Cara Agar Ban Kendaraan Awet

Image result for gambar ban aus

Ban memiliki peran penting bagi sebuah mobil antara lain meredam kejutan-kejutan yang ditimbulkan oleh keadaan permukaan jalan dan mencegah kejutan ini tidak berpindah ke bodi mobil, karenaitu ban memerlukan perawatan agar peformanya tetap gemilang. Berikut saya tuliskan beberapa tips agar ban awet tidak cepat rusak, yaitu :

 1. Cek kondisi ban secara konsisten.Tekanan angin harus sesuai dengan ukuran ban karena akan membuat bidang kontak ban lebih baik dan merata sehingga lebih tahan lama. Jika tekanan angin tidak merata maka pengikisan ban akan cepat terjadi dan menyebabkan ban aus atau pecah.
 2. Lakukan uji spoooring dan balancing setiap 5.000 KM untuk mengetahui keselarasan roda dan putaran roda berputar pada titik yang sama, mengingat kondisi jalan yang berbeda-beda.
 3. Mengemudi dengan wajar danTerapkan perilaku berkendara yang baik dan benar seperti tidak melakukan pengereman mendadak.
4. Perhatikan beban kendaraan jangan sampai over load. kendaraan yang sering membawa beban berat akan mempengaruhi umur ban.
 5. Usahakan hindari jalan. rusak. berkendaralah dengan bijak dan tidak ngebut sehingga ketika anda melewati jalan rusak yang rusak anda bisa menghindarinya.
6. Menikunglah dengan normal. Menikung dengan kecepatan agak tinggi akan menyebabkan gesekan ban dengan jalan akan semakin besar.