriksaan laras imbang roda dilakukan sesuai service manual
§  Pemeliharaan/servis system kemudi dan komponennya sistem pengope-rasian dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§  Semua prosedur pemeliha-raan/servis dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi terhadap pabrik.
Tes Tertulis
observasi
§  Jelaskan komponen-komponen sistem kemudi yang diperiksa dijelaskan sesuai jadwal perawatan berkala pada service manual
§  Jelaskan pemeriksaan laras imbang roda dilakukan sesuai service manual
§  Jelaskan pemeliharaan/servis system kemudi dan komponennya sistem pengope-rasian dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§  Jelaskan Semua prosedur pemeliha-raan/servis dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi terhadap pabrik.


Mengetahui,
Kepala SMK ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  20 …….
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  ………........................
Kelas/Semester                   : XII /V
Alokasi Waktu                    : 15 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  1.      Teknik Kendaraan Ringan (020)
Standar Kompetensi          : 1.3.      Memperbaiki sistem kemudi.
Kompetensi Dasar              :  1.3.3 Memperbaiki berbagai jenis system kemudi.

Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§  Jenis gangguan dan penyebab sistem kemudi mekanik dan power steering dijelaskan sesuai buku informasi
§  Teknik melepas komponen kemudi dijelaskan sesuai service manual
§  Penggantian komponen kemudi dijelaskan berdasakan hasil pemeriksaan
§  Penggantian komponen sistem kemudi dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§  Semua prosedur perbaikan dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi pabrik.

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat memperbaiki berbagai jenis system kemudi.

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami gangguan sistem kemudi kendaraan
§  Siswa dapat memahami perbaikan sistem kemudi.
Afektif
§  Siswa dapat mengenal gangguan sistem kemudi kendaraan
§  Siswa dapat mengenal perbaikan sistem kemudi.
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan gangguan sistem kemudi kendaraan
§  Siswa dapat menjelaskan perbaikan sistem kemudi.




III.       Materi Pokok
§  Gangguan sistem kemudi kendaraan
§  Perbaikan sistem kemudi

IV.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah, demonstrasi.

V.          Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Memberikan salam.
§  Memimpin doa.
§  Melakukan apersepsi.
§  Menyampaikan materi
Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan gangguan dan penyebab pada sistem kemudi mekanik dan power steering melalui penggalian infomasi pada buku manual.
§  Mendeskripsikan teknik pelepasan komponen sistem kemudi dengan mempelajari service manual.

KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Menentukan kondisi komponen steering melalui  pemeriksaan visual dan pengukuran.
§  Melakukan penggantian terhadap komponen (gear box, ball joint, Tie rod dan sambungan flexible) kemudi berdasarkan hasil pemeriksaan.
§  Menyetel tie rod sesuai spesifikasi pada service manual
§  Menguji kerja sistem kemudi pada kendaraan sesuai prosedur

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.


Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi.
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama

VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Modul Sistem steering
§  Buku manual
§  Steering Mekanik :
-      rack & pinion
-      Circulating ball
-      Warm & Roll
§  Power steering

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Jenis gangguan dan penyebab sistem kemudi mekanik dan power steering dijelaskan sesuai buku informasi
§  Teknik melepas komponen kemudi dijelaskan sesuai service manual
§  Penggantian komponen kemudi dijelaskan berdasakan hasil pemeriksaan
§  Penggantian komponen sistem kemudi dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§  Semua prosedur perbaikan dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi pabrik.
Tes Tertulis
observasi
§  Jelaskan Jenis gangguan dan penyebab sistem kemudi mekanik dan power steering
§  Jelaskan teknik melepas komponen kemudi dijelaskan sesuai service manual
§  Jelaskan penggantian komponen kemudi dijelaskan berdasakan hasil pemeriksaan
§  Jelaskan Penggantian komponen sistem kemudi dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§  Jelaskan semua prosedur perbaikan dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi pabrik.



Mengetahui,
Kepala SMK ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  20 …….
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :

SILABUS MEMELIHARA SISTEM REM


SILABUS MEMELIHARA TRANSMISI


CARA MERAWAT MOBIL BERMESIN DIESEL

Bagi Anda para pemilik mobil bermesin diesel, tentunya perlu melakukan perawatan berkala dan  lebih rutin dibandingkan dengan perawatan mobil berbahan bakar bensin agar mobil anda selalu prima untuk digunakan berkendara. Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan

1. Pemanasan Mesin Diesel
Proses pemanasan mesin diesel sangat penting sebelum melakukan aktivitas berkendara setiap harinya. Seperti mesin kendaraan lain pada umumnya, mesin diesel juga perlu untuk dipanaskan sebelum memulai perjalanan. Selain bertujuan untuk mencapai temperatur kerja mesin yang normal, proses ini bertujuan untuk melindungi komponen mesin yang bergesekan.
2. Cara Matikan Mesin Habis Perjalanan
Bagi anda yang memiliki mobil bermesin diesel yang menggunkan Turborcharger, disarankan untuk menunggu sekitar 3 menit sebelum mematikannya agar usia komponen tersebut lebih panjang. Untuk itu hindari langsung mematikan mesin mobil setelah digunakan..
3. Perhatikan Jumlah Bahan Bakar di Dalam Tangki
Perhatikan banyaknya solar di dalam tangki dan jangan sampai tangki solar dalam keadaan hampir kosong. Sangat disarankan untuk mengisi tangki kembali saat solar yang tersisa 1/3 dari total kapasitas tangki. Jika bahan bakar solar di dalam tangki sudah hampir kosong akan mengakibatkan mesin diesel mobil anda tersendat bahkan tidak mau di hidupkan.
4. Penggantian Filter Udara.
Ganti filter udara mobil anda setiap 15.000 km. Penggantian bisa dilakukan lebih cepat bila kondisi udara berdebu dan berpolusi tinggi. 
5. Penggantian Filter Bahan Bakar.
Untuk menjaga bahan bakar  kondisinya bagus Anda mesti rutin melakukan pergantian filter bahan bakar. Ganti sesuai dengan rekomendasi yang tertera di buku panduan pemilik kendaraan. 
6. Perawatan Water Sedimenter.
Filter solar modern biasanya juga sudah gabung dengan water sedimenter. Water sedimenter adalah alat untuk menangkap kandungan air pada bahan bakar diesel. Cek secara berkala kandungan air pada water sedimenter. Jika indikator bahan bakar pada speedometer menyala, itu menandakan tingkat air pada water sedimenter telah maksimal dan harus dibuang. Cara membuangnya adalah dengan memutar keran drain cock yang terletak di bawah unit water sedimenter. 
7. Penggantian Oli Mesin.
Mesin diesel memiliki rasio kompresi yang tinggi, membuat oli mesin diesel cepat sekali kotor. Untuk mesin diesel interval penggantian oli yang disarankan adalah tiap 5.000 km.
8. Perawatan Filter Oli.
Disarankan mengganti filter oil setiap setiap tiga kali ganti oli, (15.000 km), karena kondisi oli yang mudah sekali membawa berbagai kotoran bagi mesin yang berupa material seperti pasir atau debu bisa menyebabkan kerusakan mesin mobil anda.
9. Perawatan Busi Pijar.
 Bagi mobil diesel yang sulit dihidupkan, disarankan untuk mengganti busi pijar. Untuk mengetahui kondisi busi pijar adalah dengan memberikan arus dari aki, jika menyala merah, berarti kondisinya masih bagus.
            Demikian beberapa tips perawatan mobil bermesin diesel, semoga bermanfaat.