SISTIM KONTROL ELEKTRONIK SISTEM PENGAPIAN PADA MOBIL EFI

Tujuan pengontrolan mesin pada sistem pengapiannya adalah untuk dapat memberikan sistem pengapian yang optimal hingga dapat tercapai torsi yang optimum, emisi gas buang yang rendah, irit bahan bakar dan pengendaraan/pengendalian yang baik serta meminimalkan engine knock. Data  dasar untuk timing pengapian (Base Engine Timing Value) yang mengacu pada beban dan putaran mesin tersimpan dalam ROM pada Electronic Control Unit (ECU). Data-data yang diterima ECU diolah untuk mencapai tujuan yang diharapkan seperti diatas. Koreksi terhadap waktu pengapian juga dibutuhkan guna mengakomodir efek temperatur, EGR, start pada saat panas, tekanan udara dan engine knock. Pada kendaraan yang menggunakan transmisi otomatis, timing ignition digunakan untuk memvariasikan torsi mesin agar memudahkan dalam pemindahan kecepatan ataupun pengontrolan putaran idle, Lamanya kumparan primer coil igniton mendapatkan pengaliran arus mempengaruhi kwalitas tegangan yang dihasilkan sehingga membutuhkan pengontrolan waktu dan besarnya arus yang mengalir. Data waktu pengaliran arus listrik kepada koil tersimpan dalam ECU dan penyalurannya berdasarkan sinyal putaran mesin (RPM) dan tegangan baterai.                   

Pada sistem ini  control Unit tidak langsung terkait dengan actuator pengapian yaitu ignition coil. Model ini masih menggunakan system penguat (amplifikasi) dan umumnya dikenal sebagai modul pengapian atau terkadang disebut sebagai power transistor, bergantung dari jenis yang ada.  Pada jenis terbaru dari Engine Management Sistem adalah dengan mengintefrasikan fungsi amplifikasi kedalam control unit sehingga banyak jenis system pengapian sekarang yang dapat kita tenui tanpa menggunakan modul pengapian atau power transistor. Secara sederhana, fungsi modul pengapian ini adalah sebagai pengganti breaker point pada jenis pengapian konvensional.
Bekerjanya system pengapian adalah dengan cara memberi arus pemicu kepada modul pengapian sehingga modul akan memberi kesempatan bagi rangkaian primer ignition coil untuk membentuk rangkaian tertutup dan menghasilkan induksi. Dengan demikian prinsip kerja system pengapian ini hampir sama dengan system konvensional, dengan perbedaan waktu pembentukan medan magnet pada coil dikontrol oleh ECU.

Untuk memaksimalkan pengapian pada masing-masing silinder, beberapa jenis kendaraan telah mengaplikasikan system pengapian langsung dimana setiap silinder memiliki ignition coil secara individu. Dengan model ini, output pengapian yang dihasilkan menjadi labih baik sehingga memberi sumbangan bagi efektifitas pembakaran didalam silinder. 


Ketidaktepatan saat pengapian dapat berdampak pada timbulnya engine knock. Engine knock timbul apabila saat pengapian terlalu maju atau pengaruh pembakaran yang tidak terkontrol hingga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen komponen utama mesin khususnya yang berkaitan dengan pembakaran. Disamping itu knocking juga dapat timbul karena kwalitas bahan bakar yang tidak tepat ataupaun karena perubahan tekanan kompresi. Untuk mengantisipasi hal ini maka pada unit engine dipasangkan sebuah atau lebih sensor knock yang berfungsi untuk mendeteksi adanya knocking. Saat timbul knocking, sensor akan menghasilkan sinyal listrik yang dikirim ke ECU. Dengan sinyal ini ECU dapat menentukan pada silinder mana knocking timbul, kemudian merubah timing pengapian (dimundurkan) hingga knocking tidak terdeteksi lagi. Berikutnya ECU akan memajukan saat pengapian kembali secara bertahap sampai pada batas terdeteksi kembali knocking. Dengan pengontrolan saat pengapian ini maka akan dapat meningkatkan torsi mesin dan menghemat bahan bakar.