RPP OTOMOTIF, TIPS OTOMOTIF,SISTEM EFI, JOBSHEET OTOMOTIF, PERANGKAT PEMBELAJARAN OTOMOTIF.
SOAL TRANSMISI
Beri
tanda silang pada jawaban yang kamu anggap paling benar.
1. Berfungsi untuk mengatur tingkat kecepatan dalam proses pemindahan
tenaga dari sumber tenaga ke roda kendaraan adalah…
a. Kopling
d. Differensial
b. Transmisi
e. Universal Joint
c. Propeller shaft
2. Roda gigi yang bentuk giginya
miring terhadap poros dan digunakan untuk roda
gigi tetap disebut…
a. Roda gigi jenis spur
b. Roda gigi jenis helical
c. Roda gigi jenis double helical
d. Roda gigi jenis epicyclic
e. Roda gigi hypoid
3. Roda gigi bentuk
giginya dobel miring terhadap porosnya disebut…
a. Roda gigi jenis spur
b. Roda gigi jenis helical
c. Roda gigi jenis double helical
d. Roda gigi jenis epicyclic
4. Jenis transmisi manual yang banyak dipergunakan pada kendaraan modern adalah…
a. Sliding mesh type
b. Constant mesh type
c. Synchromesh type
d. Overdrive
e. Automatic transmission
5. Dibawah ini yang tidak termasuk
komponen-komponen utama transmisi otomatis adalah…
a. Poros primer (input shaft)
b. Poros perantara (counter shaft)
c. Poros utama (output shaft)
d. Transaxle
e. Roda-roda gigi termasuk synchromesh
6. Befungsi untuk
menyesuaikan putaran sehingga putaran menjadi sama
/serempak adalah…
a. Synchromesh
d. Interlock system
b. Caunter
gear
e. Main gear
c. Reverse ldle gear
7. Komponen synchromesh dimana diameter luarnya dibuat alur untuk
tempat kedudukan shift fork adalah…
a. Clutch
hub
d. Shifiing key
b. Clutch heal
sleeve
e. Key spring
c. Synchornizer ring
8. Pada setiap roda gigi
berkaitan dengan roda gigi yang digerakkan dan berputar
bebas terhadap porosnya disebut…
a. Tahap
pertama
d. Netral
b. Tahap
kedua
e. Mundur
c. Tahap ketiga
9. Komponen transmisi yang berhubungan dengan kopling adalah…
a. Input shaft transmission
b. Output shaft transmission
c. Counter shaft
d. Counter gear
e. Shift fork
10. Berfungsi melingkupi poros output transmisi dan menahan seal oli
belakang juga menyokang poros output
disebut…
a. Extension housing
b. Output shaft transmission
c. Counter shaft
d. Counter gear
e. Shift fork
11. Bagian synchromesh yag dipasangkan di tiga tempat di bagian luar
diameter clutch hub adalah…
a. Output
shaft
d. Synchormesh shifing key
b. Clutch hub
slave
e. Synchormizer ring
c. Shift fork
12. Untuk mengoperasikan transmisi yaitu merubah dari kecepatan yang
satu ke kecepatan yang lain,
maka pada transmisi dipasang….
a. Mekanisme
selector
d. Shift fork lock
b. Shift
lever
e. shift fork head
c. Shift fork
13. Sistem / komponen pada
kendaraan perpindahan giginya terjadi secara otomatis
berdasarkan beban mesin adalah
fungsi dari…
a. Automatic transmission
b. Sliding mesh transmission
c. Synchormesh transmission
d. Coustant mesh transmission
e. Overdrive
14. Transmsi otomatis yang
waktu perpindahan gigi dan eaktu lock upnya diatur secara
elektronik disebut…
a. Full hydraulic
b. Electronic control transmission
c. Torque converter
d. Overdrive
e. Synchromesh transmission
15. Pada automatic
transmission tipe ECT menggunakan data (shift and lock pattern)
yang tersimpan dalam…
a. ECU
d. Pulsation damper
b. Actuator
e. Air flow
c. Delivery valve
16. Yang bukan merupakan
keuntungan dari transmissi otomatis tipe ECT adalah….
a. Pengemudi dapat memilih mode pengendaraan
b. Mengurangi getaran perpindahan gigi
c. Pemakaian bahan bakar lebih irit
d. Mempunyai fungsi diagnosa dan memori
e. Mampu mengeluarkan minyak pelumas dengan baik
17. Dibawah Ini yang tidak
termasuk keuntungan-keuntungan dari transmisi otomatis
adalah…
a. Mengurangi kelelahan pengemudi karena tidak
ada pengoperasian pedal kopling
dan pemindahan gigi
b. Perpindahan gigi terjadi secara otomatis
c. Putaran mesin lebih halus dan lembut
d. Tenaga yang dihasilkan lebih besar dan irit
bahan bakar
e. Mengurangi beban mesin karena mesin dan
pemindah daya dihubungkan melalui
fluida secara hidrolis
18. Transmisi
otomatis tipe automatis transaxle digunakan pada kendaraan tipe….
a. Front engine-front wheel drive (FF)
b. Front engine-rear wheel drive (FR)
c. Front engine-rear wheel drive (RR)
d. Four wheel drive (4WD)
e. Bus dan truk
19. Di bawah ini yang tidak
termasuk komponen-komponen transmisi otomatis adalah
a. Torque
converter
d. Automatic transmission fluid
b. Planetary
gear
e. Counter gear
c. Hydraulic control unit
20. Bagian torgue
converter yang berfungsi untuk menyearahkan aliran fluida dari turbine
runner adalah…
a. Turbine
runner
d. One-way clutch
b. Stator
e. Drive plate
c. Pump
inpeller
21. Agar putaran mesin
dapat dipindahkan 100% ke transmisi maka dipasang komponen…
a. Lock up
clutch
d. Planetary gear
b. One-way
clutch
e. converter case
c. Drive plate
22. Dibawah ini yang tidak termasuk fungsi planetary gear adalah…
a. Merubah perbandingan gigi
b. Untuk merubah momen dan kecepatan
c. Memungkinkan gerakan mundur
d. Memungkinkan gigi mundur
e. Menambah dan mengurangi kecepatan
23. Dibawah ini adalah komponen-komponen planetary gear,
kecuali .......
a. Ring
gear
d. Pinion shaft
b. Sun
gear e. Drive shaft
c. Pinion gear
RPP SISTEM STATER DAN PENGISIAN
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ………........................
Kelas/Semester : XII /V
Alokasi Waktu : 18 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian : Teknologi
Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian : Teknik
Otomotif
Kompetensi Keahlian : Teknik Kendaraan Ringan
Standar Kompetensi : 1. Memperbaiki
Sistem Starter dan Pengisian.
Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasi
system starter.
Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§ Fungsi dan prinsip kerja sistem
starter dijelaskan sesuai buku informasi.
§ Jenis dan komponen sistem starter dijelaskan sesuai buku
informasi.
§ Prosedur pelepasan motor starter dijelaskan sesuai buku informasi.
§ Indentikasi komponen-komponen
Sistem starter diuji dan hasilnya dicatat menurut prosedur dan kebiJakan
perusahaan.
I.
Tujuan Pembelajaran
§ Setelah
proses belajar mengajar, Siswa dapat mengidentifikasi system starter
II.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§ Siswa dapat memahami fungsi
dan prinsip kerja sistem starter
§
Siswa dapat memahami jenis dan komponen sistem starter
§
Siswa dapat memahami prosedur pelepasan motor starter
Afektif
§ Siswa dapat mengenal fungsi
dan prinsip kerja sistem starter
§
Siswa dapat mengenal jenis dan komponen sistem starter
§ Siswa dapat mengenal prosedur
pelepasan motor starter
Psikomotor
§ Siswa dapat menjelaskan fungsi
dan prinsip kerja sistem starter
§
Siswa dapat menjelaskan jenis dan komponen sistem starter
§ Siswa dapat menjelaskan prosedur
pelepasan motor starter
III. Materi Pokok
§ Wiring sistem starter
§ Jenis dan konstruksi Motor staster
IV. Metode Pembelajaran
§ Teori, diskusi, penugasan,kerja kelompok dan Praktek
V.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§ Memberikan salam.
§ Memimpin doa.
§ Melakukan apersepsi.
§ Menyampaikan materi
Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Mendeskripsikan fungsi dan prinsip kerja sistem starter melalui penggalian berbagai infomasi
§ Membaca simbol dan wiring sistem starter pada wiring diagram
kelistrikan kendaraan. Mengidentifikasi teknik pelepasan motor starter dengan
mempelajari service manual.
§ Mengidentifikasi jenis dan
komponen sistem starter melalui penggalian infomasi pada buku manual dan
observasi benda kerja.
§ Mencatat hasil indentifikasi
komponen motor starter dan spesifikasi pada lembaran kerja.
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§ Mendiskusikan komponen utama system starter dan fungsinya.
§ Mendiskusikan cara kerja pelepasan motor starter
§ Praktek teknik pelepasan motor starter
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§
Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§ Mendiskusikan materi.
§ Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§ Menyampaikan topik materi yang akan dating
§ Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
VI. Alat dan Sumber Belajar
§ Modul
§ Stater
§ Alternator
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
§
Fungsi
dan prinsip kerja sistem starter dijelaskan sesuai buku informasi.
§
Jenis
dan komponen sistem starter dijelaskan
sesuai buku informasi.
§ Prosedur pelepasan motor starter dijelaskan sesuai buku informasi.
§
Indentikasi komponen-komponen Sistem starter diuji dan hasilnya dicatat
menurut prosedur dan kebiJakan perusahaan.
|
Tes Tertulis
|
Urain
|
§
Jelaskan
fungsi dan prinsip kerja sistem starter.
§
Jelaskan
Jenis dan komponen sistem starter.
§ Jelaskan Prosedur pelepasan motor starter.
§
Jelaskan
Indentikasi
komponen-komponen Sistem starter diuji dan hasilnya dicatat menurut prosedur
dan kebiJakan perusahaan.
|
Mengetahui,
Kepala SMK ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
….…..,………………… 20 …….
Guru Mata Pelajaran
(_______________________)
NIP/NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ………........................
Kelas/Semester : XII / V
Alokasi Waktu : 18 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian : Teknologi
Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian : Teknik
Otomotif
Kompetensi Keahlian : Teknik Kendaraan Ringan
Standar Kompetensi : 1 Memperbaiki Sistem Starter dan Pengisian.
Kompetensi Dasar : 1.2 Mengidentifikasi
system pengisian.
Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§ Fungsi dan prinsip kerja sistem
pengisian dijelaskan sesuai buku informasi.
§ Jenis dan komponen pengisian dijelaskan sesuai buku informasi.
§ Prosedur pelepasan Alternator
dijelaskan sesuai buku informasi.
§ Indentikasi komponen-komponen
Sistem starter diuji dan hasilnya dicatat menurut prosedur dan kebiJakan
perusahaan.
I.
Tujuan Pembelajaran
§ Setelah
proses belajar mengajar, Siswa dapat mengidentifikasi system pengisian
II.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§ Siswa dapat memahami fungsi
dan prinsip kerja sistem pengisian
§
Siswa dapat memahami jenis dan komponen sistem pengisian
§
Siswa dapat memahami prosedur pelepasan Alternator
Afektif
§ Siswa dapat mengenal fungsi
dan prinsip kerja sistem pengisian
§
Siswa dapat mengenal jenis dan komponen sistem pengisian
§ Siswa dapat mengenal prosedur
pelepasan Alternator
Psikomotor
§ Siswa dapat menjelaskan fungsi
dan prinsip kerja sistem pengisian
§
Siswa dapat menjelaskan jenis dan komponen sistem pengisian
§
Siswa dapat menjelaskan prosedur pelepasan Alternator
III. Materi Pokok
§ Wiring sistem pengisian
§ Jenis dan konstruksi Alternator
IV. Metode Pembelajaran
§ Teori, diskusi, penugasan,kerja kelompok dan Praktek
V.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§ Memberikan salam.
§ Memimpin doa.
§ Melakukan apersepsi.
§ Menyampaikan materi.
Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Mendeskripsikan fungsi dan prinsip kerja sistem pengisian melalui penggalian berbagai infomasi.
§ Membaca simbol dan wiring sistem pengisian pada wiring diagram
kelistrikan kendaraan.
§ Mengidentifikasi teknik pelepasan Alternator dengan mempelajari
service manual.
§ Mengidentifikasi jenis dan
komponen sistem pengisian melalui
penggalian infomasi pada buku manual dan observasi benda kerja.
§ Mencatat hasil indentifikasi komponen Alternator dan spesifikasi
pada lembaran kerja.
KBM Inti
Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§ Praktek merangkai sistem pengisian.
§
Praktek pemeriksaan perbaikan
dan pengantian komponen system starter
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
§
Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§ Mendiskusikan materi
§ Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§ Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§ Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
VI. Alat dan Sumber Belajar
§ Modul
§ Stater
§ Alternator
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
§ Fungsi dan prinsip kerja sistem pengisian dijelaskan sesuai buku informasi.
§ Jenis dan komponen pengisian dijelaskan sesuai buku informasi.
§ Prosedur pelepasan Alternator dijelaskan sesuai
buku informasi.
§
Indentikasi komponen-komponen Sistem starter diuji dan hasilnya dicatat
menurut prosedur dan kebiJakan perusahaan
|
Tes Tertulis
|
Urain
|
§ Jelaskan fungsi dan prinsip kerja sistem pengisian.
§ Jelaskan Jenis dan komponen pengisian.
§ Jelaskan Prosedur pelepasan Alternator.
§
Sebutkan
beberapa penyebab sistem pengisian tidak bekerja.
|
Mengetahui,
Kepala SMK ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
….…..,………………… 20 …….
Guru Mata Pelajaran
(_______________________)
NIP/NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ………........................
Kelas/Semester : XII / V
Alokasi Waktu : 18 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian : Teknologi
Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian : Teknik
Otomotif
Kompetensi Keahlian : Teknik Kendaraan Ringan
Standar Kompetensi : 1
Memperbaiki Sistem
Starter dan Pengisian.
Kompetensi Dasar : 1.3. Memperbaiki
sistem starter dan komponen-komponennya.
Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§ Jenis gangguan sistem starter dan penyebabnya
dijelaskan berdasarkan buku informasi
§ Penentuan penggantian
komponen ditentukan berdasarkan
pemeriksaan sesuai service manual
§ Penggantian komponen system
starter dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem
lainnya
§ Tes/pengujian dilakukan untuk
menentukan sistem telah bekerja sesuai pada service manual
I.
Tujuan Pembelajaran
§ Setelah
proses belajar mengajar, Siswa dapat memperbaiki sistem starter dan
komponen-komponennya
II.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§ Siswa dapat memahami jenis
gangguan sistem starter dan penyebabnya
§
Siswa dapat memahami perbaikan
motor starter dan komponen-komponennya
Afektif
§ Siswa dapat mengenal jenis
gangguan sistem starter dan penyebabnya
§ Siswa dapat mengenal perbaikan motor starter dan komponen-komponennya
Psikomotor
§ Siswa dapat menjelaskan jenis
gangguan sistem starter dan penyebabnya
§
Siswa dapat menjelaskan perbaikan
motor starter dan komponen-komponennya
III. Materi Pokok
§ Gangguan motor starter
§ Perbaikan motor starter
IV. Metode Pembelajaran
§ Teori, diskusi, penugasan,kerja kelompok dan Praktek
V.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§ Memberikan salam.
§ Memimpin doa.
§ Melakukan apersepsi.
§ Menyampaikan materi
Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Mendeskripsikan gangguan-gangguan sistem starter dan penyebabnya melalui penggalian berbagai
informasi.
§ Menentukan gangguan pada komponen sistem starter melalui pemeriksaan
visual dan pengukuran spesifikasi.
§ Mendeskripsikan peralatan dan
prosedur pengujian sistem starter
melalui buku manual
§ Memeriksa kehilangan tegangan rangkaian sistem starter melalui
pengukuran. .
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§ Memeriksa besar arus yang mengalir saat starter melalui pengukuran.
§ Memeriksa kerja selenoid melalui pengujian
§ Membongkar, memeriksa dan memperbaiki motor starter.
§ Menguji kerja starter tanpa dan dengan beban sesuai SOP
§ Mendiskusikan Jenis gangguan
sistem starter dan penyebabnya.
§
Praktek pemeriksaan perbaikan sistem
starter dan komponen
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§
Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§ Mendiskusikan materi
§ Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§ Menyampaikan topik materi yang akan datang
§ Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
VI. Alat dan Sumber Belajar
§ Modul
§ Stater
§ Alternator
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
§
Jenis
gangguan sistem starter danpenyebabnyadijelaskan berdasarkan buku informasi
§
Penentuan
penggantian komponen ditentukan
berdasarkan pemeriksaan sesuai service manual
§ Penggantian komponen system starter
dilaksanakan tanpa
menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya
§
Tes/pengujian dilakukan untuk menentukan sistem telah bekerja sesuai
pada service manual
|
Tes Tertulis
|
Urain
|
§
Jelaskan
Jenis gangguan sistem starter dan
§
Jelaskan
Penentuan penggantian komponen
ditentukan berdasarkan pemeriksaan sesuai service manual
§ Jelaskan Penggantian komponen system
starter dilaksanakan
tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya
§
Jelaskan
tes/pengujian
dilakukan untuk menentukan sistem telah bekerja sesuai pada service manual
|
Mengetahui,
Kepala SMK ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
….…..,………………… 20 …….
Guru Mata Pelajaran
(_______________________)
NIP/NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ………........................
Kelas/Semester : XII / V
Alokasi Waktu : 18 X 45 Menit
Bidang Studi Keahlian : Teknologi
Dan Rekayasa
Program Studi Keahlian : Teknik
Otomotif
Kompetensi Keahlian : 1. Teknik Kendaraan Ringan
Standar Kompetensi : 1. Memperbaiki
Sistem Starter dan Pengisian.
Kompetensi Dasar : 1.4Memperbaiki system pengisian dan komponen
komponennya.
Indikator Pencapaian Kompetensi* :
§ Jenis gangguan sistem starter dan penyebabnya
dijelaskan berdasarkan buku informasi
§ Penentuan penggantian
komponen ditentukan berdasarkan
pemeriksaan sesuai service manual
§ Perbaikan system pengisisan
dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya
§ Tes/pengujian dilakukan untuk
menentukan kesalahan/kerusakan dengan menggunakan peralatan dan teknik yang
sesuai.
§ Seluruh kegiatan pengujian dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard
Operation Procedures), undang-undang K 3 (Kese-lamatan dan Kesehatan Kerja),
peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusahaa
I.
Tujuan Pembelajaran
§ Setelah
proses belajar mengajar, Siswa dapat memperbaiki sistem pengisian dan
komponen-komponennya
II.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
§ Siswa dapat memahami jenis
gangguan sistem pengisian
§ Siswa dapat memahami perbaikan motor pengisian dan komponen-komponennya
Afektif
§ Siswa dapat mengenal jenis
gangguan sistem pengisian
§ Siswa dapat mengenal perbaikan motor pengisian dan
komponen-komponennya
Psikomotor
§ Siswa dapat menjelaskan jenis
gangguan sistem pengisian
§
Siswa dapat menjelaskan perbaikan
pengisian dan komponen-komponennya
III. Materi Pokok
§ Gangguan sistem pengisian
§ Perbaikan sistem pengisian
IV. Metode Pembelajaran
§ Teori, diskusi, penugasan,kerja kelompok dan Praktek
V.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Pra KBM
§ Memberikan salam.
§ Memimpin doa.
§ Melakukan apersepsi.
§ Menyampaikan materi.
Kegiatan Inti
KBM Inti Kognitif
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Mendeskripsikan gangguan-gangguan sistem pengisian dan penyebabnya melalui penggalian berbagai
informasi.
§ Menentukan gangguan pada komponen sistem pengisian melalui
pemeriksaan visual dan pengukuran spesifikasi.
§ Mendeskripsikan peralatan dan
prosedur pengujian sistem starter
melalui buku manual.
KBM Inti Psikomotor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
§ Memeriksa tegangan rangkaian
sistem pengisian melalui pengukuran.
§ Memeriksa kerja regulator melalui pengujian.
§ Mengukur kehilangan tegangan rangkaian sistem pengisian sesuai SOP.
§ Memperbaiki Alternator berdasarkan hasil pemeriksaan.
§ Menguji kerja system pengisian tanpa beban sesuai SOP.
§ Menguji output alternator pada alternator test bench mengikuti service manual/SOP. Menganalisis
dan menentukan gangguan pada sistem pengisian.
§ Mempelajari prosedur perbaikan
sistem pengisian melalui buku
manual.
§
Melepas motor alternator dari mesin sesuai prosedur.
§
Membongkar komponen motor
altenator sesuai SOP
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§ Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§ Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Kegiatan Akhir KBM
§ Mendiskusikan materi.
§ Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran.
§ Menyampaikan topik materi yang akan datang.
§ Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
VI. Alat dan Sumber Belajar
§ Modul
§ Stater
§ Alternator
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
§ Jenis gangguan sistem starter
dan penyebabnya dijelaskan berdasarkan buku informasi
§ Penentuan penggantian komponen ditentukan berdasarkan pemeriksaan sesuai
service manual
§ Perbaikan system pengisisan dilaksanakan
tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya
§ Tes/pengujian dilakukan untuk menentukan kesalahan/kerusakan dengan
menggunakan peralatan dan teknik yang sesuai.
§
Seluruh kegiatan pengujian
dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures),
undang-undang K 3 (Kese-lamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan
perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusahaa
|
Tes Tertulis
|
Urain
|
§ Jelaskan Jenis gangguan sistem starter dan penyebabnya
§ Jelaskan Penentuan penggantian
komponen ditentukan berdasarkan
pemeriksaan sesuai service manual
§ Jelaskan Perbaikan system pengisisan
dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem
lainnya
§ Jelaskan Tes/pengujian dilakukan untuk
menentukan
kesalahan/kerusakan dengan menggunakan peralatan dan teknik yang sesuai.
§
Jelaskan
Seluruh kegiatan
pengujian dilaksanakan berdasarkan SOP
(Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Kese-lamatan dan
Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusahaan
|
Mengetahui,
Kepala SMK ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
….…..,………………… 20 …….
Guru Mata Pelajaran
(_______________________)
NIP/NIK :
|
Subscribe to:
Posts (Atom)