PENYEBAB MESIN MOBIL MUDAH MATI KARENA AC - TIPS OTOMOTIF




Mobil tidak hanya menawarkan kenyamanan dari gangguan panas dan hujan, tapi juga udara di dalamnya yang sudah menggunakan AC. Gangguan macet yang seringkali terjadi, membuat AC menjadi kebutuhan primer bagi pengguna mobil. Sistem AC yang bergantung langsung dengan putaran mesin dan kesalahan setingan bisa membuat mesin semakin terbebani saat melaju.
Beberapa indikasi terganggunya mesin mobil anda akibat penggunaan AC dalam mobil adalah mesin mobil mudah mati ketika akan berhenti atau dalam kecepatan rendah gas ditekan lebih dalam dari biasanya untuk meningkatkan putaran mesin.
Jika  hal tersebut terjadi, anda harus mengenali beberapa penyebab di balik gejala yang teramati.


1.Setingan idle  tidak tepat.  kondisi idealnya adalah ketika mobil berhenti dalam keadaan menyala dan AC masih dalam keadaan mati, mesin akan berputar 800 rpm. dan apabila AC menyala, rpm akan naik menjadi 900-1000 rpm.Ini artinya jika rpm di bawah ketentuan normal tersebut maka akan membuat mesin  mudah mati. Kasus ini memang jarang terjadi pada mobil yang berjenis injeksi yang sudah menggunakan sistem elektrik, namun tidak menutup kemungkinan bahwa setingan manual juga perlu dilakukan.

2. Terkait sirkulasi, sirkulasi yang kurang baik dapat menyebabkan kerja kompressor lebih berat. Hati-hati, dalam kasus ini, tentunya putaran mesin akan semakin berat. Hal ini disebabkan oleh debu. Jadi, sering-seringlah merawat kebersihan compressor. Sehingga debu tidak menumpuk dan menyebabkan kerja kompresor terganggu.

3. Ukuran compressor. Ukuran kompressor yang terlalu besar dan tidak sesuai standar akan mengakibatkan mesin drop. Bisa jadi, kompressor sudah rusak atau pernah terjadi penggantian kompressor namun diganti dengan yang tidak sesuai standarnya.

AC merupakan komponen mobil yang berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan dalam berkendara. Bahkan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi pengguna mobil terutama bagi anda pengguna mobil di kota bertemperatur panas. Namun  anda semua tidak mau  AC justru mengganggu kinerja mesin mobil Anda.Dengan mengenali gejala-gejala tersebut, Anda bisa melakukan perawatan sekaligus pencegahan. 

No comments:

Post a Comment

Terimah kasih sudah berkunjung, Silahkan tinggalkan komentar.