RPP SISTEM KEMUDI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  ………........................
Kelas/Semester                   : XII /V
Alokasi Waktu                    : 15 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  Teknik Kendaraan Ringan (
Standar Kompetensi          :  Memperbaiki sistem kemudi.
Kompetensi Dasar              :  Mengindetifikasi berbagai jenis sytem kemudi.

Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§  Fungsi system kemudi dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Jenis, konstruksi dan karakteristik sistem kemudi dijelaskan sesuai buku informasi
§  Kondisi sistem/ komponen kemudi ditentukan dengan membandingkan kondisi komponen yang sebenar-nya (standar) pada spesifikasi pabrik untuk batasan/ toleransi sesuai perundang-undangan kelaikan kendaraan.

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat mengindetifikasi berbagai jenis sytem kemudi

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami Fungsi system kemudi.
§  Siswa dapat memahami Jenis, konstruksi dan karakteristik sistem kemudi
§  Siswa dapat memahami Kondisi sistem/ komponen kemudi ditentukan dengan membandingkan kondisi komponen yang sebenar-nya (standar) pada spesifikasi pabrik untuk batasan/ toleransi sesuai perundang-undangan kelaikan kendaraan.
Afektif
§  Siswa dapat mengenal Fungsi system kemudi.
§  Siswa dapat mengenal Jenis, konstruksi dan karakteristik sistem kemudi
§  Siswa dapat mengenal Kondisi sistem/ komponen kemudi ditentukan dengan membandingkan kondisi komponen yang sebenar-nya (standar) pada spesifikasi pabrik untuk batasan/ toleransi sesuai perundang-undangan kelaikan kendaraan.
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan Fungsi system kemudi.
§  Siswa dapat menjelaskan Jenis, konstruksi dan karakteristik sistem kemudi
§  Siswa dapat menjelaskan Kondisi sistem/ komponen kemudi ditentukan dengan membandingkan kondisi komponen yang sebenar-nya (standar) pada spesifikasi pabrik untuk batasan/ toleransi sesuai perundang-undangan kelaikan kendaraan.


III.       Materi Pokok
§  Jenis dan konstruksi sistem kemudi kendaraan

IV.       Metode Pembelajaran
§  Diskusi, penugasan,kerja kelompok dan Praktek.

V.          Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Memberikan salam.
§  Memimpin doa.
§  Melakukan apersepsi
§  Menyampaikan materi

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan prinsip kerja sistem kemudi mekanik dan power steering melalui penggalian infomasi pada buku manual.
§  Mendeskripsikan berbagai jenis konstruksi sistem kemudi mekaniak dan komponen-komponennya melalui penggalian informasi  buku manual dan observasi benda kerja.
§  Mendeskripsikan konstruksi sistem kemudi power steering dan komponennya melalui penggalian informasi pada buku manual dan observasi benda kerja.
§  Mendeskripsikan jenis dan kegunaan minyak pelumas pada sistem kemudi dengan menggali informasi.
§  Mendeskripsikan teknik melepas komponen steering dengan mengikuti service manual. Melepas komponen steering mengikuti langkah pada service manual.

KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Mendiskusikan berbagai jenis sytem kemudi.
§  Siswa melaksanakan praktek Jenis dan konstruksi sistem kemudi kendaraan
§  Tugas-tugas.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi.
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama

VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Modul Sistem steering
§  Buku manual
§  Steering Mekanik :
-      rack & pinion
-      Circulating ball
-      Warm & Roll
§  Power steering

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Fungsi system kemudi dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Jenis, konstruksi dan karakteristik sistem kemudi dijelaskan sesuai buku informasi
§  Kondisi sistem/ komponen kemudi ditentukan dengan membandingkan kondisi komponen yang sebenar-nya (standar) pada spesifikasi pabrik untuk batasan/ toleransi sesuai perundang-undangan kelaikan kendaraan.
Tes Tertulis
observasi
§  Jelaskan fungsi system kemudi dijelaskan sesuai buku informasi.
§  Sebutkan Jenis, konstruksi dan karakteristik sistem kemudi dijelaskan sesuai buku informasi
§  Jelaskan kondisi sistem/ komponen kemudi ditentukan dengan membandingkan kondisi komponen yang sebenar-nya (standar) pada spesifikasi pabrik untuk batasan/ toleransi sesuai perundang-undangan kelaikan kendaraan.


Mengetahui,
Kepala SMK ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  20 …….
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  ………........................
Kelas/Semester                   : XII /1
Alokasi Waktu                    : 15 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  1.      Teknik Kendaraan Ringan (020)
Standar Kompetensi          : 1.3.      Memperbaiki sistem kemudi.
Kompetensi Dasar              :  13.2  Memeriksa kondisi system/komponen kemudi.

Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§  Komponen-komponen sistem kemudi yang diperiksa dijelaskan sesuai jadwal perawatan berkala pada service manual
§  Pemeriksaan laras imbang roda dilakukan sesuai service manual
§  Pemeliharaan/servis system kemudi dan komponennya sistem pengope-rasian dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§  Semua prosedur pemeliha-raan/servis dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi terhadap pabrik.

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat memeriksa kondisi system/komponen kemudi

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami Komponen-komponen sistem kemudi yang diperiksa dijelaskan sesuai jadwal perawatan berkala pada service manual
§  Siswa dapat memahami Pemeriksaan laras imbang roda dilakukan sesuai service manual
§  Siswa dapat memahami Pemeliharaan/servis system kemudi dan komponennya sistem pengope-rasian dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§  Siswa dapat memahami Semua prosedur pemeliha-raan/servis dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi terhadap pabrik.
Afektif
§  Siswa dapat mengenal Komponen-komponen sistem kemudi yang diperiksa dijelaskan sesuai jadwal perawatan berkala pada service manual
§  Siswa dapat mengenal Pemeriksaan laras imbang roda dilakukan sesuai service manual
§  Siswa dapat mengenal Pemeliharaan/servis system kemudi dan komponennya sistem pengope-rasian dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§  Siswa dapat mengenal Semua prosedur pemeliha-raan/servis dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi terhadap pabrik.
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan Komponen-komponen sistem kemudi yang diperiksa dijelaskan sesuai jadwal perawatan berkala pada service manual
§  Siswa dapat menjelaskan Pemeriksaan laras imbang roda dilakukan sesuai service manual
§  Siswa dapat menjelaskan Pemeliharaan/servis system kemudi dan komponennya sistem pengope-rasian dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§  Siswa dapat menjelaskan Semua prosedur pemeliha-raan/servis dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi terhadap pabrik.


III.       Materi Pokok
§  System kemudi kendaraan

IV.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah, demonstrasi.

V.          Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Memberikan salam.
§  Memimpin doa.
§  Melakukan apersepsi.
§  Menyampaikan materi.

Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan item-item pemeriksaan komponen  sistem kemudi mekanik dan power steering melalui penggalian infomasi pada buku manual.
§  Mendeskripsikan pengaruh kedudukan roda pada sistem kemudi melalui penggalian berbagai  informasi

KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Memeriksa minyak pelumas pada steering gear dan oil reservoir steering dan menambahkannya mengikuti service manual
§  Memeriksa ketegangan tali kipas steering pump power steering.
§   Melakukan pemeriksaan terhadap kolom kemudi dan poros utama sesuai SOP
§  Melakukan pemeriksaan terhadap bantalan utama sesuai SOPMelakukan pemeriksan keausan roda gigi sistem kemudi dengan cara membandingkan dengan spesifikasi.
§  Melakukan pemeriksaan terhadap sambungan fleksibel sesuai SOP.
§  Memeriksa dan menyetel Toe In, Toe Out dan Kinpin Inclination dengan mengikuti       service manual
§  Tugas-tugas.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi. Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama

VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Modul Sistem steering
§  Buku manual
§  Steering Mekanik :
-      rack & pinion
-      Circulating ball
-      Warm & Roll
§  Power steering

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Komponen-komponen sistem kemudi yang diperiksa dijelaskan sesuai jadwal perawatan berkala pada service manual
§  Pemeriksaan laras imbang roda dilakukan sesuai service manual
§  Pemeliharaan/servis system kemudi dan komponennya sistem pengope-rasian dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§  Semua prosedur pemeliha-raan/servis dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi terhadap pabrik.
Tes Tertulis
observasi
§  Jelaskan komponen-komponen sistem kemudi yang diperiksa dijelaskan sesuai jadwal perawatan berkala pada service manual
§  Jelaskan pemeriksaan laras imbang roda dilakukan sesuai service manual
§  Jelaskan pemeliharaan/servis system kemudi dan komponennya sistem pengope-rasian dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§  Jelaskan Semua prosedur pemeliha-raan/servis dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi terhadap pabrik.


Mengetahui,
Kepala SMK ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  20 …….
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :  ………........................
Kelas/Semester                   : XII /V
Alokasi Waktu                    : 15 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian      :  Teknologi Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian        :  1.      Teknik Kendaraan Ringan (020)
Standar Kompetensi          : 1.3.      Memperbaiki sistem kemudi.
Kompetensi Dasar              :  1.3.3 Memperbaiki berbagai jenis system kemudi.

Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§  Jenis gangguan dan penyebab sistem kemudi mekanik dan power steering dijelaskan sesuai buku informasi
§  Teknik melepas komponen kemudi dijelaskan sesuai service manual
§  Penggantian komponen kemudi dijelaskan berdasakan hasil pemeriksaan
§  Penggantian komponen sistem kemudi dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§  Semua prosedur perbaikan dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi pabrik.

I.             Tujuan Pembelajaran
§  Setelah proses belajar mengajar, Siswa dapat memperbaiki berbagai jenis system kemudi.

II.          Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§  Siswa dapat memahami gangguan sistem kemudi kendaraan
§  Siswa dapat memahami perbaikan sistem kemudi.
Afektif
§  Siswa dapat mengenal gangguan sistem kemudi kendaraan
§  Siswa dapat mengenal perbaikan sistem kemudi.
Psikomotor
§  Siswa dapat menjelaskan gangguan sistem kemudi kendaraan
§  Siswa dapat menjelaskan perbaikan sistem kemudi.




III.       Materi Pokok
§  Gangguan sistem kemudi kendaraan
§  Perbaikan sistem kemudi

IV.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah, demonstrasi.

V.          Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§  Memberikan salam.
§  Memimpin doa.
§  Melakukan apersepsi.
§  Menyampaikan materi
Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Mendeskripsikan gangguan dan penyebab pada sistem kemudi mekanik dan power steering melalui penggalian infomasi pada buku manual.
§  Mendeskripsikan teknik pelepasan komponen sistem kemudi dengan mempelajari service manual.

KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§  Menentukan kondisi komponen steering melalui  pemeriksaan visual dan pengukuran.
§  Melakukan penggantian terhadap komponen (gear box, ball joint, Tie rod dan sambungan flexible) kemudi berdasarkan hasil pemeriksaan.
§  Menyetel tie rod sesuai spesifikasi pada service manual
§  Menguji kerja sistem kemudi pada kendaraan sesuai prosedur

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.


Kegiatan Akhir KBM
§  Mendiskusikan materi.
§  Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§  Menyampaikan topik materi yang akan datang
§  Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama

VI.       Alat dan Sumber Belajar
§  Modul Sistem steering
§  Buku manual
§  Steering Mekanik :
-      rack & pinion
-      Circulating ball
-      Warm & Roll
§  Power steering

VII.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
§  Jenis gangguan dan penyebab sistem kemudi mekanik dan power steering dijelaskan sesuai buku informasi
§  Teknik melepas komponen kemudi dijelaskan sesuai service manual
§  Penggantian komponen kemudi dijelaskan berdasakan hasil pemeriksaan
§  Penggantian komponen sistem kemudi dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§  Semua prosedur perbaikan dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi pabrik.
Tes Tertulis
observasi
§  Jelaskan Jenis gangguan dan penyebab sistem kemudi mekanik dan power steering
§  Jelaskan teknik melepas komponen kemudi dijelaskan sesuai service manual
§  Jelaskan penggantian komponen kemudi dijelaskan berdasakan hasil pemeriksaan
§  Jelaskan Penggantian komponen sistem kemudi dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
§  Jelaskan semua prosedur perbaikan dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi pabrik.



Mengetahui,
Kepala SMK ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

….…..,…………………  20 …….
Guru Mata Pelajaran



(_______________________)
NIP/NIK :

No comments:

Post a Comment

Terimah kasih sudah berkunjung, Silahkan tinggalkan komentar.