CARA MERAWAT BATERAI / AKI AGAR AWET

Image result for gambar merawat aki mobil
Baterai atau aki pada mobil berfungsi untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia, yang akan digunakan untuk menyuplai (menyediakan) listik ke sistem starter, sistem pengapian, lampu-lampu dan komponen komponen kelistrikan lainnya. Karena begiti pentingnya aki pada kendaraan maka sebagai pemilik kendaraan harus merawat aki dengan baik agar aki tidak cepat soak sebelum waktunya. Nah berikut  ada beberapa tips agar aki anda awet :.

1.      Jaga ketinggian air aki agar tidak berkurang melewati batas minimum. Waktu yang pas untuk mengecek minimal  2 bulan sekali. Hal ini untuk mencegah kerusakan elemen-elemen yang ada di dalam aki
2.      Jagalah kebersihan terminal aki. Pastikan tidak ada serbuk putih hasil oksidasi kimia. Kalau ada oksidasi, segera siram dengan air panas, dan gosok dengan sikat untuk menghilangkan serbuk putih tersebut.
3.      Pastikan semua peralatan elektronik telah dimatikan sebelum Anda mematikan mesin mobil.
4.      Hindari pemakaian audio, TV, aksesoris kelistrikan lainnya yang berlebihan sehingga konsumsi listrik menjadi besar. sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada pihak pemasang audio karena aki standar hanya digunakan untuk kelistrikan standar.
5.      Sebaiknya aki dibungkus dengan alumunium foil yang bisa tahan panas, karena kondisi panas yang disebabkan mesin mobil ternyata dapat menurunkan umur dan kemampuan aki.
6.      Panaskan mobil secara teratur meskipun Anda tidak menggunakannya  untuk menjaga agar aki tetap terisi.
7.       Hindari korosi / korosi. Korosi atau karat pada terminal aki dapat memperpendek umur aki.
8.      Pastikan tidak ada kabel yang longgar serta periksa pula dudukan aki. Dudukan aki yang berkarat dianjurkan untuk diganti. Dudukan yang rusak atau berkarat berpotensi membuat posisi aki tidak stabil sehingga akan bergetar atau bergeser posisi yang pada gilirannya memperpendek umur aki.  
Itulah beberapa tips merawat baterai / aki kendaraan agar awet, semoga bermanfaat.